Pengaruh Penggunaan Gambar Seri Terhadap Kemampuan Membaca Anak Pada Kelompok Bermain Melati Kabupaten Gowa
DOI:
https://doi.org/10.35473/ijec.v3i1.870Keywords:
gambar seri, perkembangan Bahasa, kemampuan membacaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca anak sebelum dan sesudah menggunakan gambar seri dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gambar seri terhadap kemampuan membaca anak. Penelitian ini menggunakan rancangan experimen dengan jenis true experimental design. Pengambilan sampel penelitian menggunakan random sampling sebanyak 40 orang anak. Pengumpulan data melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Kemampuan membaca anak diukur menggunakan analisis statistik deskriptif, dan uji t (t-test). Hasil penelitian yang menunjukkan kemampuan membaca anak hasil pretest baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol umumnya mengalami kesulitan membaca. Setelah dilakukan pemberian media gambar seri untuk kelompok eksperimen nilai posttest menunjukkan kemampuan membaca yang sangat baik sedangkan kelompok kontrol nilai posttestnya baik sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan penggunaan gambar seri terhadap kemampuan membaca anak di Kelompok Bermain Melati Kabupaten Gowa Propinsi Sulawesi Selatan.References
Ali dan Asrori. 2011. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.
Aprinawati, I. 2017. Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini, Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education. DOI: 10.31004/obsesi.v1i1.68.
Dhieni, N. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta. Universitas Terbuka.
Departemen Pendidikan Naisonal Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2001. Didaktik Metode di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar & Menengah Dirjen TK dan SD
Direktorat PAUD. 2004. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 0-6 Tahun. Jakarta: Direktorat PAUD.
Drevs, J. 2003. Media Gambar Seri. IDrugs : The Investigational Drugs
Journal.
Hadini, N. 2017. Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata di TK Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Jurnal Empowerment.
Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Askara.
Izzaty, R. E., Cholimah, N. and Wulandari, R. (2017). Pengembangan Buku Cerita Tematik Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Membaca Pada Anak Prasekolah. Jurnal Pendidikan Anak. DOI: 10.21831/jpa.v3i2.11704.
Jamaris, M. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kemendiknas.
Khotijah.2016. Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak Usia Dini. Elementary.
Kuncup Mekar Desa Sawangan, T. et al. 2016. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Gambar Dan Kartu Kata Cikurniati. Juli Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI).
Lidwina, S. 2012. Keterampilan Membaca Dan Menulis. Jurnal STIE Semarang.
Liliatun. 1979. Pendidikan Bahasa di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Trafika Loka.
Nugraha, A dan Dwiyana, D.S.A. 2008. Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung: JILSI Foundation.
Rahmat, P. S. and Heryani, T. 2014. Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca dan Penguasaan Kosa Kata. Jurnal Pendidikan Usia Dini.
Sajawandi, L. and Rosalina, A. 2020. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Buku â€Membaca Itu Mengasyikkan†Di Tk Plus Al
Burhan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan’, TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini. DOI: 10.26858/tematik.v6i2.15088.
Sudjana, N dan Rivai, A. 2007. Media Pengajaran. Bandung: Algesindo.
Widiyaningsih. 2017. Peningkatan Penguasaan Kosakata Melalui Penggunaan Media Gambar Seri Anak Kelompok B. Pendidikan Guru PAUD. Universitas Negeri Yogyakarta.
Yudhasmara. 2009. Tes Kemampuan Bahasa Reseptif (online). (http://artikel pengembangan bahasa reseftif anak.com)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia DIni. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.