IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI TK NEGERI 1 KABUPATEN SINTANG

Authors

  • Fransiska siska PG-PAUD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Jl. Pertamina Sengkuang Km 4. Sintang Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v3i2.998

Keywords:

implementasi, kurikulum 2013, Taman Kanak-Kanak

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dari implementasi kurikulum 2013 di TK Negeri 1 Kabupaten Sintang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian ini meliputi 5 orang yang terdiri dari 1 kepala sekolah dan 4 orang guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran meliputi Program Tahunan (Prota), Program Semester (Prosem), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) dan model pembelajaran yang digunakan adalah area dan kelompok. 2) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan tematik integratif dan saintifik. 3) Evaluasi Kurikulum 2013 berkaitan dengan penilaian pada perkembangan siswa dilakukan melalui observasi, catatan anekdot, percakapan, penugasan, unjuk kerja dan hasil karya dari peserta didik.

Kata Kunci:

implementasi, kurikulum 2013, Taman Kanak-Kanak

 

Abstract

This study aims to describe the planning, implementation and evaluation of the curriculum 2013 at TK Negeri 1 Sintang Regency. This study uses a qualitative approach with a type of case study research. The subjects of this study included 5 peoples consisting of 1 principal and 4 teachers. The techniques of data collection were observation, interview, and documentation. The results showed that: 1) The  learning and planning includes the Annual Program (Prota), Semester Program (Prosem), Weekly Learning Implementation Plans (RPPM) and Daily Learning Implementation Plans (RPPH) and the learning model used is regions and groups. 2) The implementation of learning using an integrative and scientific thematic approach. 3) Evaluation of the curriculum 2013 is related to the assessment of student development which is carried out through observations, anecdotal notes, conversations, assignments, performance and results of students.

Keywords:

implementation, curriculum 2013, kindergarten

References

Atikah, C., Rosidah, L, Wardhani, D.K. 2017. Implementasi Penerapan Kurikulum 2013 di TK. JPP PAUD UNTIRTA. 4(1) : 1-10.

Creswell W. J. 2013. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2007. Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Halimah, L. 2016. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Refika Aditama.

Hamalik, O . 2012. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Leksono, F.D, Sulton & Susilaningsih. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 PAUD di TK TPI Nurul Huda Malang Kelompok A1. JINOTEP. 4(2) : 126-131.

Lisa, R.A. 2018. Analisis Pembelajaran Klasikal Semi Kelompok Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini 5-6 tahun di TK Aisyiyah 1 Surabaya. Pedagogia: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini. 4(1) : 90-103.

Miles, M.B., Huberman, A.M, & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Amerika Serikat: SAGE.

Moleong, L.J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Morrison, G.S. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Indeks.

Mutiah, D. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.

Rahardjo, M.M. 2019. Implementasi Pendekatan Saintifik sebagai Pembentuk Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 9(2) : 148-159.

Rusman & Abdulhak, I. 2019. Curriculum Implementation at Kindergarten A Study on “Best Practices†Done by Kindergarten Teachers in Planning, Implementing, and Evaluating the Curriculum. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. Vol. 178.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Sujiono, Y.N. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Downloads

Published

2021-08-01

How to Cite

siska, F. (2021). IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI TK NEGERI 1 KABUPATEN SINTANG. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(2), 152–163. https://doi.org/10.35473/ijec.v3i2.998

Issue

Section

Articles