Strategi Pembelajaran Model Pelatihan Melukis di Atas Kain terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Saung Nyawiji

Learning Strategy of Painting on Cloth Training Model on Fine Motor Skills of Early Childhood Saung Nyawiji

Authors

  • Noor Laila Ramadhani Universitas Ngudi Waluyo
  • Ari Eko Budiyanto Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v6i2.3330

Abstract

The research with the title Learning Strategy for Painting on Cloth Training Models for the Fine Motor Abilities of Early Childhood Saung Nyawiji uses a Pre-Experimental Design research design with the One-Group Pretest-Posttest Design type. This research was carried out by comparing the results of assessing children's abilities before and after being treated with painting on cloth. The research subjects were 20 children, then the data collection method used non-participant observation with research tools in the form of observation sheets, then data analysis in this study used non-parametric statistics with the Wilcoxon matched pair test. The results of the Wilcoxon match pair test data analysis which was carried out produced Tcount = 0 which is smaller than the T table with a significance level of 5%, namely 0.71 so (0 <0.71). It was concluded that the results of the analysis meant that the alternative hypothesis (Ha) was accepted and the null hypothesis (Ho) was rejected. So the research hypothesis was that the learning strategy of the painting training model on cloth had an effect on the fine motor skills of early childhood children in Saung Nyawiji Gunungpati Semarang and was acceptable. Therefore, it can be concluded that cloth painting training can be used to improve fine motor skills in early childhood.

ABSTRAK

Penelitian dengan judul strategi Pembelajaran Model Pelatihan Melukis di Atas Kain Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Saung Nyawiji ini menggunakan desain penelitian Pre-Experimental Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilakukan dengan cara membandingkan hasil penilaian kemampuan anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan melukis di Atas Kain. Subyek penelitian berjumlah 20 anak kemudian metode pengumpulan data menggunakan observasi non partisipant dengan alat penelitian berupa lembar observasi, kemudian analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik non-parametris dengan uji jenjang bertanda wilcoxon match pair test. Hasil analisis data uji wilcoxon match pair test yang dilakukan menghasilkan Thitung = 0 lebih kecil dari T tabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 0,71 sehingga (0 < 0,71). Disimpulkan bahwa hasil analisis tersebut berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak, Sehingga hipotesis penelitian tersebut adalah strategi pembelajaran model pelatihan melukis di atas kain berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak Usia Dini Saung Nyawiji Gunungpati Semarang dapat diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pelatihan melukis kain dapat digunakan dalam meningkatkan motoric Halus Anak Usia Dini.

References

Darlia, D., & Saranani, M. S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Melukis. Jurnal Riset Golden Age Paud Uho, 2(2). https://doi.org/10.36709/jrga.v2i2.8357

Deguara, J., & Nutbrown, C. (2018). Signs, symbols and schemas: understanding meaning in a child’s drawings. International Journal of Early Years Education, 26(1), 4–23. https://doi.org/10.1080/09669760.2017.1369398

Etnawati, S., & Pamungkas, J. (2022). Penggunaan Media Lukis dalam Pembelajaran Seni untuk Mengembangkan Multiple Intelegensi Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5960–5969. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2766

Hermansyah, H. (2019). Pembelajaran Melalui Sentra Seni Dalam Mengembangkan Kreatifitas Anak Usia Dini. Nur El-Islam : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 108–127. https://doi.org/10.51311/nuris.v6i1.120

Hunaifah (Pendidikan Seni Rupa, F. U. M. M. (2020). Pemanfaatan Tinta Dan Pastel (Mixed Media) Untuk Pembelajaran Seni Lukis Pada Siswa Kelas Xii Di Masyekh Yusuf Sungguminasa Kabupaten Gowa. Universitas Muhammadiyah Makassar

Mohammed, R., & Mohammed, R. (2018). Defining creativity. In Creative Learning in the Early Years (pp. 24–42). https://doi.org/10.4324/9781315206400- 3

Prameswari, T., & Anik Lestariningrum. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis STEAM Dengan Bermain Loose Parts Untuk Pencapaian Keterampilan 4c Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Efektor, 7(1), 24– 34. https://doi.org/10.29407/e.v7i2.14387

Putri, A. D., & Suryana, D. (2022). Teori-teori Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12486–12494.

Remida Sagala, K. (2019). Pengaruh Kegiatan Mencetak Terhadap Kreativitas Anak Kelompok B Di TK Assisi Medan Tahun ajaran 2018 / 2019. Jurnal Usia Dini, 5(2), 29–38. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jud/article/view/14621

Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suroyya, C. F., Mahmudah, I., & Fatimah, S. (2022). Konsep Dasar Metodologi Penelitian Pada Bidang Pendidikan Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1255. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1187

Tauchid dkk. 2010. Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Vionitta, D., & Suyadi. (2020). Kegiatan Kreativitas Seni Warna Anak Usia Dini Melalui Permainan Cat Air di Masa Pandemi. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Anak Dini, 4(1), 74–87.

Widiyanto & Tri Endang Jatmikowati. (2020). Peningkatan kreativitas anak kelompok B melalui kegiatan melukis. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 2.

Yusri, N. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Abad 21. Jurnal Adzkiya ISSN, 5(1), 54–72.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Ramadhani, N. L., & Budiyanto, A. E. (2024). Strategi Pembelajaran Model Pelatihan Melukis di Atas Kain terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Saung Nyawiji: Learning Strategy of Painting on Cloth Training Model on Fine Motor Skills of Early Childhood Saung Nyawiji. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(2), 238–244. https://doi.org/10.35473/ijec.v6i2.3330

Issue

Section

Articles