Media KARMAN (Kardus Ragam Permainan) untuk Meningkatkan Kemampuan Aspek Perkembangan Dasar Pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.35473/ijec.v2i1.425Keywords:
kardus bekas, ragam permainan, aspek perkembangan dasarAbstract
Latar Belakang masalah dalam penelitian ini adalah dengan melalui media KARMAN (Kardus Ragam Permainan) diharapkan dapat meningkatkan kemampuan aspek perkembangan dasar pada anak usia dini kelompok A di TK Islam Sultan Agung 01 Semarang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Apakah penggunaan media KARMAN (Kardus Ragam Permainan) dapat meningkatkan aspek perkembangan dasar pada anak usia dini? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu : Mengetahui apakah melalui bermain dengan media KARMAN (Kardus Ragam Permainan) dapat meningkatkan aspek perkembangan dasar pada anak usia dini. Berdasarkan hasil pengumpulan data pada siklus I, yaitu meliputi : lembar penilaian, lembar pengamatan anak, dan refleksi, maka dapat dilihat hasil sebagai berikut : (1) Pada siklus I, dapat dilihat tingkat aspek perkembangan dasar pada anak usia dini yang mendapat nilai Belum Berkembang (BB) sejumlah 1,4% yang mendapat nilai Mulai Berkembang (MB) sejumlah 3,2%, yang mendapat nilai Berkembang Sesuai Harapan ( BSH ) sejumlah 0,73%, yang mendapat nilai Berkembang Sangat Baik (BSB) sejumlah 0,66%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh pada siklus II, maka dapat dilihat hasil penelitian sebagai berikut : (I) pada siklus II dapat dilihat tingkat perkembangan dasar pada anak usia dini melaui media KARMAN (Kardus Ragam Permainan) yang mendapat nilai Belum Berkembang (BB) sejumlah 0 % yang mendapat nilai Mulai Berkembang (MB) sejumlah 0,46%, yang mendapat nilai Berkembang Sesuai Harapan ( BSH ) sejumlah 4%, yang mendapat nilai Berkembang Sangat Baik (BSB) sejumlah 1,53% dengan persentase tingkat keberhasilan anak pada siklus II adalah 85%. Berdasarkan data dan hasil pembahasan di atas maka peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut : Bermain melaui media KARMAN (Kardus Ragam Permainan) dapat meningkatkan aspek perkembangan dasar pada anak usia dini. Anak dapat belajar sambil bermain dengan berbagai ragam permainan yang menarik dan menyenangkan.
References
Andriani Durri, dkk, 2010. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arsyad Azhar, 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raya Grafindo Persada.
Eliyawati Cucu, 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Gunarti Winda, Suryani Lilis, Muis Azizah, 2011. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka/
Hartati Sofia, 2005. Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hurlock, Elizabeth, 1993. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Indira, 2006. Kreasi Plastisin. Jakarta: PT. Erlangga.
Moeslichatoen, 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Montolalu, B.E.F, dkk, 2009. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Power, Brain, 2005. Aktivitas Berbasis Minat Anak. Jakarta: Erlangga.
Soetjiningsih Christiana Hari, 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada Media Group.
Wardhani IGAK dan Wihardit Kuswaya, 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Zaman, Badru, dkk, 2009. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Santoso Soegeng, 2009. Dasar-Dasar Pendidikan TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Masitoh, dkk. 2009. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Lolita Indraswari, Jurnal Pesona PAUD Vol. I No. 1. sumber : http://jurnalurutan.ac.id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia DIni. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.