Pengaruh Penggunaan Gambar Seri Terhadap Kemampuan Membaca Anak Pada Kelompok Bermain Melati Kabupaten Gowa

Authors

  • Andi Wahyuni Asti Universitas Negeri Makassar
  • Syamsuardi Saodi Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v3i1.870

Keywords:

gambar seri, perkembangan Bahasa, kemampuan membaca

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca anak sebelum dan sesudah menggunakan gambar seri dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gambar seri terhadap kemampuan membaca anak. Penelitian ini menggunakan rancangan experimen dengan jenis true experimental design. Pengambilan sampel penelitian menggunakan random sampling sebanyak 40 orang anak. Pengumpulan data melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Kemampuan membaca anak diukur menggunakan analisis statistik deskriptif, dan uji t (t-test). Hasil penelitian yang menunjukkan kemampuan membaca anak hasil pretest baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol umumnya mengalami kesulitan membaca. Setelah dilakukan pemberian media gambar seri untuk kelompok eksperimen nilai posttest menunjukkan kemampuan membaca yang sangat baik sedangkan kelompok kontrol nilai posttestnya baik sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan penggunaan gambar seri terhadap kemampuan membaca anak di Kelompok Bermain Melati Kabupaten Gowa Propinsi Sulawesi Selatan.

References

Ali dan Asrori. 2011. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Aprinawati, I. 2017. Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini, Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education. DOI: 10.31004/obsesi.v1i1.68.

Dhieni, N. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta. Universitas Terbuka.

Departemen Pendidikan Naisonal Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2001. Didaktik Metode di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar & Menengah Dirjen TK dan SD

Direktorat PAUD. 2004. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 0-6 Tahun. Jakarta: Direktorat PAUD.

Drevs, J. 2003. Media Gambar Seri. IDrugs : The Investigational Drugs

Journal.

Hadini, N. 2017. Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata di TK Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Jurnal Empowerment.

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Askara.

Izzaty, R. E., Cholimah, N. and Wulandari, R. (2017). Pengembangan Buku Cerita Tematik Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Membaca Pada Anak Prasekolah. Jurnal Pendidikan Anak. DOI: 10.21831/jpa.v3i2.11704.

Jamaris, M. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kemendiknas.

Khotijah.2016. Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak Usia Dini. Elementary.

Kuncup Mekar Desa Sawangan, T. et al. 2016. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Gambar Dan Kartu Kata Cikurniati. Juli Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI).

Lidwina, S. 2012. Keterampilan Membaca Dan Menulis. Jurnal STIE Semarang.

Liliatun. 1979. Pendidikan Bahasa di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Trafika Loka.

Nugraha, A dan Dwiyana, D.S.A. 2008. Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung: JILSI Foundation.

Rahmat, P. S. and Heryani, T. 2014. Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca dan Penguasaan Kosa Kata. Jurnal Pendidikan Usia Dini.

Sajawandi, L. and Rosalina, A. 2020. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Buku â€Membaca Itu Mengasyikkan†Di Tk Plus Al

Burhan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan’, TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini. DOI: 10.26858/tematik.v6i2.15088.

Sudjana, N dan Rivai, A. 2007. Media Pengajaran. Bandung: Algesindo.

Widiyaningsih. 2017. Peningkatan Penguasaan Kosakata Melalui Penggunaan Media Gambar Seri Anak Kelompok B. Pendidikan Guru PAUD. Universitas Negeri Yogyakarta.

Yudhasmara. 2009. Tes Kemampuan Bahasa Reseptif (online). (http://artikel pengembangan bahasa reseftif anak.com)

Downloads

Published

2021-02-22

How to Cite

Asti, A. W., & Saodi, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Gambar Seri Terhadap Kemampuan Membaca Anak Pada Kelompok Bermain Melati Kabupaten Gowa. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(1), 42–54. https://doi.org/10.35473/ijec.v3i1.870

Issue

Section

Articles