Peran Supervisi Akademik di TK Pembangunan Swasembada Anyar Serang Banten

The Role of Academic Supervision at Pembangunan Swasembada Kindergarten in Anyar, Serang, Banten

Authors

  • Risa Latus Sulam Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Khosiah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Cucu Atikah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v6i2.3520

Keywords:

Supervisi Akademik; Kepala Sekolah; PAUD

Abstract

Academic supervision is a coaching effort that is carried out systematically with the aim of improving the quality of learning. This study aims to determine the role of school principals in carrying out academic supervision activities. This study uses a descriptive qualitative research method. With data sources coming from the school principal and 5 teachers at the Anyar Serang Banten Self-sufficient Development Kindergarten. The process of collecting data using the technique of collecting sources, namely observation, interviews, documentation. The data is then analyzed by data reduction, data presentation, and conclusions. The results of this study indicate that the role of academic supervision has been carried out well, but not fully optimal. The indicators are: (1) implementation is carried out according to plan, (2) based on the principle of academic supervision, (3) using class visit techniques, (4) there are teacher assessment instruments, (5) coaching in the form of motivational directions and participation in training, workshops , and seminars. As for what has not been implemented properly, namely not carrying out follow-up academic supervision. The supporting factors for academic supervision are trust and relationships, while the inhibiting factors are the lack of facilities and sufficient time.

ABSTRAK

Supervisi akademik adalah usaha pembinaan yang dilakukan secara sistematis bertujuan memperbaiki kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam melaksanakan kegiatan supervisi akademik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dengan sumber data berasal dari kepala sekolah beserta 5 orang guru di TK Pembangunan Swasembada Anyar Serang Banten. Proses pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi sumber yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran supervisi akademik sudah terlaksana dengan baik, namun sepenuhnya belum optimal. Adapun indikatornya yaitu: (1) pelaksanaan dilakukan sesuai perencanaan, (2) berlandaskan pada prinsip supervisi akademik, (3) menggunakan teknik kunjungan kelas, (4) terdapat instrumen penilaian guru, (5) pembinaan berupa arahan motivasi dan diikutsertakan mengikuti pelatihan dan workshop. Adapun yang belum terlaksana dengan baik yaitu tidak melakukan tindak lanjut supervisi akademik. Adapun faktor pendukung supervisi akademik yaitu kepercayaan dan hubungan, sedangkan faktor penghambatnya adalah fasilitas dan waktu yang kurang cukup.

References

Anggito & Setiawan, 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Cv Jejak.

Asmani, M Jamal. 2012. Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah. Yogyakarta: Trenlis.

Daryanto, & Rachmawati, T. 2015. Supervisi Pembelajaran (Inspeksi Meliputi: Controlling, Correcting, Judging, Demonstration). Yogyakarta: Gava Media.

Diana, E. N. (2019). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Di Raudhatul Athfal (RA) Miftahul Jannah Sukoharjo Pringsewu.

Dwikurnaningsih, Y. (2020). Implementasi Supervisi Akademik di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(3), 182–190. https://doi.org/10.17977/um025v4i32020p182

Inkiriwang, R. R., Singal, R., & Roeroe, J. V. (2020). Kewajiban Negara Dalam Penyediaan Fasilitas Pendidikan Kepada Masyarakat Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidkan Nasional. Quarterly Journal of Health Psychology, 8(32), 73–92. http://hpj.journals.pnu.ac.ir/article_6498.html

Jasmani, & Mustofa Syaiful, 2013. Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru Dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah Dan Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kuswaradani, Sri. 2020. Implementasi Supervisi Pendidikan. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Mulyana, Nana. 2019. MODUL : Pengembangan Kemampuan Supervisi Akademik Bagi Kepala Sekolah. Tasikmalaya: EDU PUBLISHER.

Nasution, Inom. 2019. Kompetensi Kepribadian Guru PAUD dan Upaya Pengembangannya. Medan: Perdana Publishing.

Runtifasih. 2021. Sukses Supervisi Kelas. Yayasan Pendidikan Cendikia Muslim.

Salma, P., Yusrizal, & Usman, N. (2018). Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Man Beureunuen. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 6(1), 18–23.

Sitaasih, D. K. (2020). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 241. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25461

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Yayat. 2019. Model Supervisi Akademik Peningkat Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan RPP Terpadu. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Risa Latus Sulam, Siti Khosiah, & Cucu Atikah. (2024). Peran Supervisi Akademik di TK Pembangunan Swasembada Anyar Serang Banten: The Role of Academic Supervision at Pembangunan Swasembada Kindergarten in Anyar, Serang, Banten. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(2), 376–382. https://doi.org/10.35473/ijec.v6i2.3520

Issue

Section

Articles