Media KARMAN (Kardus Ragam Permainan) untuk Meningkatkan Kemampuan Aspek Perkembangan Dasar Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Nofi Wulandari TK Islam Sultan Agung 01 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v2i1.425

Keywords:

kardus bekas, ragam permainan, aspek perkembangan dasar

Abstract

Latar Belakang masalah dalam penelitian ini adalah dengan melalui media KARMAN (Kardus Ragam Permainan) diharapkan dapat meningkatkan kemampuan aspek perkembangan dasar pada anak usia dini kelompok A di TK Islam Sultan Agung 01 Semarang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Apakah penggunaan media  KARMAN (Kardus Ragam Permainan) dapat meningkatkan aspek perkembangan dasar pada anak usia dini? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu : Mengetahui apakah melalui bermain dengan media KARMAN (Kardus Ragam Permainan)  dapat meningkatkan aspek perkembangan dasar pada anak usia dini. Berdasarkan hasil pengumpulan data pada siklus I, yaitu meliputi : lembar penilaian, lembar pengamatan anak, dan refleksi, maka dapat dilihat hasil sebagai berikut : (1) Pada siklus I, dapat dilihat tingkat aspek perkembangan dasar pada anak usia dini yang mendapat nilai Belum Berkembang (BB) sejumlah 1,4% yang mendapat nilai Mulai Berkembang (MB) sejumlah 3,2%, yang mendapat nilai Berkembang Sesuai Harapan ( BSH ) sejumlah 0,73%, yang mendapat nilai Berkembang Sangat Baik (BSB) sejumlah 0,66%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh pada siklus II, maka dapat dilihat hasil penelitian sebagai berikut : (I) pada siklus II dapat dilihat tingkat perkembangan dasar pada anak usia dini melaui media KARMAN (Kardus Ragam Permainan) yang mendapat nilai Belum Berkembang (BB) sejumlah 0 % yang mendapat nilai Mulai Berkembang (MB) sejumlah 0,46%, yang mendapat nilai Berkembang Sesuai Harapan ( BSH ) sejumlah 4%, yang mendapat nilai Berkembang Sangat Baik (BSB) sejumlah 1,53% dengan persentase tingkat keberhasilan anak pada siklus II adalah 85%. Berdasarkan data dan hasil pembahasan di atas maka peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut : Bermain melaui media KARMAN (Kardus Ragam Permainan) dapat meningkatkan aspek perkembangan dasar pada anak usia dini. Anak dapat belajar sambil bermain dengan berbagai ragam permainan yang menarik dan menyenangkan.

References

Andriani Durri, dkk, 2010. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arsyad Azhar, 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raya Grafindo Persada.

Eliyawati Cucu, 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Gunarti Winda, Suryani Lilis, Muis Azizah, 2011. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka/

Hartati Sofia, 2005. Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hurlock, Elizabeth, 1993. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Indira, 2006. Kreasi Plastisin. Jakarta: PT. Erlangga.

Moeslichatoen, 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Montolalu, B.E.F, dkk, 2009. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Power, Brain, 2005. Aktivitas Berbasis Minat Anak. Jakarta: Erlangga.

Soetjiningsih Christiana Hari, 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada Media Group.

Wardhani IGAK dan Wihardit Kuswaya, 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zaman, Badru, dkk, 2009. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Santoso Soegeng, 2009. Dasar-Dasar Pendidikan TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Masitoh, dkk. 2009. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Lolita Indraswari, Jurnal Pesona PAUD Vol. I No. 1. sumber : http://jurnalurutan.ac.id

Downloads

Published

2020-03-06

How to Cite

Wulandari, N. (2020). Media KARMAN (Kardus Ragam Permainan) untuk Meningkatkan Kemampuan Aspek Perkembangan Dasar Pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(1), 24–36. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i1.425

Issue

Section

Articles