Implementasi Digital Literasi dengan Menggunakan Aplikasi Canva dalam Pembuatan Buku Cerita Digital Pada Guru PAUD

Implementation of Digital Literacy Using the Canva Application in Making Digital Story Books for PAUD Teachers

Authors

  • Fatimah Universitas Negeri Surabaya
  • Isabella Hasiana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v6i2.3221

Keywords:

Digital Literacy, Canva, Digital Storybook

Abstract

The purpose of this study was to determine the implementation of digital literacy in Early Childhood Education. Teachers through the use of Canva application in making digital storybooks. The participants in this study were teachers in kindergartens in Waru sub-district, Sidoarjo. Data analysis used experimental quantitative statistical methods to compare differences between experimental and control groups. The results of the study are expected to provide insight into the improvement of digital literacy skills of early childhood teachers, the effectiveness of digital storybooks in improving early childhood children's concept understanding, and the collaborative impact of using technology in early childhood learning. The evaluation results show that digital storybooks created using Canva have a much higher visual and interactive appeal than conventional storybooks. On digital skills improvement, the t-test results showed a significant increase (p<0.05) in digital literacy skills in the experimental group after the training using Canva. The percentage of preschool children who liked digital storybooks reached 85%. Preschool children who interacted with digital storybooks showed a significant increase in concept understanding.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi digital literasi pada Guru PAUD melalui penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan buku cerita digital. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru di TK di Kecamatan Waru, Sidoarjo. Analisis data menggunakan metode statistik kuantitatif eksperimen untuk membandingkan perbedaan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan tentang peningkatan keterampilan digital literasi guru PAUD, efektivitas buku cerita digital dalam meningkatkan pemahaman konsep anak-anak PAUD, dan dampak kolaboratif dalam penggunaan teknologi dalam pembelajaran anak usia dini. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa buku cerita digital yang dibuat dengan menggunakan Canva memiliki daya tarik visual dan interaktif yang jauh lebih tinggi daripada buku cerita konvensional. Pada peningkatan keterampilan digital hasil uji t menunjukkan peningkatan signifikan (p<0.05) dalam keterampilan digital literasi pada kelompok eksperimen setelah pelatihan menggunakan Canva. Persentase anak-anak PAUD yang menyukai buku cerita digital mencapai 85%. Anak-anak PAUD yang berinteraksi dengan buku cerita digital menunjukkan peningkatan pemahaman konsep yang signifikan.

References

Abimanik, B., Maulana, Y. C., & Amin, A. (2022). PELATIHAN MEDIA CANVA DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DAN KREATIVITAS ANAK DI DESA SUMBERJAYA. An-Nizam, 1(1). https://doi.org/10.33558/an-nizam.v1i1.3726

Arifin, A. W., & Pauweni, A. J. (2019). Peran Guru terhadap Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jambura Early Childhood Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.37411/jecej.v1i2.57

Basri, S., Fitrawahyudi, F., Khaerani, K., Nasrullah, I., Ernawati, E., Aryanti, A., Maya, S., Aisyah, S., & Sakti, I. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Di Lingkungan Pendidikan Berbasis Aplikasi Canva. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 1(2). https://doi.org/10.37985/pmsdu.v1i2.65

Eliastuti, M., Amelia, R., Marlina Batubara, F., Nuraini, N., Fardiah, N., Damayanti, A., Rizqiani, A., Purba, E. F. W., Paron, O. D., & Putri, R. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis dan Literasi Digital Peserta Didik SMP Negeri 66 Jakarta Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.62

Falloon, G. (2020). From digital literacy to digital competence: the teacher digital competency (TDC) framework. Educational Technology Research and Development, 68, 2449–2472. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s11423-020-09767-4

Fatimah. (2020). Digital Literacy and Its Relationship to Early Childhood Behavior in PAUD. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1). https://doi.org/10.21070/kanal.v9i1.663

Gilster, P., & Watson, T. (1997). An Excerpt from Digital Literacy". In Digital Literacy.

Hidayah, R. (2022). Implementasi Literasi Digital Berbasis Platform Canva Pada Kelas V Sd. Snhrp, April.

Jenkins, H. (2007). Confronting the Challenges of Participatory Culture – Media Education for the 21st Century (Part Two). Nordic Journal of Digital Literacy, 2(2). https://doi.org/10.18261/issn1891-943x-2007-02-04

Mainofriwita, & Hadiyanto. (2021). The Effect of Media Literacy and Cognitive Ability on Recognition Laptop-Based Media for Children. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(2). https://doi.org/10.21009/jpud.152.09

Rizkiyah, P. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Digital Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1230

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.).

Sukmawati, R. A., Pramita, M., Wiranda, N., Apriliyanti, A., Maulida, C. K., Winanto, A., & Hidayat, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru MGMP Matematika SMP. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4). https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6133

Sumiati, N. K., & Tirtayani, L. A. (2021). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35514

Tatminingsih, S. (2022). Implementation of Digital Literacy in Indonesia Early Childhood Education. International Journal of Emerging Issues in Early Childhood Education, 4(1). https://doi.org/10.31098/ijeiece.v4i1.894

Widyaningrum, W., & Sondari, E. (2021). Penerapan Literasi Digital Untuk Membuat Desain Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 2(2).

Yunita, Y., & Watini, S. (2022). Membangun Literasi Digital Anak Usia Dini melalui TV Sekolah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.729

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Fatimah, & Hasiana, I. (2024). Implementasi Digital Literasi dengan Menggunakan Aplikasi Canva dalam Pembuatan Buku Cerita Digital Pada Guru PAUD: Implementation of Digital Literacy Using the Canva Application in Making Digital Story Books for PAUD Teachers. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(2), 321–326. https://doi.org/10.35473/ijec.v6i2.3221

Issue

Section

Articles