DAMPAK PEMBELAJARAN DARING DI TAMAN KANAK-KANAK TERHADAP SENSE OF BELONGING SISWA PADA TEMAN, SEKOLAH, DAN GURU

Authors

  • Resti Yulia Pendidikan Anak Usia Dini
  • Farida Mayar Universitas Negeri Padang
  • Safrizal Safrizal Institut Agama islam Neberi Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v3i2.926

Keywords:

Problematika Pembelajaran Daring, Sense of Belonging, Anak Usia Dini

Abstract

Pembelajaran daring menjadi isu yang paling banyak dibacarakan pada saat pandemi. Hal itu disebabkan karena sebagian besar stakeholder belum siap untuk melaksanakan pembelajaran secara daring, baik itu kendala teknis maupun kendala non teknis. sayangnya pembelajaran daring justru menyentuh semua kalangan, baik itu jenjang Perguruan Tinggi hingga jenjang Taman Kanak-kanak. Alhasil, pembelajaran daring pada jenjang TK tidak berjalan maksimal bahkan mengundang keluhan dari para orangtua di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran daring di taman kanak-kanak terhadap sense of belonging siswa pada Teman, Sekolah, dan guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan peneliti sebagai instrument. Untuk memperoleh data yang lengkap, peneliti menggunakan tigas pores pengumpulan data, yakni wawancara mendalam, observasi partisipasi, serta dokumentasi. Guna memperoleh data penelitian yang kredibel, analisis data merujuk pada model miles and huberman dengan triangulasi sebagai teknik penjaminan keabsahan data. Hasil penelitian menemukan bahwa pembelajaran daring bagi siswa TK yang baru masuk atau yang sudah berekolah membuat mereka kehilangan rasa memiliki. Beberapa temuan dideskripsikan ketidak mauan anak dalam mengikuti pembelajaran daring karena mereka tidak mengenal gurunya, sekolahnya, dan temannya.

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Atiqoh, L. N. (2020). Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45. https://doi.org/10.33474/thufuli.v2i1.6925

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 4–6. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203

Henry Aditia Rigianti. (2020). KENDALA PEMBELAJARAN DARING GURU SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BANJARNEGARA pdf. Elementary School 7 (2020) 297-302, 7(2), 1–43. https://journal.upy.ac.id/index.php/es/article/view/768/628

Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika : Kajian Kualiatatif Deskriptif. Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45–51.

Prima, E. (2021). Peran Guru dalam Pengembangan Bakat dan Minat Anak Melalui Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi. Indonesian Journal of Early Childhood, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.35473/ijec.v3i1.829

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Safrizal, S., Zaroha, L., & Yulia, R. (2020). Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di Sekolah Adiwiyata (Studi Deksriptif di SD Adiwiyata X Kota Padang). Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 215. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9987

Sasongko, H., & Hartanti, C. D. (2021). Manajemen Kreativitas Pengajaran Musik Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid 19 Informasi Artikel Abstrak Riwayat Artikel : sudah banyak dilakukan . Akan tetapi musik yang sangat berguna itu tidak akan ada artinya sama kemampuannya di usia dini . 3. https://doi.org/10.35473/ijec.v3i1.830

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

W. Arif, N. (2020). Problematika Pembelajaran daring dalam Perspekif Mahasiswa. Elementary School Education Journal), 4(2), 100–115.

Downloads

Published

2021-08-11

How to Cite

Yulia, R., Mayar, F., & Safrizal, S. (2021). DAMPAK PEMBELAJARAN DARING DI TAMAN KANAK-KANAK TERHADAP SENSE OF BELONGING SISWA PADA TEMAN, SEKOLAH, DAN GURU. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(2), 78–84. https://doi.org/10.35473/ijec.v3i2.926

Issue

Section

Articles