Analisis Stimulasi Aspek Perkembangan Motorik Halus dan Kognitif Anak Usia Dini pada Permainan Tradisional Cingklak

Stimulation Analysis of Fine Motor and Cognitive Development Aspects of Early Children in The Traditional Game Cingklak

Authors

  • Ni Luh Ayu Ariasih Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Made Gede Anadhi Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v6i2.3240

Keywords:

Permainan Tradisional Cingklak, Stimulasi, Aspek Perkembangan Anak Usia Dini.

Abstract

One of the traditional games that has long been famous and is able to provide an unforgettable experience as an adult and has hidden benefits in addition to its benefits to provide a sense of satisfaction, fun, happiness, and a sense of competition with friends or opponents is the game Cingklak. The purpose of the research is to analyze and explore various aspects of development that can be stimulated through the traditional game of Cingklak. This research technique uses qualitative techniques or methods, namely by exploring several reading sources and relevant data, and the subjects are early childhood children with an age range of 7 to 8 years. The purpose of this study is to analyze and see the effect of the Cingklak game played by children on aspects of fine motor and cognitive development, as well as introduce traditional games to children, one of which is this Cingklak game. This study shows that the results obtained are showing good development, because thanks to the stimulation of this game, children are able to develop their fine motor skills well.

ABSTRAK

Salah satu permainan tradisional yang sudah lama terkenal dan mampu memberikan pengalaman yang tidak bisa dilupakan saat dewasa serta memiliki manfaat tersembunyi disamping manfaatnya untuk memeberikan rasa kepuasan, kesenangan, kebahagiaan, serta rasa kompetitif terhadap teman atau lawan mainnya adalah permainan Cingklak. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan menggali berbagai aspek perkembangan yang dapat distimulasi melalui permainan tradisional Cingklak. Teknik penelitian ini menggunakan teknik atau metode kualitatif yaitu dengan menggali dari beberapa sumber bacaan dan data-data yang relevan, serta subjeknya meruapkan anak-anak usia dini dengan rentang usia 7 hingga 8 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan melihat pengaruh dari permainan Cingklak yang dimainkan anak-anak terhadap aspek perkembangan motorik halus dan kognitifnya, serta mengenalkan permainan-permainan tradisional pada anak-anak alah satunya adalah permainan cingklak ini. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil yang didapat adalah menunjukkan perkembangan yang baik, karena berkat stimulasi dari permainan ini, anak-anak mampu mengembangkan motorik halusnya dengan baik.

References

Aisyah. (2020). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Balok. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Page 37-41.

Fitriana, D. Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif (APE). Universitas Islam Lamongan.

Hasanah, U., & STAIN Jurai Siwo Metro Lampung, Mp. (n.d.). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini.

Hidayanah, L.M., Mustikasari , R., & Arifin, M.Z. (2022). Permainan Menara Binatang Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Mentari, 76-85.

Khafifah, N. R. (n.d.). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Dengan Metode Bernyanyi Pada Anak Usia Dini.

Kurniawati. R., & Mulyati M. (2021). Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Sain. Jurnal Pendidikan Tambusai. Page : 5730-5736.

Ma, N., Rahmi, A., Agama Islam Negeri Palangka Raya, I., Kunci, K., Kasar, M., Usia Dini, A., & Estafet Bola, P. (n.d.). KREASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Pendampingan Permainan Estafet Bola. 2(1), 2022. https://jurnal.piaud.org/index.php/kreasi/index

Mayar, F., & Sriandila, R. (n.d.). Pentingnya Mengembangkan Fisik Motorik Anak Sejak Dini. Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (n.d.). Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Akuatik The Cognitive Ability Of Early Childhood In Aquatic Learning.

Putri Hendrayana, S., Fauziah, D. N., & Syafrida, R. (2021). Jurnal Pendidikan e-issn (Vol. 5, Issue 2).

S. Maya . (2021). Psikologi perkembangan anak. Memaksimalkan Pertumbuhan dan Kemampuan Buah Hati. C-Klik Media. Yogyakarta.

Siti Badriyah, E., Hamid Samiaji, M., & Sunan Kalijaga Yogyakarta, U. (n.d.). Penggunaan Media Loose Part Dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia Dini. In Jurnal Tumbuh Kembang Anak Usia Dini (Vol. 1, Issue 1).

Wulandari, H., Komariah, K., & Nabilla, W. (2022). Pengembangan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 78–89. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.91

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Ni Luh Ayu Ariasih, & I Made Gede Anadhi. (2024). Analisis Stimulasi Aspek Perkembangan Motorik Halus dan Kognitif Anak Usia Dini pada Permainan Tradisional Cingklak: Stimulation Analysis of Fine Motor and Cognitive Development Aspects of Early Children in The Traditional Game Cingklak. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(2), 308–314. https://doi.org/10.35473/ijec.v6i2.3240

Issue

Section

Articles