Basis Data untuk Meningkatkan Efisiensi Manajemen Produk pada UMKM Online

Authors

  • Diva Riyandini Universitas Ngudi Waluyo
  • Lailatul Fadhila Universitas Ngudi Waluyo
  • Agung Wibowo Universitas Ngudi Waluyo
  • Eko Nur Hermansyah Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/ikn.v2i1.3690

Keywords:

Basis Data, UMKM

Abstract

Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) play a crucial role in Indonesia's economy by contributing significantly to GDP and job creation. With the advancement of information technology, the use of data is becoming increasingly important to enhance product management effectiveness for MSMEs operating online. Through the utilization of data, MSMEs can track inventory in real-time, avoid overstocking, and better understand customer preferences and behavior. Additionally, optimizing the supply chain can reduce operational costs, while data-driven decision-making ensures that strategies are more accurate and responsive to market dynamics. Efforts to improve customer experience through more personalized services can also strengthen customer loyalty. Therefore, data has become a vital tool in supporting the growth and competitiveness of MSMEs in the digital age.

 

ABSTRAK

UMKM memiliki peranan krusial dalam ekonomi Indonesia dengan memberikan andil besar terhadap PDB serta dalam penciptaan lapangan kerja. Dengan kemajuan teknologi informasi, penggunaan data semakin penting untuk meningkatkan efektivitas manajemen produk bagi UMKM yang berjalan di dunia daring. Melalui pemanfaatan data, UMKM dapat melacak persediaan secara langsung, menghindari penumpukan barang, serta lebih memahami selera dan perilaku pelanggan. Selain itu, pengoptimalan rantai distribusi dapat menurunkan biaya operasional, sementara keputusan yang didasarkan pada data memastikan bahwa strategi yang diambil lebih akurat dan responsif terhadap dinamika pasar. Usaha untuk meningkatkan pengalaman pelanggan melalui layanan yang lebih personal juga dapat memperkuat kesetiaan para konsumen. Oleh karena itu, data menjadi instrumen vital dalam mendukung kemajuan dan daya saing UMKM di zaman digital ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfian, A., Khairana, C., Suryana, N., Putra, K., Widyastuti, N., Sophia, M., & Husni, S. (2023). PENGEMBANGAN STRATEGI DAN PROGRAM BISNIS UMKM BERBASIS DIGITAL DALAM MEMBUKA PELUANG PASAR: MOMENTUM PANDEMI COVID-19. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 12(2), 262–273.

Alfina, S., Alhada, M., Habib, F., Sayyid, U., & Tulungagung, A. R. (n.d.). Peran Pemasaran Media Sosial Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Ohpolaroid.Id Tulungagung.

Ardian Nugraha, E., & Aziz, R. A. (n.d.). SEMINAR NASIONAL AMIKOM SURAKARTA (SEMNASA) 2024 SISTEM MANAJEMEN PERSEDIAAN STOK BARANG BERBASIS WEB YANG MENINGKATKAN EFISIENSI STOK BARANG Prodi S1 Informatika, STMIK Amikom Surakarta 12 Sukoharjo Indonesia.

Febriyani, E., Mukodimah, S., & Muslihudin, M. (2024). SISTEM INFORMASI PEMASARAN PRODUK UMKM BERBASIS WEBSITE. In Technology Acceptance Model) Jurnal TAM (Vol. 15, Issue 1). P ISSN.

Hansyah, S., Zai, D., Irwan, M., & Nasution, P. (2024). Peran Basis Data Dalam Transformasi Digital di Era Industri. Journal of Sharia Economics Scholar (JoSES), 20(2), 84–86. https://doi.org/10.5281/zenodo.12528183

Liu, E., & Sukmariningsih, R. M. (2021). MEMBANGUN MODEL BASIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL BAGI UMKM DALAM MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ius Constituendum |, 6.

Rahman Hakim, A., & Komputer, I. (2024). BASIS DATA TERDISTRIBUSI: ARSITEKTUR, MANAJEMEN, DAN TANTANGAN IMPLEMENTASI. In Duniadata.org (Vol. 1, Issue 2).

Suci Arlita, D., Lawita, N. F., Akuntansi, J., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Riau, U. M. (n.d.). Pengembangan dan Keuntungan Basis Data Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pada Dinas Koperasi Kota Pekanbaru.

Tri Artanto, A., Haryono, N., Sholihatin, E., & Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, U. (n.d.). Digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam Membangun Ketahanan Bisnis di Era New Normal Digitalization of Micro, Small and Medium Enterprises in Building Business Resilience in the New Normal Era (Vol. 3, Issue 2). https://e-journal.unair.ac.id/JGAR/index

Sudrartono, T., Nugroho, H., Irwanto, Agustini, I. G. A. A., Yudawisastra, H. G., Maknunah, L. U., Amaria, H., Witi, F. L., Nuryanti, Sudirman, A. (2022). Kewirausahaan UMKM di Era Digital. Widina Bhakti Persada: Bandung.

Hoetoro, A., & Satria, D. (2020). Ekonomi cerdas: Kewirausahaan UMKM 4.0. UB press: Malang.

Gunawan, A., & Syahrir, I. (2020). Cara Indonesia menangani pandemi COVID-19 dan dampaknya terhadap perekonomian. Jakarta.

Hanggraeni, D., & Hadiyanti, N. F. (2021). Strategi bisnis dan manajemen risiko dalam pengembangan UMKM di Indonesia. IPB Press: Bogor.

Ayodya, Wulan, dan Dionisia Putri. UMKM 4.0: Strategi UMKM Memasuki Era Digital 4.0. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2021.

Widyatmoko, Agoeng. 100 Peluang Usaha untuk Bisnis Sampingan Maupun Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Mediakita, 2006.

Damayanti, Ema, Rahmi Lestari Helmi, Yuniar Khasanah, Muhamad Kurniadi, dan Dhevi EIR Mahelingga. Modified Cassava Flour (MOCAF): Optimalisasi Proses dan Potensi Pengembangan Industri Berbasis UMKM. LIPI Press, 2020.

Machmud, T. M. Zakir. Rekomendasi Kebijakan UMKM di Indonesia. Friedrich-Naumann-Stiftung Für Die Freiheit, 2011.

Downloads

Published

2025-02-19

How to Cite

Diva Riyandini, Lailatul Fadhila, Agung Wibowo, & Eko Nur Hermansyah. (2025). Basis Data untuk Meningkatkan Efisiensi Manajemen Produk pada UMKM Online. Jurnal Informatika Dan Kesehatan, 2(1), 28–36. https://doi.org/10.35473/ikn.v2i1.3690