Hubungan Dukungan Keluarga dengan Perilaku Lansia dalam Pengendalian Hipertensi

Authors

  • Nensy Lavenia Tamu Ina Universitas Ngudi Waluyo
  • Umi Setyoningrum Universitas Ngudi Waluyo

Keywords:

Dukungan Keluarga; Perilaku Pengendalian Hipertensi; Lansia

Abstract

Hipertensi merupakan penyakit tidak menular yang sering disebut sebagai silent killer. Seiring terus meningkat angka kejadian yang akhirnya menambah jumlah angka kematiannya. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah dukungan keluarga. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan tindakan lansia dalam pengendalian hipertensi di Puskesmas Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Desain penelitian ini deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional.Populasi dalam penelitian ini adalah lansia penderita hipertensi di Puskesmas Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang yaitu sebanyak 95 lansia dengan sampel sebanyak 49 orang yang diambil dengan teknik accidental sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Data di analisis menggunakan uji kendall’s tau dihitung menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan keluarga pada lansia sebagian besar kategori baik (67,3%).Tindakan lansia dalam pengendalian hipertensi sebagian besar kategori baik (51,0%). Terdapat hubungan positif yang bermakna dukungan keluarga dengan tindakan lansia dalam pengendalian hipertensi, didapatkan nilai ι sebesar 0,543 (positif) dan pvalue sebesar 0,000 < 0,05 (α). Bagi penderita hipertensi dianjurkan memperbaiki perilaku diet yaitu memasak sendiri makanan yang dikonsumsi sehingga dapat mengendalikan asupa garam.

Author Biographies

Nensy Lavenia Tamu Ina, Universitas Ngudi Waluyo

keperawatan

Umi Setyoningrum, Universitas Ngudi Waluyo

keperawatan

References

Cahyawaty, M. I. (2019). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Perilaku Lansia dalam Pengendalian Hipertensi di Wilayah Puskesmas Pilangkenceng Kabupaten Madiun. STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun.

Dayanti, N. K. (2016). Hubungan antara Dukungan Keluarga dengan Motivasi Lansia dalam Pengontrolan Hipertensi di Posyandu Mawar Merah Wilayah Kerja Puskesmas Juanda Kelurahan Air Hitam. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Samarinda.

Friedman. (2014). Buku Ajar Keperawatan Keluarga (5th ed.). Jakarta: EGC.

Herlinah, L., Wiarsih, W., & Rekawati, E. (2013). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Perilaku Lansia Dalam Pengendalian Hipertensi. Jurnal Keperawatan Komunitas, 1(2), 104172.

Kellicker & Buckley, K. &. (2013). Stroke complications : Deep Venous thrombosis. Glendale. California: Cinahl information sistem.

Kemenkes RI., K. (2017). Situasi dan Analisis Lanjut Usia. Retrieved from https://pusdatin.kemkes.go.id/article/vie w/16092300002/infodatin-situasi-lanjut- usia-lansia-di-indonesia.html

Kementerian Kesehatan RI. (2019). Infodatin. Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. Hipetensi si Pembunuh Senyap. Jakarta.

Marliani, Lili. & Tantan, S. (2017). 100 Questions & Answers Hipertensi. Jakarta: Gramedia.

Miller. (2015). Nursing Care of Older Adult, Theori and Practice. 2ndEd. Philadelphia: J.B Lippincott Co.

P2PTM Kemenkes RI, P. K. (2019). Kendalikan Hipertensi dengan PATUH. Apa itu PATUH? Retrieved from Kementerian Kesehatan RI. http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic- p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan- pembuluh-darah/kendalikan-hipertensi- dengan-patuh-apa-itu-patuh

Prisdiantika, L. (2015). Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Perilaku Pengendalian Hipertensi Pada Lansia Di Desa Jerukgulung Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun. Journal of Holistic and Traditional Medicine, 01(01), 6–14.

Setiadi. (2018). Konsep & proses keperawatan keluarga. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Soesanto, E. (2021). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Upaya Perawatan Kesehatan Lanjut Usia Hipertensi dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat STIKES Cendekia Utama Kudus, 10(2), 170–179. Retrieved from htpp://jurnal.stikescendekiautamakudus.a c.id

Suadi, A. (2015). Sistem Pengendalian Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Susriyanti. (2014). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Perilaku Perawatan Hipertensi pada Lansia di Gamping Sleman Yogyakarta. Sekolah tinggi ilmu kesehatan ‘aisyiyah yogyakarta.

Wahyu, N. (2014). Hubungan antara dukungan keluarga dan self care management lansia dengan hipertensi di Posyandu Lansia Kelurahan Manyar Sabrangan Surabaya. Indonesian Journal of Community Health Nursing., 3(1), 79–88.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Lavenia Tamu Ina, N., & Setyoningrum, U. (2023). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Perilaku Lansia dalam Pengendalian Hipertensi . Jurnal Keperawatan Berbudaya Sehat, 1(1), 1–8. Retrieved from https://jurnal.unw.ac.id/index.php/JKBS/article/view/2148