Optimalisasi Manajemen Pembelajaran di PAUD Semai Benih Bangsa Pelangi Nusantara 05 Kabupaten Semarang

Authors

  • Syifa Fauziah Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v1i2.353

Abstract

Setiap pendidikan memerlukan manajemen yang baik dan tepat, karena manajemen tersebut merupakan usaha untuk menyukseskan suatu tujuan dalam pendidikan. Diperlukan adanya pengelolaan, penataan, dan pengaturan ataupun kegiatan yang sejenis yang masih berkaitan dengan lembaga pendidikan guna mengembangkan sumber daya manusia agar dapat memenuhi tujuan dari pendidikan itu sendiri. Manajemen yang baik menentukan baik buruknya pembelajaran, bagaimana seorang guru menggunakan metode yang tepat, penyediaan alat belajar yang cukup, dan suasana kelas yang kondusif. Itu semua sangat mempengaruhi keberhasilan dalam belajar. Manajemen dibutuhkan oleh semua organisasi, termasuk juga organisasi pendidikan, karena tanpa manajemen semua akan sia-sia dan pencapaian tujuan akan lebih sulit. Penelitian  ini secara umum  bertujuan untuk meneliti  bagaimana optimalisasi manajemen pembelajaran bagi siswa di PAUD Semai Benih Bangsa Pelangi  Nusantara 05 Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan optimalisasi manajemen pembelajaran di PAUD Semai Benih Bangsa Pelangi Nusantara 05 Kabupaten Semarang dinilai sudah cukup berhasil, karena dilakukan dengan prosedur yang sesuai dengan kurikulum pendidikan.

Kata kunci: optimalisasi, manajemen pembelajaran, pendidikan anak usia dini


Author Biography

Syifa Fauziah, Universitas Ngudi Waluyo

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

References

Afifuddin, Beni Ahmad Saebani. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Agus Wibowo, Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013),

Artikel Machfud Sidik, “Optimalisasi Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah Dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Keuangan Daerahâ€, 2001,

Aqib, Zainal. 2010. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Bandung: Nuansa Aulia.

Bafadal. Ibrahim. 2006. Manajemen Perlengkapan Sekolah dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara

Benny Susetyo, Politik Pendidikan Penguasa, (Yogyakarta: LKIS, 2005).

Engkoswara dan Aan Komariah, Administrasi Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2011)

Hamzah B. Uno, Perencanaan Pembelajaran, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006).

Handoko.T. Hani, Manajemen Edisi 2, (Yogyakarta: PT BPFE, 2001).

Husaini Usman, Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, (Jakarta Timur: PT Bumi Aksara, 2011).

Ibrahim Bafadal, Dasar-dasar Manajemen Dan Supervisi Taman Kanak-kanak, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2005)

Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta : Balai Pustaka), 1994,

Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, Manajemen PAUD, Bandung:PT Rosdakarya, 2012.

Mursid. 2016. Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Nazarudin. 2007. Manajemen Pembelajaran (Implementasi Konsep, Karakteristik, dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum). Yogyakarta: Teras

Sunhaji, Pembelajaran Tematik Integratif Pendidikan Agama Islam denganSains, (Purwokerto: STAIN Press, 2013)

Downloads

Published

2019-12-18

How to Cite

Fauziah, S. (2019). Optimalisasi Manajemen Pembelajaran di PAUD Semai Benih Bangsa Pelangi Nusantara 05 Kabupaten Semarang. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(2), 44–53. https://doi.org/10.35473/ijec.v1i2.353

Issue

Section

Articles