Studi Literatur Review: Penerapan Sentra Persiapan sebagai Upaya Meningkatkan Minat Literasi Baca Tulis pada Anak Usia Dini

Literature Review Study: The Implementation of Preparation Centers as an Effort to Increase Early Literacy Interest in Reading and Writing for Young Children

Authors

  • Ani Naskiki Mulya Dewi Universitas Negeri Semarang
  • Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v6i2.3325

Abstract

This research is related to efforts to increase the interest in early literacy among preschool children. The aim of the research is to analyze the application of the Sentra Persiapan method as an effort to increase the interest in reading and writing among preschool children. The research uses a literature review approach with the aid of the PICO framework, followed by the use of a prism diagram to obtain a clear and open picture through the process of identifying the composition of the research protocol. The identification includes inclusion and exclusion criteria, resulting in the acquisition of ten articles that have been analyzed for their suitability. The research findings show that the learning method that increases the interest in reading and writing among preschool children. This method creates a captivating and interactive learning environment, uses appropriate teaching materials, and involves active and playful approaches. Collaboration between teachers and parents enhances positive synergy. Various activities help to increase the interest of the children. The strategy for introducing letters and numbers uses media such as songs and random cards to help children understand the basics of reading and writing.

ABSTRAK

Penelitian ini berkaitan dengan upaya peningkatan minat literasi baca tulis anak usia dini. Tujuan penelitian yaitu menganalisis penerapan sentra persiapan sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca tulis pada anak usia dini. Penelitian menggunakan pendekatan literature review dengan bantuan framework PICO, kemudian tahap selanjutnya peneliti menggunakan diagram prisma untuk mendapatkan gambaran yang jelas dan terbuka melalui proses identifikasi penyusunan protokol penelitian. Identifikasi tersebut meliputi kriteria inklusi dan eksklusi dengan memperoleh hasil sepuluh artikel yang telah dianalisis kelayakannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang meningkatkan minat membaca dan menulis pada anak usia dini. Metode ini menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik dan interaktif, menggunakan bahan ajar yang tepat, dan melibatkan pendekatan bermain dan aktif. Kolaborasi antara guru dan orang tua meningkatkan sinergi positif. Kegiatan yang bervariasi membantu meningkatkan minat anak. Strategi pengenalan huruf dan angka menggunakan media lagu dan kartu acak membantu anak memahami dasar-dasar membaca dan menulis.

References

Alifah, M. J. N., Setyawan, P. F., Al Khusna, P. M., & Luzsanti, D. (2023). Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini melalui Media Pojok Baca di RA Sunan Giri dan KB Sunan Giri Desa Ngebruk. Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 3(1), 19-29.

Dewi, R., & Wahyono, I. (2020). Implementasi Metode Sentra Persiapan dalam Mengembangkan Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Usia Dini. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 4(1), 095-110.

Fatmawati, E. (2020). Kerjasama orang tua dan guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. IBTIDA', 1(2), 135-150.

Hidayati, N. (2023). Pengenalan Kemampuan Membaca Awal Pada Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1), 1-14.

Kinanti, N. A., & Zulkarnaen, Z. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Baca Tulis melalui Sentra Persiapan pada Anak Usia 4-5 Tahun. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 74-86.

Kinanti, N. A., & Zulkarnaen, Z. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Baca Tulis melalui Sentra Persiapan pada Anak Usia 4-5 Tahun. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 74-86.

Kusuma, T. C., Boeriswati, E., & Supena, A. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(3), 413-420.

Leny, L. (2022). Implementasi Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centers And Circle Time) di TK Islam Al-Azhar BSD. Edukids: Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1-16.

Maryati, M., Yulianingsih, Y., & Nurdiansah, N. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Sentra Persiapan Terhadap Perkembangan Berpikir Simbolik. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 35-46.

Nadia, E. M., & Pango, C. D. (2021). Pelaksanaan Kegiatan iTalk (Innovation Talk) untuk Pengembangan Pemikiran Kritis Pada Anak Usia Dini Melalui Budaya Literasi Membaca. Society: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 59-67.

Novia, A. P., & Mahyuddin, N. (2020). Pembelajaran Sentra dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1247-1255.

Putra, R. (2023). Pola Pengasuhan Orang Tua dan Peran Guru dalam Pendidikan Awal Anak. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1-15.

Sukmana, H., & Mulyanti, D. (2023). Manajemen Mutu Pendidikan di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal EBI, 5(1), 16-20.

Sutri, W., & Zulminiati, Z. (2020). Teknik pengembangan motorik halus anak usia dini di sentra persiapan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2904-2912.

Ulfa, M. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Persiapan dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia Dini di TK Amal Insani Yogyakarta. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 70-84.

Yulia, R., & Eliza, D. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 53-60.

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2019). Penanaman pendidikan karakter pada model pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time). Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 110-116.

Fitri, A. N., Steffani, C., & Afifah, S. (2022). Mengenal Model PAUD Beyond Centre and Circle Time (BCCT) untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(2), 72-78.

Hayati, N., & Choiro, U. D. W. (2021). Efektivitas Metode Pembelajaran Beyond Centers And Circle Time Untuk Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 39-53.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). (2021). Panduan Pembelajaran Berbasis Sentra di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kemendikbud Ristek.

Arifin, E., & Rahayu, A. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Beyond Center And Circle Time Dalam Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Di Tk Islam Arrayaahiin Cikarang Barat. El Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 19-26.

Mustaqim, P. Y. P. A. H. Pengembangan Kreativitas Dalam Sentra Persiapan di TA-TK Al Azhar Syifa Budi Solo.

Rahmawati, H., & Rohita, R. Strategi Pembelajaran Mengenalkan Keaksaraan Anak Kelompok B Dalam Model Pembelajaran Sentra Persiapan Di Tk Islam Al Fajar.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Ani Naskiki Mulya Dewi, & Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto. (2024). Studi Literatur Review: Penerapan Sentra Persiapan sebagai Upaya Meningkatkan Minat Literasi Baca Tulis pada Anak Usia Dini: Literature Review Study: The Implementation of Preparation Centers as an Effort to Increase Early Literacy Interest in Reading and Writing for Young Children. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(2), 294–307. https://doi.org/10.35473/ijec.v6i2.3325

Issue

Section

Articles