Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien

Authors

  • Fransisca Widya Pratiwi Universitas Ngudi Waluyo
  • Mona Saparwati Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/jkbs.v1i1.2162

Abstract

Kepuasan pasien dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu perilaku caring perawat kepada pasien. Perilaku caring perawat sangat penting dalam memenuhi kepuasan pasien, hal ini menjadi salah satu indikator kualitas pelayanan di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan caring perawat dengan kepuasan pasien. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan deskriptif  korelatif dan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Pengumpulan data primer dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner SERVQUAL. Sampel dalam penelitian ini yaitu pasien rawat inap yang sudah menjalani perawatan selama 3-5 hari dengan populasi sebanyak 30 orang dengan menggunakan tehnik total sampling. Analisa yang digunakan yaitu univariate dan bivariate dengan uji Spearman Rank. Hasil uji statistik menggunakan Spearman Rank dengan nilai Signifikansi p= 0,016 < α 0,05. Maka Ho ditolak, yakni ada hubungan antara Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien. Diharapkan perawat dapat meningkatkan perilaku caring, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan.

Author Biographies

Fransisca Widya Pratiwi , Universitas Ngudi Waluyo

Keperawatan

Mona Saparwati, Universitas Ngudi Waluyo

Managemen Keperawatan

References

Ariani TA dan Aini N. (2018). Perilaku caring perawat terhadap kepausan pasien di ruang rawat inap pelayanan keperawatan. E-Journal Online. Volume 9, Nomor 1, Januari 2018.

Gurusinga dan Sibarani. (2011). Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori Untuk Meningkatkan Hasil BelajarSiswa Fakultas Teknik Universitas Satya Negara Indonesia.

Ikafah, & Harniah. (2017). Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Private Care Center RSUP dr Wahidin Sudirohusodo Makasar Ward in Dr . Wahidin Sudirohusodo Hospital Makass. Jurnal Keperawatan, 8(2), 138–146.

Nursalam. (2011). Manajemen Keperawatan (5th ed.). Jakarta: EGC.

Nursalam. (2014). Metodologi penelitian ilmu keperawatan : pendekatan praktis.

Ridwan, A dan Anto, FD. (2014). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Keperawatan (Studi Deskriptif di RSUD Pare Diruang Flamboyan Pare Kabupaten Kediri Tahun 2014). Jurnal Akp. Vol 5, No 2 Desember 2014.

Suroso, J., (2016). Pengembangan Instrumen Caring Keperawatan Gawat Darurat Rumah Sakit. Disertasi. Yogyakarta.

Watson, R., & Hoogbruin, A. (2019). Caring Dimensions Inventory. Assessing and Measuring Caring in Nursing and Health Sciences, 3(1), 42–47. https://doi.org/10.1891/9780826195425.0016

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Widya Pratiwi, F., & Saparwati, M. (2023). Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Keperawatan Berbudaya Sehat, 1(1), 43–46. https://doi.org/10.35473/jkbs.v1i1.2162