Implementasi Asessmen Otentik dalam Mengembangkan Multiple Intelligences di TKIT Baitussalam Prambanan

Authors

  • Ucik Hidayah Binsa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Iys Nur Handayani UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v2i1.414

Abstract

Implememtasi asesmen otentik dalam mengembangkan multiple intelligence di TKIT Baitussalam sudah sesuai dengan mengembangkan multiple intelligence pada anak dan guru dapat mengimplementasikan asesmen otentik tersebut.  Dari 9 aspek multiple intelligence masuk ke dalam instrumen asesmen otentik anak. Sembilan aspek multiple intelligence, yakni:  1) Kecerdasan linguistic, 2) Kecerdasan matematis-logis, 3) Kecerdasan visual spasial, 4) Kecerdasan musical, 5) Kecerdasan kinestetik, 6) Kecerasesmen yang di dasan interpersonal, 7) Kecerdasan intrapersonal, 8) Kecerdasan naturalis, 9) Kecerdasan eksistensial atau kecerdasan spiritual. LPPA (Laporan Pencapaian Perkembangan Anak) / Raport adalah bentuk asesmen otentik yang diberikan kepada orangtua di TKIT Baitussalam.

keywords: asesmen otentik, multiple intelligences

Author Biographies

Ucik Hidayah Binsa, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Pascasarjana PIAUD

Iys Nur Handayani, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Pascasarjana PIAUD

References

Bainbridge dalam Muhammad Yaumi dan Nurdin Ibrahim. (2013). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences. jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Bambang Sujiono & Yuliani Nuraini Sujiono. (2004). Mencerdaskan Perilaku Anak Usia Dini. jakarta: Elex-media Computindo.

Barbara T. Bowman, M. Suzanne Donovan, and M. S. B. (n.d.). Eager to Learn: Educating Our Preschoolers.

Campbell, L. (2004). Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Depok: Intuisi Press.

Chatib, M. (n.d.). Gurunya Manusia. Bandung: Kaifa.

Depdikbud. (2003).

Dokumen Kurikulum TKIT Baitussalam. (n.d.).

Dominic F. Gullo. (2005). Understanding Asessment and Evalution in Early Childhood Education. New York: Colombia University.

Howard Gardner. (2013). Kecerdasan Majemuk: Teori dalam Praktek, trj.

Alexander Sindoro. Tangerang Selatan: Interaksara.

Hrushikesh Senapaty & A. K. Rajput. (2018). Hrushikesh Senapaty & A. K. Rajput. National Council of Educational Research and Training New Delhi.

Ismet Basuki dan Hariyanto. (2014). Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (n.d.). Manajemen PAUD.

Munif Chatib. (2009). Sekolahnya Manusia. Bandung: Kaifa.

Ngalimin Purwanto. (1988). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remadja Karya.

Pamilu, A. (2007). Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan: Panduan Lengkap Cara Mendidik Anak untuk Orang Tua. yogyakarta: Citra Media.

Salim, P. (2000). Salim’s Nith Collegiate English-Indonesia Dictionary. Jakarta: Modern English Press.

Sugiyono. (2013). MetodePenelitianPendidikan: PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (1995). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 1995), hlm. 3 Ngalimin Purwanto, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pen: bumi aksara.

SuharsimiArikunto. (2010). ProsedurPenelitian, SuatuPendekatanPraktik. Jakarta: RinekaCipta.

Sukiman. (2011). Pengembangan Sistem Evaluasi. yogyakarta: Insan Madani.

T. Raka Joni. (1997). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. LP2LPM.

Thomas Amstrong, S. K. of S. (2005). Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multiple Intelligences. jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Thomas Armstrong. (2013). Kecerdasan Multiple di dalam Kelas. jakarta: RT Indeks.

Wayan Nurkancana dan P. P. N. Sunarta. (1986). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Yuliani Nurani Sujiono & Bambang Sujiono. (2004). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Elex-media Computindo.

Zainal Arifin. (2009). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, Prosedur),. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2020-03-06

How to Cite

Binsa, U. H., & Handayani, I. N. (2020). Implementasi Asessmen Otentik dalam Mengembangkan Multiple Intelligences di TKIT Baitussalam Prambanan. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(1), 52–64. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i1.414

Issue

Section

Articles