Model Pembelajaran Area pada Pendidikan Inklusif Anak Usia 5-6 Tahun di Lembaga Early Childhood Care and Development Resource Center (ECCD-RC) Yogyakarta

Authors

  • Muhammad Abdul Latif UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v1i1.375

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang berpengaruh terhadap pendidikan pada usia selanjutnya terutama pertumbuhan dan perkembangannya. Sehingga diperlukan stimulus atau rangsangan sejak dini. Pendidikan inklusif adalah proses pendidikan untuk memberikan pelayanan terhadap semua anak dengan latar belakang berbeda-beda seperti: latar belakang keluarga, ekonomi, disabilitas, agama atau ras serta karakter-karakter anak. Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran tentang model pembelajaran area pada pendidikan inklusif anak usia 5-6 tahun di lembaga Early Childhood Care and Development Resource Center (ECCD-RC) Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan anak usia 5-6 Tahun di lembaga Early Childhood Care and Development Resource Center (ECCD-RC) Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran area pada pendidikan inklusif anak usia 5-6 tahun di lembaga Early Childhood Care and Development Resource Center (ECCD-RC) Yogyakart terbagi dalam dua area, yaitu area dalam kelas dan area luar kelas. Area dalam kelas terdiri atas: 1)persiapan membaca, 2)persiapan berhitung, 3)persiapan menulis, 4)sains, 5)main peran, 6)melukis, dan 7)karya seni. Sedangkan area luar kelas terdiri atas: 1)balok dan 2)pasir.

 

Kata Kunci: anak usia dini, model pembelajaran area, pendidikan inklusif

Author Biography

Muhammad Abdul Latif, UIN Sunan Kalijaga

Program Studi Magister PIAUD

References

Hijriyati. Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Volume III Nomor 1 Januari-Juni 2017.

Ilahi, Muhammad Takdir. 2010. Pendidikan Inklusif Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Latif, Mukhtar dkk.. 2014. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Lilif Mualifatu Khorida dan M.Fadlillah. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

M. Fadlillah. 2012. Desain Pembelajaran PAUD (Tinjauan Teoritik dan Praktik). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

M. Fadlillah. 2017. Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Nurul Kusuma Dewi. Manfaat Program Pendidikan Inklusi untuk AUD. Jurnal Pendidikan Anak. Volume 6 Edisi 1 Juni 2017.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan “Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&Dâ€. Bandung: Alfabeta.

Suparno. 2010. Buku Panduan Pendidikan Inklusif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Downloads

Published

2019-01-30

How to Cite

Latif, M. A. (2019). Model Pembelajaran Area pada Pendidikan Inklusif Anak Usia 5-6 Tahun di Lembaga Early Childhood Care and Development Resource Center (ECCD-RC) Yogyakarta. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.35473/ijec.v1i1.375

Issue

Section

Articles