Komunikasi Guru dan Orang Tua dalam Mengembangkan Pembiasaan Ucapan yang Baik terhadap Anak
DOI:
https://doi.org/10.35473/ijec.v3i2.966Keywords:
Komunikasi, pembiasaan, ucapanAbstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi terdapatnya beberapa anak yang menggunakan ucapan kasar dan berteriak-teriak dengan keras ketika bermain bersama temannya. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana komunikasi guru dan orang tua dalam mengembangkan pembiasaan ucapan yang baik terhadap anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini yaitu enam orang guru kelas dan sepuluh orang wali murid kelas B1 Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Padang Panjang. Cara untuk mengumpulkan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan teknik triangulasi data. Penelitian ini menemukan bahwa memang adanya komunikasi guru dan orang tua dalam mengembangkan pembiasaan ucapan yang baik terhadap anak. Strategi atau cara yang dilakukan guru yaitu memahami karakterstik anak, menjalin kelekatan, menjadi teladan bagi anak, menggunakan metode bernyanyi dan bercerita, mengaitkan setiap pembelajaran dengan pembiasaan ucapan yang baik, serta menjalin kolaborasi dengan orang tua untuk mengembangkan pembiasaan ucapan yang baik tersebut dirumah. Sedangkan strategi atau cara yang dilakukan orang tua yaitu menjadi model dan mencontohkan kepada anak ucapan-ucapan yang baik. Maka dapat disimpulkan bahwa komunikasi guru dan orang tua dalam mengembangkan pembiasaan ucapan yang baik terhadap anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Padang Panjang sudah mulai berjalan dengan baik karena jalinan komunikasi yang dilakukan guru dan orang tua terhadap anak serta adanya kerjasama dari guru dan orang tua dalam upaya mengembangkan pembiasaan ucapan yang baik di sekolah maupun di rumah.      Â
Abstract
This research was motivated by the presence of several children who used harsh speech and shouted loudly when playing with their friends. This study aims to determine how the communication between teachers and parents in developing good speech habits for children in Aisyiyah Bustanul Athfal Kindergarten, Padang Panjang. This type of research is descriptive qualitative, the subjects of this study are six class teachers and ten guardians of class B1 Aisyiyah Bustanul Athfal Kindergarten, Padang Panjang. The way to collect the data that the researcher uses is observation, interview and documentation, while the data analysis technique is done by using data triangulation technique. This study found that there is indeed teacher and parent communication in developing good speech habits for children. The strategies or methods used by the teacher are understanding children's characteristics, establishing attachment, being role models for children, using singing and storytelling methods, linking each learning with good speech habits, and collaborating with parents to develop good speech habits at home. Meanwhile, the strategy or method used by parents is to become a model and give examples to children good words. So it can be concluded that the communication between teachers and parents in developing good speech habits for children in Aisyiyah Bustanul Athfal Kindergarten, Padang Panjang has started to run well because of the communication between teachers and parents towards children and the cooperation of teachers and people. parents in an effort to develop good speech habits at school and at home.
References
Amelia, Rizki. (2011). Pola komunikasi guru dan murid dalam mengenalkan kalimat thayyibah pada Paud Amanah di Benda Tangerang.
Andrianto, D. (2011). Komunikasi Dengan Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Aprilia, Dwi Retno dan Aisyah. (2017). Menjadi Orang tua Terbaik Untuk Anak Dengan Metode Pengasuhan Yang Tepat. Seminar Nasional Pendidikan –Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Asmaai, M. (2019). Komunikasi Orangtua Dan Anak (Studi Kasus Pada Keluarga Beda Agama). Jurnal Dakwah Tabligh, 20(2), 201-215.
Awengki, A. (2017). Bentuk-Bentuk Implementasi Nilai-Nilai Kato Nan Ampek Dalam Pasukuan Caniago Di Jorong Tangkit Nagari Ampang Kuranji Kabupaten Dharmasraya (Doctoral dissertation, STKIP PGRI Sumatera Barat).
Azhar, K., & Sa’idah, I. (2017). Studi analisis upaya guru Akidah Akhlak dalam mengembangkan potensi nilai moral peserta didik di MI Kabupaten Demak. Al-Ta'dib, 10(2).
Azzahra, N. A., Hardika, H., & Kuswandi, D. (2019). Pola Komunikasi Guru dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 137-142.
Budiarti, M. (2019, December). Membangun Komunikasi Positif Orangtua Dengan Anak Usia Dini Di Era Digital. In Seminar Nasional Paud 2019 (Pp. 175-180).
Dhiniyah, U. A. (2020). Membangun Karakter Sopan Santun Dan Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini. eL-SANTRY: Jurnal Mahasiswa Pendidikan, Syariah dan Ushuludin, 1(1), 30-39.
Dian, Ibung, P. S. I. (2013). Mengembangkan nilai moral pada anak. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Djamarah, S. B. (2004). Pola komunikasi orang tua dan anak dalam keluarga (sebuah perspektif pendidikan Islam). Rineka Cipta.
Faisal, V. I. A. (2019). Impementasi Komunikasi Efektif Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Di Tk Rumah Citta Yogyakarta. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kependidikan, 20(1),
Guntur, M. Y. H. (2014). Komunikasi Interpersonal antara Guru dan Murid TK tentang Pendidikan Seks Usia Dini. Jurnal Eproc, 4.
Ihsani, N., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). Hubungan metode pembiasaan dalam pembelajaran dengan disiplin anak usia dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 105-110.
Kamuh, R. (2016). Peran Komunikasi Keluarga dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Sekolah di Desa Bongkudai Timur Kecamatan Mooat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(5).
Khadijah, K. (2020). Pola Kerja Sama Guru Dan Orangtua Mengelola Bermain Aud Selama Masa Pandemi Covid-19. Kumara Cendekia, 8(2), 154-170.
Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 1-15.
Khoirot, U. (2012). Perbedaan perkembangan penalaran moral anak di lingkungan pesisir pantai dan dataran tinggi di Kabupaten Tuban (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Kurniawati, Amelia. (2013). Pola komunikasi guru dan orang tua dalam pembinaan karakter murid di taman kanak-kanak El-Fikri Yayasan Kahfi Tangerang Selatan. repository.uinjkt.ac.id.
Maharani, L. (2014). Perkembangan Moral pada Anak. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 1(2), 93-98.
Masruroh, F. (2019). Optimalisasi Pengelolaan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 4(1), 59-66.
Mohibu, A. (2015). Peranan Komunikasi Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak (Suatu Studi Di Desa Buo Kec. Loloda Kab. Halmahera Barat). Acta Diurna Komunikasi, 4(4).
Muthmainnah, M. (2012). Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Pribadi Anak yang Androgynius Melalui Kegiatan Bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1).
Muthoharoh, F. (2019). Implementasi Pengembangan Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini di Kelompok TK-B Sekolah Alam Bintaro Tahun Ajaran 2018/2019. (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Nisa, H. (2016). Komunikasi yang Efektif Dalam Pendidikan Karakter. UNIVERSUM: Jurnal KeIslaman dan Kebudayaan, 10(1).
Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books.
Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2018). Kajian Tentang Efektivitas Pesan dalam Komunikasi. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 3(1), 90-95.
Prasanti, D., & Fitriani, D. R. (2018). Building Effective Communication Between Teachers and Early Children In PAUD Institutions. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 262-269.
Priyanto, A. (2014). pengembangan kreativitas pada anak usia dini melalui Aktivitas bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, (2).
Sari, A., Hubeis, A. V. S., Mangkuprawira, S., & Saleh, A. (2010). Pengaruh pola komunikasi keluarga dalam fungsi sosialisasi keluarga terhadap perkembangan anak. Jurnal KMP (Jurnal Komunikasi Pembangunan), 8(2).
Satiadarma, M. P. (2001). Persepsi Orang Tua Membentuk Perilaku Anak: Dampak Pygmalion di dalam Keluarga. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Shochib, M. (2010). Pola asuh orang tua (Dalam membantu anak mengembangkan disiplin diri sebagai pribadi yang berkarakter). Jakarta: Rineka Cipta.
Siswanto, H. (2018). Pentingnya Pendidikan Moral Sejak Anak Sekolah Dasar. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 111-119.
Snomwong, Aseeyah. (2018). Peran komunikasi antara anak dan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Pressindo. Untuk Penelitian Yang Bersifat: CNN Indonesia, 2017. Program Keluarga Eksploratif, Enterpretif, Interaktif Dan Harapan Diklaim Efektif Tekan Konstruktif. Alfabeta. Bandung.
Sujiono, Yuliani Nurani dan Bambang Sujiono. (2005). Menu pembelajaran anak usia dini. Jakarta: Citra Pendidikan.
Suryana, D. (2014). Hakikat anak usia dini. Dasar-dasar Pendidikan TK.
Susanto, A. (2015). Bimbingan dan konseling di taman kanak-kanak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Walidin, W., & Idris, S. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. Aceh: FTK Ar-Raniry Press.
Winata, W. (2018). Peningkatan Pengucapan Kalimat Thoyyibah Melalui Reality Story Book di Taman Kanak-kanak Lab School FIP UMJ. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(2), 118-132.
Yunus, Yuniarty. (2014). Pola komunikasi guru pendidikan anak usia dini (studi kasus pada paud (pendidikan anak usia dini) Terpadu pertiwi sul-sel).
Yusuf, A. (2021). Pesantren Multicultural Model Pendidikan Karakter Humanis-Religius di Pesantren Ngalah Pasuruan. PT. RajaGrafindo Persada.
Yusuf, A. M. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Jakarta: Prenada Media.
Zikri, R. (2016). Peran orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan bahasa anak fase golden age. Al-Lisan: Jurnal Bahasa (e-Journal), 1(1), 109-130.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia DIni. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.