Konsep Pendidikan Kecakapan Hidup dalam Melatih Kemandirian pada Anak Usia Dini

The Concept of Life Skills Education in Training Independence in Early Childhood

Authors

  • Nasratun Najiha Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Khamim Zarkasih Putro Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Muhammad Basri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Viny Anggradini Puspitaloka Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v6i2.3521

Keywords:

Kecakapan Hidup, Melatih Kemandirian, Anak Usia Dini

Abstract

Life education in exercising independence does not absorb water, but is carried out repeatedly and consistently by means of habituation to a meaningful lifestyle in order to provide provisions for living independently, confidently, able to help oneself and be able to make wise decisions. This research is a type of library research or library research. References that can be taken from this research are primary and secondary sources. Using library research as data collection. The content analysis (content study) as a data analysis technique that can be used in this study. The results of this study explain that the concept of education that starts life plays a positive role in building children's independence, so it is developed by parents as one of the educational concepts that are learned to do things that are in accordance with the early development of children with independence as a habit. Can ensure that life is an independence that can help early childhood in controlling themselves, and form children who are skilled in all things.

 

ABSTRAK 

Pendidikan kecakapan hidup dalam melatih kemandirian tidak semudah kapas menyerap air, namun dilakukan berulang kali dan konsisten dengan cara pembiasaan pola hidup yang bermakna agar memberi bekal hidup secara mandiri, percaya diri, mampu menolong diri sendiri serta dapat memutuskan sebuah keputusan yang bijak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka atau library research. Rujukan yang dapat di ambil dari penelitian ini adalah sumber primer dan sekunder. Menggunakan riset kepustakaan sebagai teknik pengumpulan datanya. Adapun content analysis (kajian isi) sebagai teknik analisis data yang dapat digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa Konsep Pendidikan kecakapan Hidup berperan positif dalam mendidik kemandirian anak usia dini, sehingga kecakapan hidup digunakan oleh orangtua sebagai salah satu konsep Pendidikan yang membiasakan anak untuk mengerjakan hal-hal yang sederhana sesuai dengan usia tahap perkembangan anak dengan menanamkan nilai kemandirian sebagai sebuah kebiasaan. Dapat disimpulkan bahwa kecakapan hidup merupakan unsur kemandirian yang dapat membantu anak usia dini dalam mengendalikan diri sendiri, dan membentuk anak menjadi berkepribadian yang terampil dalam segala hal apapun.

References

Anggunpaud. (2020). Anggun Paud - Ruang Guru Dalam Jaringan.Https://Anggunpaud.Kemdikbud.Go.Id/Berita/Index/20180106081528 (Data Diambil Pada 12/12/2021)

Kualitas Pendidikan Di Indonesia - Kompasiana.Com. (2020). Https://Www.Kompasiana.Com/Martinus44557687/5fde04b98ede483064410923/Kualitas-Pendidikan-Di-Indonesia. (Data Diambil Pada 12/12/2021)

Nasional, U. S. P. (N.D.). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003. Https://Doi.Org/10.1111/J.1651-2227.1982.Tb08455.X (Data Diambil Pada 12/12/2021)

Noor, A. H. (2015). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Di Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Kemandirian Santri. Empowerment, 3(1), 2252–4738. Www.Journal.Uta45jakarta.Ac.Id

Nugrahani, D., Egar, N., Sumardiyani, L., & Wardoyo, S. L. (N.D.). Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Life Skills.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. (N.D.).

Rusmayadi. (2019). Early Childhood Education Journal Of Indonesia. In Ijeces (Vol. 2, Issue 1).

Uttal, David H, Kathyrn V.Scudder, & Judy S. Deloache. (1997). Manipulative as Symbols : A new Perspective on the Use of Concrete Object to Teach Mathematics. Journal of Applied Developmental Psychology, 18(1) : 37-54.

Wijayanti, T., Syamsuddin, M. M., & Pudyaningtyas, A. R. (2019). Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Practical Life Activity Pada Anak Usia 5-6 Tahun (Vol. 7, Issue 4). Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Kumara

Zahroh, S., Sos, S., & Suyadi, S. A. (2019). Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini MEMBANGUN KEMANDIRIAN ANAK USIA 2-4 TAHUN MELALUI TOILET TRAINING (Studi Kasus di KB GRIYA NANDA YOGYAKARTA). 01(02). https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/IEK/index

Agussani, M., & Ap. (2020). Program Pendidikan Keaksaraan Berbasis Kecakapan Hidup.

Anwar. (2015). Pendidikan Kecakapan Hidup. Alfabeta.

Kurikulum-Balitbang Depdiknas, P., & Kurikulum Balitbang, P. (2007). N-1a Standar Isi Pendidikan Anak Usia Dini.

Wiyani, N. A. (2015). Bina Karakter Anak Usia Dini: Panduan Orangtua & Guru Dalam Membentuk Kemandirian & Kedisiplinan Anak Usia Dini. Ar-Ruzz Media.

Marwiyah, S. (2012). Konsep Pendidikan Berbasis Kecakapan Hidup. Falasifa, 3(1), 1–25.

Suprihatin, Y., & Dewi, E. L. (2018). Implementasi Pendidikan Lifeskill Sejak Dini Dalam Pembelajaran Enterpreneurship (Studi Pada Smp Cahaya Bangsa School Metro). Elementary, 4, 87–88.

Umi, G., & Karmila, M. (2020). Pendidikan Keterampilan Hidup (Life Skill) Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Lingkungan Keluarga. Tematik : Pemikiran Dan Penelitian Anak Usia Dini, 6(2), 57–60.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Nasratun Najiha, Khamim Zarkasih Putro, Muhammad Basri, & Viny Anggradini Puspitaloka. (2024). Konsep Pendidikan Kecakapan Hidup dalam Melatih Kemandirian pada Anak Usia Dini: The Concept of Life Skills Education in Training Independence in Early Childhood. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.35473/ijec.v6i2.3521

Issue

Section

Articles