Relaksasi Otot Progresif Meningkatkan Kualitas Tidur Mahasiswa Keperawatan yang Mengerjakan Tugas Akhir
DOI:
https://doi.org/10.35473/jkbs.v1i1.2161Keywords:
mahasiswa keperawatanAbstract
Mahasiswa rentang mengalami stress sehingga mengakibatkan gangguan tidur ketika menyelesaikan tugas akhir. Hal ini mengakibatkan kebutuhan istirahat tidak terpenuhi dengan baik sehingga mengakibatkan kualitas tidur yang buruk. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan suatu kontrol untuk meningkatkan kualitas tidur mahasiswa melalui latihan relaksasi otot progresif. Relaksasi otot progresif dapat menurunkan kadar norepinefrin, mengurangi kontraksi jantung dan menstimulasi nukleus suprakiasmatik untuk menimbulkan rasa nyaman dan meningkatkan kualitas tidur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi relaksasi otot progresif terhadap peningkatan kualitas tidur pada mahasiswa. Desain penelitian adalah eksperimen semu dengan kelompok control non equevalent. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 34 mahasiswa yang terbagi menjadi 17 kelompok kontrol dan 17 kelompok intervensi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kuesioner Indeks Kualitas Tidur Pittsburgh digunakan dalam alat pengumpulan data, dan intervensi terdiri dari relaksasi otot progresif selama 3 hari berturut-turut. Analisis data menggunakan independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relaksasi otot progresif berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kualitas tidur mahasiswa dengan p-value 0,000 (α=0,05) mahasiswa dengan insomnia dapat melakukan latihan relaksasi otot progresif untuk meningkatkan kualitas tidur mereka.
References
Bertens, K. K. (2019). Filsafat Kontemporer. Jakarta: Gramedia.
Black, M. J., & Hawks, H. J. (2014). Medical Surgical Nursing . Singapore: Elsevier.
Buysse, D. J., Reynolds, C. F., Monk, T. H., & Berman, S. (1988). The Piitburgh Sleep Quality Index: A New Instrument in Psychiatric and Research. Psychiatric Research, 193-213.
Demiralp, oflaz, & Komurcu. (2018). Effects of relaxation training on Sleep Quality and Fatique in Patient with Breast Cancer Undergoin adjuvan Cemotherapy. Journal of Clinical Nursing, 1073-1083.
Kozier, B. E. (2014). Fundamental of Nursing. England: Pearson.
Lubis, & Nurlaila. (2015). Mengapa Tingkat Stres Pelajar Makin Tinggi. Jakarta: Vivian News.
Morgenthaler TI, T., Kapen , S., Lee, C. T., & Alessi , T. (2019). Practice Parameter The Medical Therapy of Obstructive Sleep Apnea. Standarts of Practice Commitee of the American Academy of Sleep Medicine, 1031-1035.
Nifilda, H., Nadjmir, & Hardisman . (2014). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter. Jurnal FK UNAND, 17-24.
Pitaloka, R. D., Gamya, T. U., & Novayelinda. (2015). Hubungan kualitas Tidur dengan Tekanan Darah dan Kemampuan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan UNRI. Jurnal UNRI, 46-54.
Potter, P. A., & Perry, A. G. (2020). Fundamental of nursing; Ninth Edition. singapora: elsevier.
Rahman, A. (2014). Pengaruh Terapi Relaksasi Otot Progresif Terhadap Kualitas Tidur Pada Lansia Di Panti Sosial Tresna Wredha Unit Abiyoso Pakem Sleman Yogyakarta. OPAC UNISA.
Robortham, D. (2018). Stress Among Higer Education Students: Towards a Research. Spring Science and Media , 735-746.
Saedi et all . (2014). The effect of Progressive Muscle Relaxation on Sleep Quality of Patient Undergoing Hemodialysis. Iranian Journal of Critical Care Nursing, 23-28.
Saeedi, M., A., T., Kiarash, S., Farid, Z., & Sedighe, A. A. (2014). The Effect of Progressive Muscle Relaxation on Sleep Quality Of Patients Undergoing Hemodialysis. Iranian Journal of Critical Care Nursing, Vol. 5, No.1, 23-28.
Smith, M., & Segal, R. (2018). How Much Sleep Do You Need Slepp Cycles & Stages, Lack of Sleep, & Getting the Hours Unit.
Snyder, M., & Lindquist, R. (2014). Complementary Alternative In Nursing, 4th edition. . NewYork: Springer Publishing Company.
Thompson, & Franklin. (2015). The Post-traumatic Insomnia Workbook a step by step program for overcoming sleepproblems after trauma. Oakland: New Harbinger Publications.
Wavy, W. (2015). The Relationship between Time Management, Perceived Stress, Sleep Quality and Academic Performance among University Students. Critical Care Nursing.