Apakah Penggunaan Smartphone Berkaitan dengan Motivasi Belajar anak?

Authors

  • Adi Krisna Saputra Universitas Ngudi Waluyo
  • Suwanti Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/jkbs.v1i2.2213

Keywords:

Anak Usia Sekolah; Smartphone; Motivasi Belajar

Abstract

Situasi perilaku anak-anak yang sudah tercandu dengan smartphone secara langsung bisa mengganggu motivasi belajar dan membuat mereka sulit untuk berkonsentrasi dalam belajar. Penggunaan smartphone yang berlebihan dan diluar kontrol mengakibatkan siswa merasa belajar bukan lagi fokus utama mereka. Realitas ini mengganggu motivasi belajar mereka baik di sekolah maupun di rumah. Tujuan Penelitian adalah mengetahui hubungan  penggunaan smartphone terhadap motivasi belajar anak di Desa Kedung Leper Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional, dengan pendekatan cross sectional. Populasi yang dalam penelitian ini adalah anak usia sekolah yang
berada di Desa Kedung Leper Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara dengan jumlah anak sebanyak 83 orang. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 69 anak. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan uji Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase tertinggi pada variabel penggunaan smartphone termasuk dalam katagori “tinggi” sejumlah 29 anak (42.0%). Frekuensi tertinggi pada variabel tingkat motivasi belajar termasuk dalam katagori “rendah” sejumlah 21 anak (30.4%). Analisa data dengan SpearmanRank didapatkan nilai p-value = 0.000 (α=0.05) yang berarti terdapat hubungan penggunaans smartphone terhadap motivasi belajar anak di Desa Kedung Leper Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Disarankan orang tua lebih bijak dalam mendampingi anak dalam penggunaan smartphone agar motivasi belajar anak tidak menurun.

Author Biography

Suwanti, Universitas Ngudi Waluyo

Family and community department

References

Ardyansyah, S S. 2019. “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Motivasi Belajar Bagi Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Itn Malang.” Jurnal Valtech 2019(2019): 160–65. https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/1907.

Bagania, Wiwin A et al. 2021. “HUBUNGAN PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 LIRUNG KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD.” jurnal KESMAS 10(5): 116–22.

Irfan, Muhammad, Siti Nursiah, and Andi Nilam Rahayu. 2019. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial (Medsos) Secara Positif Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar.” Publikasi Pendidikan 9(3): 262.

Jannah, Nurul, Mudjiran Mudjiran, and Herman Nirwana. 2015. “Hubungan Kecanduan Game Dengan Motivasi Belajar Siswa Dan Implikasinya Terhadap Bimbingan Dan Konseling.” Konselor 4(4): 200.

Maryam, Muhammad. 2016. “Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran.” Lantanida Journal 4(2): 88–97. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/download/1881/1402%0Ahttps://media.neliti.com/media/publications/287678-pengaruh-motivasi-dalam-pembelajaran-dc0dd462.pdf.

Masfiah, Sofi, and Resti Vidia Putri. 2019. “Gambaran Motivasi Belajar Siswa Yang Kecanduan Game Online.” 1(7): 1–8.

Sani, Khairul, and Adi Apriadi Adiansha. 2021. “Smartphone: Bagaimana Pengaruh Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar?” Jurnal Ilmiah Mandala Education 7(2): 175–82.

Sjukur, Sulihin B. 2013. “Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Tingkat SMK.” Jurnal Pendidikan Vokasi 2(3): 368–78.

Warianie, Litra. 2020. “Peranan Penting Guru, Orang Tua Dan Siswa Dalam Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19.” ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya 1(1): 16–29.

Wiguna, Reza Indra et al. 2020. “Hubungan Kecanduan Bermain Game Online Dengan Motivasi Belajar Pada Anak Usia 10-12 Tahun the Relationship of Addiction Playing Online Games With Learning Motivation in Children Age 10-12 Years.” Jurnal Surya Muda 2(1): 18–26.

Downloads

Published

2023-07-26

How to Cite

Krisna Saputra, A., & Suwanti. (2023). Apakah Penggunaan Smartphone Berkaitan dengan Motivasi Belajar anak?. Jurnal Keperawatan Berbudaya Sehat, 1(2), 54–60. https://doi.org/10.35473/jkbs.v1i2.2213

Issue

Section

Articles