KESANTUNAN BAHASA ANAK DI PAUD MEKAR SARI GONDORIYO KECAMATAN JAMBU

Authors

  • Elina Intan Apriliani Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v1i2.358

Abstract

Dalam mendidik karakter bangsa kita tentunya dapat memanfaatkan kekayaan budaya bangsa Indonesia, keanekaragaman kultur dan tradisi itu merupakan aset bangsa yang sangat berharga dan perlu dilestarikan. Termasuk budaya Jawa yang mengandung nilai-nilai luhur adalah bagian dari aset bangsa yang harus jaga agar menjadi simbul kebanggaan/identitas nasional bangsa Indonesia. Salah satu jawaban untuk mengatasi krisis kesantunan bahasa yang sedang melanda di negara kita khususnya pada anak usia dini dan anak remaja adalah pendidikan karakter yaitu dengan kesantunan Bahasa. Berdasarkan latar belakang diatas dapat diidentifikasi masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : (1) wujud kesantunan bahasa anak berdasarkan kesantunan bahasa dalam interaksi belajar mengajar di Paud Mekar Sari Gondoriyo Kecamatan Jambu; (2) wujud kesantunan berbahasa guru berdasarkan kesantunan bahasa dalam interaksi belajar mengajar di PAUD Mekar Sari Gondoriyo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah wujud kesantunan anak dalam interaksi belajar mengajar di PAUD Mekar Sari Gondoriyo. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan guru dan siswa dalam interaksi belajar mengajar di PAUD Mekar Sari Gondoriyo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu teknik rekam dan teknik catat. Adapun teknik analisis data yang digunakan, yakni pengumpulan data, pereduksian data, penyajian data, dan penyimpulan data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) wujud metode kesantunan bahasa guru dalam interaksi belajar mengajar di PAUD Mekar Sari Gondoriyo, yaitu dengan metode tuturan deklaratif yang ditemukan menyatakan makna pragmatik imperatif suruhan, ajakan, permohonan, persilaan, dan larangan, dan wujud tuturan interogatif yang menyatakan makna pragmatik imperatif perintah, permohonan, dan persilaan; (2) wujud kesantunan bahasa anak dalam interaksi belajar mengajar di PAUD Mekar Sari Gondoriyo, yaitu wujud deklaratif yang ditemukan menyatakan makna pragmatik imperatif suruhan, ajakan, permohonan, dan larangan, dan wujud tuturan interogatif yang menyatakan makna pragmatik imperatif perintah dan permohonan. Selanjutnya, hasil penelitian ini diharapkan menjadi masukan kepada guru dan siswa agar memperhatikan penggunaan tindak tutur yang santun terhadap lawan tutur dalam interaksi belajar mengajar.

 

Kata kunci: kesantunan, bahasa, anak usia dini

Author Biography

Elina Intan Apriliani, Universitas Ngudi Waluyo

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

References

A. Kusuma, Doni, Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo, 2009.

Damayanti D, (2014). Panduan Implementasi Pendidikan Karakter Sekolah. Yogyakarta. Araska.

Leech, Geoffrey. 1983. “The Principle of Pragmaticsâ€. London: Cambridge University.

Mayer, Richard .E. 2009. MULTIMEDIA LEARNING PRINSIP-PRINSIP DAN APLIKASI. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Megawangi, R. , Dina, W. F. (2010). Pengembangan Program Pendidikan Karakter di Sekolah untuk Mencegah Berkembangangnya Perilaku Kekerasan, Pengrusakan Diri dan Lingkungan, dan Korupsi. Kumpulan Abstrak Peran Pendidikan dalam Pembangunan Karakter Bangsa. Universitas Negeri Malang. Malang, 16 – 17 Oktober 2010.

Purwadi. 2012. Konsep kekuasaan Jawa Menurut Serat Nitipraja. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

R, Moeslichatoen. 1999. METODE PENGAJARAN Di Taman Kanak – Kanak. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rustono. 1999. Pokok-pokok Pragmatik. Semarang: CV. IKIP Semarang Press.

Zainurrahman. (2013). Menulis dari Teori Hingga Prakttik (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta.

Brown P dan Levinson, SC. 1987. Politeness some Universals in Language Usage. Cambridge: Cambridge University Press.

Gunarwan, Asim. 2004. Pragmatik, BudayadanPengajaranBahasa. Makalah Seminar Nasional Semantik III, UNS : Surakarta

Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Terjemahan Dr. M.D.D. Oka, M.A. Jakarta : UI Press.

Nadar, FX. 2009. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahardi, Kunjana.2002.Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia.Jakarta: Erlangga.

Sudaryanto.1991. Tata Bahasa Baku Bahasa Jawa. Yogyakarta : Duta Wacana University Press.

Downloads

Published

2023-04-04

How to Cite

Apriliani, E. I. (2023). KESANTUNAN BAHASA ANAK DI PAUD MEKAR SARI GONDORIYO KECAMATAN JAMBU. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(2), 62–70. https://doi.org/10.35473/ijec.v1i2.358

Issue

Section

Articles