Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Tarusan
DOI:
https://doi.org/10.35473/ijec.v3i2.980Abstract
Tujuan dari penelitian ini guna mengetahui pelaksanaan belajar dari rumah (BDR) terhadap perkembangan kreativitas anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Perwiti Tarusan, kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Belajar dari rumah (BDR) terhadap perkembangan Kreativitas anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Tarusan, dan evaluasi penilaian Belajar dari rumah (BDR) terhadap perkembangan kreativitas anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Tarusan. Penelitian ini memakai metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data memakai wawancara, observasi, serta dokumentasi guna mendapatkan hasil yang akurat. Analisis data diadakan yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta pengambilan. Teknik keabsahan data memakai teknik triangulasi. Berdasarkan hasil dari penelitian yang diadakan di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Tarusan berjalan kurang efektif karena anak tidak merasakan suasana belajar seperti di sekolah sehingga menyebabkan anak susah untuk diajak belajar di rumah dan anak cepat merasa bosan belajar di rumah. Pada kegiatan pengembangkan kreativitas anak yang dilaksanakan oleh guru bisa terlihat kemampuan anak dalam melakukan kegiatan seperti menggambar, melipat, menempel, kegiatan kolase dan lainnya. Kendala yang dihadapi guru selama pembelajaran jarak jauh di masa pandemic ini yaitu kurangnya pengalaman guru mengenai pembelajaran jarak jauh sehingga menggunakan metode pembelajaran yang kurang menarik minat anak dalam belajar, kurang memiliki kesiapan dalam memberikan pembelajaran melalui daring terlihat dari tidak adanya pembaharuan rancangan pembelajaran harian, serta guru kesulitan dalam memberikan penilaian kepada anak karena guru hanya menerima hasil akhir tugas bukan dari proses anak mengerjakan tugas.References
Monica, Ara dan Mayar, F. 2019. Strategi Guru PAUD Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), 1217-1221
Ayriza, Y dan Wardani, A. 2021. Analisis Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Miranda, D. 2016. Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di Kota Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospektif, Vol. 1 No. 1 Hal 62
Kurniasari, A, Pribowo, dkk. 2020. Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246-253.
Astuti, Yuli. 2020. Tantangan Guru dan Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1441-1463
Prasetyo, I dan Satrianingrum P. A. 2021. Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Lestari, Kasihani dan Harun. 2021. Strategi Taman Kanak – Kanak Dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Masa Pandemi Di Kecematan Nanga Piinoh. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Permendikbud Nomor 15 Tahun 2020 Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Diseases (COVID-19). 2020. Jakarta: Kemendikbud.
Morrison, S. 2016. Dasar Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 5. Jakarta: PT Indeks
Suyadi, dan Maulidya Ulfah. 2013. Konsep Dasar Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rakimahwati. 2012. Model Pembelajaran Sambil Bermain pada Anak Usia Dini. Padang: UNP Press
Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga
M .B, Uno, Hamzah. 2009. Model pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. 2015. Penelitian Pendidikan, Jenis Metode Dan Prosedurnya. Jakarta: Penerbit Prenada media Group.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sujiono dan Nurani, Y. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia DIni. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.