Media Audio Visual “I Care†untuk Meningkatkan Sikap Peduli Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.35473/ijec.v2i1.424Keywords:
anak usia dini, media audio visual, sikap peduliAbstract
Sebagai pelaku utama dalam kehidupannya, anak perlu memiliki kepedulian terhadap diri sendiri dan orang lain di sekitarnya dalam menjalankan tahap pertumbuhan dan perkembangannya sehingga anak dapat bersikap pro aktif terhadap kondisi atau suasana tertentu. Pada lingkup perkembangan sosial emosional, tingkat pencapaian perkembangan sikap peduli bagi anak usia 4-5 tahun adalah mampu berbagi dengan teman dan saling membantu sesama teman (Matriks Pembelajaran TK Islam Al Azhar 22, Sosial Emosional (SE) 2.9). Namun, kenyataan di TK Islam Al Azhar 22 yang merupakan tempat peneliti mengajar, sikap peduli anak Taman Kanak-Kanak (TK) A2 dalam berbagi dan saling membantu sesama teman belum mencapai hasil yang signifikan. Berdasarkan hasil observasi dan catatan anekdot peneliti, anak TK A2 masih perlu banyak diingatkan untuk peduli terhadap teman, berebut mainan, berebut baris di depan, tidak peduli terhadap teman yang butuh bantuan dalam berkegiatan dan masih banyak yang perlu diingatkan agar anak yang tepat dan cepat dalam melakukan suatu kegiatan dapat membantu teman yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap peduli melalui Media Audio Visual I Care pada anak kelompok A2 TK Islam Al Azhar 22 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. penggunaan media pembelajaran secara audio visual yang disebut dengan I Care sebagai alat bantu untuk meningkatkan sikap peduli anak Kelompok A2 TK Islam Al Azhar 22. Media Audio Visual I Care dirancang untuk mengkonkretkan pembelajaran sikap peduli anak dengan mengoptimalkan kemampuan anak dalam mengevaluasi sikap peduli dirinya sendiri secara nyata dan mengubah sikap ketidakpeduliannya terhadap teman menjadi dikap peduli terhadap teman. Penerapan Media Audio Visual I Care dapat diintegrasikan dengan materi pembelajaran yang telah ada. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa melalui Media Audio Visual I Care terbukti dapat meningkatkan sikap peduli anak Kelompok A2 TK Islam Al Azhar 22 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Hal tersebut ditandai dari peningkatan rata-rata skor rekapitulasi hasil observasi. Rata-rata peningkatan sikap peduli anak Kelompok A2 TK Islam Al Azhar 22 Semarang tahun pelajaran 2018/2019 pada kriteria baik, pra siklus sebesar 9.52% kemudian meningkat menjadi 26.98% pada siklus I, dan akhirnya meningkat menjadi 79.36% pada siklus II. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah 75% anak meningkat sikap pedulinya setelah mengikuti proses pembelajaran yang menggunakan Media Audio Visual I Care, yang ditandai dengan aktivitas anak dalam kriteria baik di lembar observasi. Peningkatan sikap peduli anak yang dimaksud terdiri atas mampu berbagi dan saling membantu sesame teman. Aspek-aspek tersebut secara umum dalam kondisi yang baik.
References
Direktorat Al Azhar. 2016. Implementasi Kurikulum 2013 PAUD. Jakarta.
Haryo. Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. (http://journal.uny.ac.id/index.php/jee/article/view/347/249).
Juwaini, Ahmad. Peduli. (https://nasional.kompas.com/read/ 2010/08/24/01134533/ Peduli.Adalah).
Morrison, George S. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Indeks.
Rumah Inspirasi. Karakter Bangsa. (https://rumahinspirasi.com/18-nilai-dalam-pendidikan-karakter-bangsa/).
Saleh Abdullah, Abdurrahman. 2007. Teori Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Tim Kurikulum. 2018. Matriks Pembelajaran TK Islam Al Azhar 22. Semarang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia DIni. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.