Analisis Kemampuan Pra Menulis Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Kegiatan Messy Play di KB Muslimat NU Wiradesa

Analysis of Pre-Writing Ability of 3-4 Year Old Children Through Messy Play Activities at KB Muslimat NU Wiradesa

Authors

  • Riska Amalia UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v6i2.3260

Abstract

This research aims to determine pre-writing skills through messy play of children in the Muslimat NU Wiradesa Play Group aged three to four years using a qualitative case study approach using Messy Play media. The case study approach method proposed by Creswell means investigating and understanding the problems that occur and collecting information to get a solution to the problem. This research uses observation methods, interviews with class teachers and documentation. The subjects of this research were four students at KB Muslimat NU Wiradesa for the 2023/2024 academic year. Apart from these four students, the subjects of this research were also the class teachers for KB Muslimat NU Wiradesa for the 2023/2024 academic year. Data was collected from observation sheets, field notes, and interview. The results of research to develop pre-writing skills through messy play with media from coconut dregs mixed with food coloring, so that it can motivate children to learn pre-writing in a fun way and achieve good development and develop according to expectations in pre-writing skills.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan pra menulis melalui messy play anak di Kelompok Bermain Muslimat NU Wiradesa usia tiga sampai empat tahun dengan menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus dengan media Messy Play. Metode pendekatan studi kasus yang dikemukakan oleh Creswell memiliki arti menyelidiki dan memahami masalah yang terjadi dan mengumpulkan informasi untuk mendapatkan solusi dari masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara terhadap guru kelas dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah empat murid di KB Muslimat NU Wiradesa tahun ajaran 2023/ 2024. Selain empat murid tersebut, subjek penelitian ini juga dilakukan pada guru kelas KB Muslimat NU Wiradesa tahun ajaran 2023/ 2024. Data dikumpulkan dari lembar pengamatan, catatan lapangan, dan wawancara. Hasil penelitian untuk mengembangkan keterampilan pra menulis melalui messy play dengan media dari ampas kelapa yang diberi pewarna makanan, agar dapat memotivasi anak untuk belajar pra menulis dengan menyenangkan dan adanya capaian perkembangan yang baik dan berkembang sesuai harapan dalam keterampilan pra menulis.

References

Aisy, A. R., & Adzani, H. N. (2019). Pengembangan Kemampuan Menulis pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Primagama. Jurnal Pendidikan Anak, 142.

Andika, W. D., Utami, F., Sumarni, S., & Harini, B. (2022). Keterampilan Penting Sebelum Anak Siap Menulis. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2519-2532.

Ariyani, D. (2018). Pendidikan literasi keuangan pada anak usia dini di tk khalifah purwokerto. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 13(2), 175-190.

Beaty, J. J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Budi, Anindhita. 2019. 5Latihan yang Perlu Dilakukan agar Balita siap Belajar Menulis. https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/anindita-budhi/latihan- agar-anak- siapbelajar-menulis. 15 September 2019.

Chiatto, F., Coletta, R., Aversano, A., Warburton, T., Forsythe, L., & Morabito, A. (2019). Messy play therapy in the treatment of food aversion in a patient with intestinal failure: our experience. Journal of Parenteral and Enteral Nutrition, 43(3), 412-418.

Farihah, N. (2018). Penerapan Pembelajaran Sentra Bahan Alam/Sains terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Kelompok B di RA Salafiyah Syafi’iyah Klinterejo Sooko Mojokerto. Al Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education (IJECIE), 2(1), 91-112.

Gascoyne, S. (2018). Messy Play in the Early Years: Supporting Learning Through Material Engagements. Routledge.

Hendrawan, D. N., & Indihadi, D. (2019). Implementasi proses menulis pada keterampilan menulis teks deskripsi tokoh cerita fiksi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 47-57.

Hurlock, Elizabeth. 1981. Child Development-Sixth Edition-International Student Edition. Tokyo : McGraw-Hill International Book Company

Khorida, M. F. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia DIni. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Layli Mustari, D. I. (2020). Keterampilan Menulis Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal PAUD Agapedia, Vol.4, 40.

Nurkhasanah, S., & Fitri, A. W. (2022). Meningkatkan Keterampilan Meremas melalui Messy Play. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 30-40.

Purwanti, E., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Atik Untuk Mengembangkan Keterampilan Pra Menulis Dengan Media Pasir dan Tepung di Kelompok Bermain Ceria Pandaan. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1673-1680. Rahayu, N. (2020). Meningkatkan Kreativitas Seni Melalui Permainan Kolase Amps Kelapa Anak Usia Dini di PAUD Al-Faiz Kota Langsa. Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan, 4-6.

Rocmah, L. I. (2016). Peningkatan kecerdasan naturalis melalui bermain messy play terhadap anak usia 5-6 tahun. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 47-56.

Wiyani, Novan Ardy. 2013. BinaKarakter Anak Usia Dini. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media http:// ibudanaku.com

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Amalia, R. (2024). Analisis Kemampuan Pra Menulis Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Kegiatan Messy Play di KB Muslimat NU Wiradesa: Analysis of Pre-Writing Ability of 3-4 Year Old Children Through Messy Play Activities at KB Muslimat NU Wiradesa. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(2), 315–320. https://doi.org/10.35473/ijec.v6i2.3260

Issue

Section

Articles