MEDIA TABUKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.35473/ijec.v3i2.946Keywords:
Media Tabuka Kemampuan Berhitung Anak Usia DiniAbstract
Keterampilan berhitung yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, terutama konsep bilangan yang merupakan juga dasar bagi pengembangan kemampuan matematika maupun kesiapan anak untuk mengikuti pendidikan selanjutnya. Namun penggunaan media yang kurang tepat dapat menjadi hambatan bagi perkembangan kognitif anak terutama dalam kegiatan berhitung. Penggunaan media tabuka merupakan salah satu pilihan dalam mengingkatkan kemampuan berhitung bagi anak. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan kemampuan berhitung penjumlahan sederhana anak kelompok B di TKIT Bunayya 7 menggunakan media tabuka. Â Penelitian tindakan kelas ini memiliki tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TKIT Bunayya 7 Al-Hijrah yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 7 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan dengan menggunakan instrumen yaitu lembar observasi dan analisis data, yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif yang dapat dilihat dari kemampuan berhitung anak dan data kuantitatif yang telah dihitung dengan rumus. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh dalam kemampuan berhitung anak mengalami peningkatan. Sebelum dilakukan tindakan, tingkat kemampuan berhitung penjumlahan sederhana anak masih sangat rendah, setelah dilakukan penelitian kelas siklus I memperoleh 44% dan pada siklus II meningkat menjadi 80%. Setelah dilakukan penelitian mulai dari pra siklus, siklus I dan siklus II disimpulkan bahwa kemampuan berhitung penjumlahan sederhana anak kelompok B di TKIT Bunayya 7 Al-Hijrah mengalami peningkatan melalui bantuan media tabuka. Â
References
Abubakar, Sitti Rahmaniar, Dorce Banne Pabunga, and Emi Rahayu. 2018. “Penggunaan Media Stik Angka Berwarna Dalam Meningkatkan Kemampuan Logika Matematika Pada Anak Usia Dini.†Prosiding SNPMAT I Tahun 2018 1 (1): 250–58.
Asmariani, Asmariania. 2016. “Konsep Media Pembelajaran Paud.†Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban 5 (1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.108.
Depdiknas. 2010. Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan Di. Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Dirjen Dikdasmen. Dirjen PNFI.
Elyana, Luluk, and Abdul Latief. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dengan Metode Bermain Media Benda Konkrit Pada Anak Usia Dini.†Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education 3 (1): 85–96.
Malapata, Elisa, and Lanny Wijayanigsih. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Lumbung Hitung.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3 (1): 283. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.183.
Masna. 2016. “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pengenalan Huruf Melalui Media Kartu Huruf Pada Kelompok B KB Anggrek Muara Badak Tahun Ajaran 2015 / 2016.†Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini 1 (1).
Suryaningsih, Ni Made Ayu, and Ni Luh Rimpiati. 2018. “Implementation of Game-Based Thematic Science Approach in Developing Early Childhood Cognitive Capabilities.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2 (2): 253. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.90.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini (Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya). Jakarta: Jakarta: Kencana.
Veryawan, Siti Habsari Pratiwi, and Ubaidillah. 2020. “Kegiatan Usab Abur Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini.†Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini 3 (2): 112–25.
Zaman, Badru, and Asep Hery Hernawan. 2016. Media Dan Sumber Belajar PAUD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia DIni. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.