Meningkatkan Keterampilan Proes Sains Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Eksperimen Mencampur Warna di PAUD Permata Hati Desa Jampang

Authors

  • Anita Damayanti Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Mawaddah - Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.556

Keywords:

Anak Usia Dini, Keterampilan Proses Sains, Metode Eksperimen, Warna

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keterampilan proses sains pada anak usia 5-6 tahun yang masih belum berkembang optimal, sehingga penulis tergerak untuk meneliti apa penyebab kelemahan tersebut sambil mengajukan solusi dengan penerapan metode eksperimen mencampur warna. Tujuan penelitan ini adalah  meneliti peningkatan keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun melalui metode eksperimen menacampur warna di PAUD Permata Hati Desa Jampang. Hasil penelitian meunjukan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan metode eksperimen mencampur warna terhadap keterampilan proses sains anak. Hal ini terbukti dari hasil perolehan persentase dari pra siklus sebesar 31%, siklus I 54% dan siklus II 82%.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen mencampur warna dapat meningkatkan keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun di PAUD Permata Hati Desa Jampang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk pihak-pihak terkait seperti kepala sekolah, guru, orang tua dan siswa/peserta didik

Author Biographies

Anita Damayanti, Universitas Muhammadiyah Jakarta

PG PAUD

Mawaddah -, Universitas Muhammadiyah Jakarta

PG PAUD

References

Aisyah,Siti dkk.2012.Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak usia Dini. Tangerang Selatan:Universitas Terbuka

Aqib,Zainal&AliMurtadlo.2016.Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif.Bandung:PT.SaranaTutorial Nurani Sejahtera

Arikunto, Suharsimi, Prof. 2012.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hurlock,B Elizabeth. 1999. Perkembangan Anak. Jakarta:Erlangga

Jahja,Yudrik.2011.PsikologiPerkembangan.Jakarta:Kencana

Jamaris, Martini.2006.Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak.Jakarta:Gramedia

Latif, Mukhtar dkk.2013.Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta:Kencana Prenada Media Group

Nugraha, Ali, Drs.2005.Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional

Rizema Putra, Sitiatava.2013.Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains.Yogyakarta:Diva Press

Sudono, Anggani.2007.Permainan Kreatif Untuk Anak Usia Dini.Jakarta:PT Penerbitan Sarana Bobo

Sujiono, Yuliani Nurani.2009.Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta:PT.Indeks

Sutikno, Sobry.2014.Metode & Model-model Pembelajaran:Holistica Lombok

Wiyani, Novan Ardy.2014.Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini.Yogyakarta:Gava Media

Yulianti, Dwi.2009.Bermain sambal Belajar Sains di Taman kanak-kanak.Jakarta:PT.Indeks

Yus, Anita.2011.Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak.Jakarta:PT.Indeks

Downloads

Published

2020-07-31

How to Cite

Damayanti, A., & -, M. (2020). Meningkatkan Keterampilan Proes Sains Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Eksperimen Mencampur Warna di PAUD Permata Hati Desa Jampang. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 88–94. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.556

Issue

Section

Articles