Peningkatan Kualitas Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di PAUD

Authors

  • Nurul Zahriani Jf UIN Sunan Kalijaga
  • Muhammad Abdul Latif UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v2i1.415

Keywords:

kualitas manajemen, pendidik dan tenaga kependidikan, Pendidikan Anak Usia Din

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang peningkatan kualitas manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di PAUD (Pendidikan anak usia dini). Manajemen adalah salah satu upaya untuk mengelola PAUD menjadi lembaga yang bermutu dan mencipatakan generasi yang siap untuk menghadapi langkah-langkah selanjutnya dalam kehidupannya. Peningkatan kualitas manajemen dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan, sehingga proses pelaksanan kegiatan di lembaga pendidikan anak usia dini berjalan secara maksimal serta efektif dan efesien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Library Research dengan menelusuri kajian-kajian yang keterkaitan dengan artikel ini baik berupa hasil penelitian ataupun kajian dalam bentuk lain. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kualitas manajemen pendidik dan tenaga kependidikan perlu memperoleh pelatihan-pelatihan teknis dalam penyelenggaran administrasi penyelenggaraan pembelajaran dalam lembaga pendidikan anak usia dini sehingga layanan pendidik dan tenaga pendidikan akan lebih berkualitas dan akan lebih optimal sesuai harapan masyarakat. Peningkatan kulialitas ini mengarah  pembangunan pendidikan yang bermutu, membentuk pendidik dan tenaga kependidikan yang handal, produktif, kreatif, dan berprestasi.

Author Biographies

Nurul Zahriani Jf, UIN Sunan Kalijaga

Pascasarjana Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Muhammad Abdul Latif, UIN Sunan Kalijaga

Pascasarjana Pendidikan Islam Anak Usia Dini

References

Asih, Maman Sutarman &. 2016. Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Media.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Marini, Arita. 2014. Manajemen Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. “Permendikbud No. 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional PAUD.â€

Mestika, Zed. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wibawa, Basuki. 2017. Manajemen Pendidikan (Teknologi Kejuruan Dan Vokasi). Jakarta: Bumi Aksara Group.

Wiyani, Novan Ardy. 2015. Manajemen PAUD Bermutu. Yogyakarta: Gava Media.

Yus, Anita. 2016. Strategi Pendidikan Anak Usia Dini (Kebijakan Pemerintah Untuk Mengembangkan Pendidikan Ank Usia Dini). Medan: Perdana Publsing.

Downloads

Published

2020-03-06

How to Cite

Jf, N. Z., & Latif, M. A. (2020). Peningkatan Kualitas Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di PAUD. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i1.415

Issue

Section

Articles