Media Pembelajaran Wayang Huruf untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 4-6 Tahun

Authors

  • Himmah Taulany Universitas Ngudi Waluyo
  • Swantyka Ilham Prahesti Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v1i2.361

Abstract

Kemampuan anak usia dini dalam berbahasa mempunyai masa peka di usia 1,5 tahun. Pengenalan bahasa asing sebagai bagian dari pengembangan kemampuan berbahasa anak dimungkinkan dengan syarat anak tidak merasa terbebani. Oleh karena itu perlu metode dan media dan strategi yang sesuai dengan karakteristik anak. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meneliti dan mengembangkan suatu media untuk meningkatkan kosa kata bahasa Inggris pada anak usia 4 – 6 tahun. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk; (1) menganalisis hasil pencapaian jumlah kosa kata bahasa Inggris anak usia 4-6 tahun menggunakan media wayang huruf; (2) menganalisis hasil pencapaian jumlah kosa kata bahasa Inggris anak usia 4-6 tahun menggunakan media poster bahasa; (3) menganalisis perbedaan hasil belajar menggunakan media wayang huruf dan media poster bahasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah kosa kata bahasa Inggris yang dikuasai anak setelah menggunakan media pembelajaran wayang huruf adalah lebih banyak dibandingkan menggunakan media poster bahasa. Saran yang diberikan pada penelitian ini adalah jumlah dan jenis kosakata dapat ditingkatkan dan disesuaikan dengan tema-tema yang akan diberikan pada anak-anak.

 

Kata Kunci: anak usia dini, bahasa Inggris, media pembelajaran, wayang huruf

Author Biographies

Himmah Taulany, Universitas Ngudi Waluyo

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Swantyka Ilham Prahesti, Universitas Ngudi Waluyo

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

References

Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT Rineka cipta.

Depdiknas. 2006. Pedoman Penerapan “Beyond Cennters and Circles Time (BCCT)†(Pendekatan Sentra dan saat Lingkaran) dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. 2007a. Pedoman pembelajaran bidang pengembangan kemampuan kognitif di Taman kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas

Seniati. 2011. Psikologi Eksperimen. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2023-04-04

How to Cite

Taulany, H., & Prahesti, S. I. (2023). Media Pembelajaran Wayang Huruf untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 4-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.35473/ijec.v1i2.361

Issue

Section

Articles