Gambaran Keberhasilan Toilet Training Anak dengan Ibu Bekerja pada Anak Usia Toodler
DOI:
https://doi.org/10.35473/jkbs.v2i1.2664Keywords:
Keberhasilan Toilet training; anak usia toodler; ibu bekerjaAbstract
Faktor yang mempengaruhi keberhasilan toilet training seperti peran orang tua, pengetahuan, kesiapan anak dan status pekerjaan ibu. Orang tua salah satunya ibu, ibu mempunyai peran yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Sebab peran ibu dalam toilet training seperti membimbing, mendidik, dan melindungi anak ketika melakukan toilet training sangat dibutuhkan.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Gambaran Keberhasilan Toilet Training Anak Dengan Ibu Bekerja Pada Anak Usia Toodler Di Desa Randugunting Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Desain pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif Analitik. Populasi penelitian ini 96 ibu bekerja yang memiliki anak usia toodler di Desa Randugunting Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik total sampel. Instrument yang digunakan adalah kuesioner keberhasilan toilet training yang telah di lakukan uji validitas. Analisa data menggunakan distribusi frekuensi untuk menggambarkan keberhasilan toilet training anak dengan ibu bekerja pada anak usia toodler. Hasil penelitian didapatkan keberhasilan toilet training anak dengan ibu bekerja pada anak usia toodler di Desa Randugunting Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang yaitu sebanyak 85 responden (88,5%) berhasil menerapkan toilet training pada anak, sehingga diharapkan ibu yang bekerja tetap mampu melaksanakan toilet training kepada anak.
References
Andresni, H., Zahtamal, Z., Septiani, W., Mitra, M., & Lita, L. (2019). Efektivitas Edukasi Toilet
Training terhadap Perilaku Ibu dan Kemampuan Toilet Training Anak Usia 18-36 Bulan. Jurnal
Kesehatan Komunitas, 5(2), 49–55. Downloads%5CDocuments%5C288-Article Text-3025-110-20200602.pdf
Andriyani, S., & Sumartini, S. (2020). Pandangan Orang Tua Tentang Pelaksanaan Toilet Training
Berdasarkan Karakteristik Pendidikan Dan Pekerjaan Pada Anak Usia Toodler Di Kota Cimahi.
Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 15(2), 31. https://doi.org/10.26753/jikk.v15i2.337
Angeline Pieter, D. dan T. P. E. S. (2021). Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Bengkulu. Sereal
Untuk, 8(1), 51.
Arifin, R. F., Abiyoga, A., & Nurhayati, S. (2019). Hubungan perilaku ibu dalam penggunaan diapers dengan kesiapan toilet training pada anak. Jurnal Darul Azhar, 7(1), 38–44. http://jurnal.csdforum.com/index.php/GHS/article/view/160
Arsy, R. S., Suryani, R. L., & Utami, T. (2021). Gambaran Pengetahuan Ibu tentang Toilet Trainning
pada Anak usia1-3 Tahun di Posyandu Nuri Desa Kembaran. 24.
Batubara, Y. A. (2021). Hubungan karakteristik dan pengetahuan ibu dengan kemandirian toilet
training pada anak usia toddler (1-3 tahun) di kelurahan sitamiang kota padangsidimpuan.
Bukhari, Rahmatika L, Hartaty N dan Iskandar. (2017). Hubungan Pengetahuan Orang Tua Tentang Toilet Training Pada Anak Usia 18- Hubungan Pengetahuan Orang Tua Tentang Toilet Training Pada Anak Usia 18 - 36 Bulan Dengan Pelaksanaannya di Desa Gue Gajah Kecamatan Darul Imarah. Jurnal Aceh Medika (April), 86–94.
Dewi, A. (2022). Tentang Toilet Training Pada Anak Usia Toddler. 4(2), 70–77.
Dewi, N. F. K., & Putri, D. R. (2020). Peranan Ibu Bekerja Dalam Menenamkan Kemandirian Anak
Usia 4-5 Tahun. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 12. https://doi.org/10.31000/ceria.v12i1.285