Dimensi Kecerdasan Aq (Adversity Quotient) Anak dalam Perspektif Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Muhammad Alim Kahfi Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.569

Keywords:

Kecerdasan Adversity Quotient (AQ), Kurikulum 2013 PAUD, Pendekatan saintifik, Penilaian Otentik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan AQ (Adversity Quotient) pada anak usia dini yang didasarkan pada kajian isi kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Pentingnya penelitian ini dikarenakan masih sering ditemukan pola asuh, pendidikan oleh orang tua dan sekolah terhadap anak-anak dilaksanakan dengan cara memanjakannya. Mereka tidak sadar bahwa pola asuh dan pendidikan dengan memanjakan anak (spoiling) adalah merusak dan membuat anak tidak berdaya. Akibatnya masih banyak anak kita yang sudah dewasa ketika dihadapkan pada masalah yang sangat sederhana mereka tidak mampu mengatasinya dan masih meminta bantuan orang lain terutama pada kedua orang tuanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama Ditemukan spirit dalam muatan kurikulum 2013 PAUD yang dapat meningkatkan kecerdasan AQ anak usia dini dalam kategori climber (pendaki), hal tersebut dapat dilihat pada: struktur kurikulum 2013 PAUD, sistem pembelajaran kurikulum 2013 PAUD dengan pendekatan saintifik dan penilaian kurikulum 2013 PAUD dengan model penilaian otentik. Kurikulum 2013 PAUD berbasis kecerdasan AQ memberikan dorongan dan peningkatan siswa lebih mandiri dan terbiasa menyelesaikan masalah. Adapun kemampuan dan kompetensi siswa yang dapat dikembangkan diantaranya adalah: (1) kemandirian anak, (2) kepercayaan diri, (3) rasa ingin tahu, (4) berdaya tahan tinggi, (5) motivasi meraih cita-cita yang tinggi, (6) semangat berkarya, (7)  kondisi ceria dan pebuh kegembiraan, (8) kesehatan emosional, dan (9) memiliki tekad yang kuat.

 

References

Ansyar, Muhammad. Kurikulum; Hakikat, Fondasi, Desain & Pengembangan. Jakarta: KENCANA, 2015.

Arifin, Zainal. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Cet. ke-3. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Efendi, Agus. Revolusi Kecerdasan Avad 21: Kritik MI, EI, SQ, AQ, dan Successfull Intelegences atas IQ. Bandung: Alfabeta, 2005.

Ginanjar, Ary. Agustian. ESQ: Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual, Jakarta: Arga: 2005.

Hamalik, Oemar. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Cet. ke-5. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2013.

Kurikulum dan Pembelajaran. Cet. ke-2. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Https://m.tempo.co/read/news/2016/06/01/064775707/mahasiswa-akuntansi-ui-bunuh-diri-secara-unik-karena-nilai

Stoltz, Paul G. Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. cet. ke- 5. Jakarta: Grasindo, 2005.

Sujiono, Yuliani Nurani. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Cet.ke-5. Jakarta: Indeks, 2012.

Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. cet. Ke-2. Jakarta: Kencana, 2012.

Sutarman, Maman dan Asih. Manajemen Pendidikan Usia Dini; Filosofi Konsep Prinsip dan Aplikasi. Bandung: Pustaka Setia, 2016.

Yoga, Miarti. Adversity Quotient Agar Anak Tak Gampang Menyerah. Solo: Tiga Serangkai, 2016.

Zohar, Danah. SQ: Kecerdasan Spiritual. Rahmani Astuti (terj.). Bandung: Mizan Pustaka, 2007.

Downloads

Published

2020-08-06

How to Cite

Kahfi, M. A. (2020). Dimensi Kecerdasan Aq (Adversity Quotient) Anak dalam Perspektif Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 65–87. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.569

Issue

Section

Articles