Analisis Alur Pendaftaran Pasien Rawat Jalan pada Masa Pandemi Covid-19 di Puskesmas Sarijadi

Authors

  • Maulinnisaa Tiur R.N Universitas Bandung
  • Encep Yayat Universitas Bandung
  • Agung Rachmat Raharja Universitas Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35473/ikn.v1i2.3111

Keywords:

Alur pendaftaran, Pandemi Covid-19, Pasien Rawat Jalan, Sebelum Pandemi

Abstract

Health center services have made many changes to anticipate the potential increase in Covid-19 cases. In addition to services in virtual form, direct services to the community are also carried out by complying with established health protocols. Outpatient Registration is a functional unit that handles the admission of patients receiving outpatient treatment at the puskesmas. Problems that arise related to the outpatient registration process are the lack of public knowledge with the renewal of the registration flow during the Covid- 19 period using a hotline or online examination and taking drugs directly to the puskesmas at a time determined by the doctor. The purpose of this study was to identify the outpatient registration flow before, during and differences in the flow during the covid-19 pandemic. This study uses qualitative methods in the form of words with descriptive research. The subjects in this study were taken using a purposive sampling method with the main informants being the Head of the Public Health Center and the Head of Subsection TU. Based on this research, there are differences in the outpatient registration flow before and during the pandemic, where before the pandemic the patient did an examination directly at the puskesmas, during a pandemic the flow used is a hotline or consultation to conduct online consultations.

 

ABSTRAK

Pelayanan puskesmas telah banyak melakukan perubahan untuk mengantisipasi potensi peningkatan kasus Covid-19. Selain pelayanan dalam bentuk virtual, pelayanan langsung kepada masyarakat juga dilaksanakan dengan memenuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Pendaftaran Rawat Jalan merupakan unit fungsional yang menangani penerimaan pasien yang berobat rawat jalan di puskesmas. Permasalahan yang timbul berkaitan dengan proses alur pendaftaran pasien rawat jalan ialah kurangnya pengetahuan masyarakat dengan adanya pembaharuan alur pendaftaran pada masa covid-19 menggunakan hotline atau pemeriksaan secara online dan pengambilan obat langsung ke puskesmas dengan waktu yang telah ditentukan dokter. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi alur pendaftaran rawat jalan sebelum, saat dan perbedaan alur saat pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam bentuk kata dengan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dengan informan utama ialah Kepala Puskesmas dan Ka Subbag TU. Berdasarkan penelitian ini terdapat perbedaan pada alur pendaftaran rawat jalan sebelum dan saat pandemi dimana sebelum pandemi pasien melakukan pemeriksaan langsung di puskesmas, saat pandemi alur yang digunakan ialah hotline atau konsultasi melakukan konsultasi secara online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambar T. Sulistiyani dan Rosidah. 2017, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Graha Ilmu

Dr. Dian Ayubi, SKM, MQIH. 2020. Promosi Kesehatan di Era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)

JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT (e-Journal) Volume 7, Nomor 1, Januari 2019 (ISSN: 2356-3346)

Kemkes RI. 2020. Petunjuk Teknis Pelayanan Puskesmas Pada Masa Pandemi Covid-19

Mariani, Retno. 2010. Analisis Penerapan Standard Operating Procedure (SOP) Pada Pelayanan Pendaftaran Di Puskesmas Srondol, Kota Semarang Tahun 2010. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mona, N. (2020). Konsep Isolasi Data Jaringan Sosial Untuk Memanimalisasi Efek Contajious (Kasus Penyebaran Virus Corona di Indonesia). Sosial Humaniora Terapan, 117-125 Vol 2 No 2.

Mukhadiono, Widyo Subagyo. 2011. “Pengaruh Prosedur Dan Fasilitas Pelayanan Terhadap Kualitas Pelayanan Peserta Program Jamkesmas Di Puskesmas 1 Cilongok.” Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing) 6(1):56–61.

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Sinto, R., ... Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019 : Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45–67.

WHO. (2020). Coronavirus disease 2019 (COVID-19) situation report-94. WHO.

Widiani, R. (2020). Latar Belakang Virus Corona, Perkembangan Hingga Isu Terkini. Retrieved from detikNews: https://news.detik.com/berita/d- 4943950/latar- belakang-virus-corona- perkembangan-hingga-isu-terkini

Peraturan Perundang-Undangan

Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19

Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 Tentang Penetapan Bencana Non-Alam Penyebaran Covid-19 Sebagai Bencana Nasional

Peraturan Menteri Pemerintahan dan Aparatur Negara Nomor 35 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan.

Peraturan Menteri Pemerintahan dan Aparatur Negara Nomor 35 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan. Dalam hal pemerintahan, SOP bermanfaat untuk membantu kinerja pemerintah untuk lebih efektif dan efisien dalam pelayanan masyarakat.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Permenkes No 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang mengatur tentang prinsip-prinsip pemerintahan yang baik yang merupakan efektifitas fungsi-fungsi pemerintahan itu sendiri.

Downloads

Published

2024-08-21

How to Cite

Maulinnisaa Tiur R.N, Encep Yayat, & Agung Rachmat Raharja. (2024). Analisis Alur Pendaftaran Pasien Rawat Jalan pada Masa Pandemi Covid-19 di Puskesmas Sarijadi. Jurnal Informatika Dan Kesehatan, 1(2), 61–71. https://doi.org/10.35473/ikn.v1i2.3111