Hubungan Penerapan SOP Penerimaan Pasien Baru dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap

Authors

  • Hendra Ayuba Universitas Muhammadiyah Manado
  • Silvia Dewi Mayasari Riu Universitas Muhammadiyah Manado
  • Norman Alfiat Talib Universitas Muhammadiyah Manado

DOI:

https://doi.org/10.35473/jkbs.v2i1.2786

Keywords:

Kepuasan; Penerimaan Pasien Baru; SOP

Abstract

Standar Operasional Prosedur (SOP) penerimaan pasien baru merupakan pedoman yang berisi tentang proses atau tahapan yang dilakukan oleh perawat dalam menerima pasien baru yang masuk dalam ruangan rawat inap. Tingkat kepuasan pasien merupakan perasaan senang atau bahagia yang dirasakan oleh pasien yang berada di ruang rawat inap terhadap penerapan SOP penerimaan pasien baru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan penerapan SOP penerimaan pasien baru dengan tingkat kepuasan pasien di ruangan rawat inap RSU GMIM Pancaran Kasih Manado. Metode penelitian menggunakan metode analitik korelasional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 45 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Kuesioner. Data dianalisia menggunakan Uji Statistik Chi-Square dengan tingkat kemaknaan 0,05. Hasil penelitian yang didapatkan nilai p=0,000 lebih kecil dari taraf signifikan yaitu 0,05 artinya ada Hubungan Penerapan SOP Penerimaan Pasien Baaru dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruangan Rawat Inap RSU GMIM Pancaran Kasih Manado. Kesimpulan dalam penelitian ini ada hubungan Penerapan SOP Penerimaan Pasien Baru dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruangan Rawat Inap RSU GMIM Pancaran Kasih Manado. Diharapkan perawat dapat melaksanakan penerimaan pasien baru sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan sehingga pasien dan keluarga dapat berperan aktif dalam perawatan dan terjalin  hubungan kerjasama  yang baik antara pasien dan petugas.

References

Asmuji. (2013). Manajemen keperawatan konsep & aplikasi. Yogjakarta: Huta Publisher.

Bayu. (2017). Pengaruh Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien Di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Santa Clara Madiun. http ://repository.stikesbhm.ac.id/ 379/ 1/ SKRIPSI % 20 BAYU % 20 SETYO %20NUGROHO.pdf. (Diakses pada tanggal 7 Desember 2023 jam 02.00).

Esabela. (2018). Tingkat Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Makanan Menurut Karakteristik Pasien Di Rsud Hanau, Kab.Seruyan Kalimantan Tengah. http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/id/eprint/7279 (Diakses pada tanggal 15 Oktober 2023 jam 22.01).

Fanny Ardhitunggal Hakim. (2019). Hubungan Karakteristik Pasien Peserta BPJS dengan Tingkat KepuasanPasienPeserta BPJS terhadap Pelayanan Rawat Inap di Rumah Sakit Umum“X” di daerah Kendal. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia. https: //ejournal. undip.ac.id/ index. php/ jmki/ article/ view/ 22590 (Diakses pada tanggal 15 Oktober 2023 jam 22.01).

Febri. D. (2020). Pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan pasien di instalasi rawat inap rumah sakit daerah kalisat kabupaten jember. Journal of Public Health Sciences registered with ISSN 1829-7773 and ISSN 2684-7035. https: //jurnal. unej.ac.id/ index.php/ IKESMA/ article/ view/ 16925 (Diakses pada tanggal 8 Mei 2023 jam 20.00).

Gunarsa. (2018). Psikologi Perawatan. Jakarta: Gunung Mulia.

Handoko. (2018). Tingkat kepuasan pasien peserta JKN terhadap kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Poliklinik Gigi Puskesmas 1 Denpasar Timur. Vol. 2 No. 1 (2018). http: //balidentaljournal. org/ index. php/ bdj/ article/ view/ 21 (Diakses pada tanggal 7 Desember 2023 jam 02.00).

Ira. (2018). Tingkat Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Makanan Menurut Karakteristik Pasien Di Rsud Hanau. http: //eprints. poltekkesjogja. ac.id/ id/ eprint/ 7279 (Diakses pada tanggal 15 Oktober 2023 jam 22.01).

Laily & Nuril. (2015). Hubungan Kualitas Penerimaan Pasien Baru Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Shofa Marwah Rumah Sakit Islam Surabaya. http: //digilib. unusa. ac. id/ data pustaka-12548. html (Diakses pada tanggal 27 Oktober 2023 jam 22.00).

Latupono. (2014) Hubungan Pelayanan Dan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Masohi. JST Kesehatan. Januari 2015.Vol. 5 No. 1. http: //pasca. unhas. ac. id/ jurnal/ files/ 6927d38619951ddba1929d278f490061.pdf (Diakses pada tanggal 11 Mei 2023 jam 23.00).

Lina. (2019). Hubungan Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Penerimaan Pasien Baru Dengan Tingkat Kepuasan Pasien di RSUD Raja Musa Sungai Guntung. Riau. https: //journal. stikespemkabjombang. ac.id/ index. php/ jikep/ article/ view/100 (Diakses pada tanggal 10 Mei 2023 jam 12.00).

Maryono. (2020). Hubungan Pemberian Informasi Pada Pasien Rawat Inap Dengan Kepuasan Mutu Pelayanan Pasien Di Unit Admisi Rsup Dr. Sardjito Yogyakarta. Indonesian. Journal of Hospital Administration (ISSN:2621-2668). https: //ejournal. almaata. ac. id/ index. php/ IJHAA/ article/ view /1392/ 1328 (Diakses pada tanggal 11 mei 2023 jam 23.00).

Merryani. (2014). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Keperawatan Di Ruang Internarsud Noongan. Vol. 2 No. 2 (2014): E-Jurnal Keperawatan. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jkp/article/view/5220(Diakses pada tanggal 13 Oktober 2023 jam 23.22).

Ndambuki. (2013). The Level of Patients Satisfaction and Perception On Quality of Nursing Service In The Renal Unit, Kenyatta National Hospital Nairobi, Kenya. Journal Medicine and Health Care Vol: 3, No:2. https: //www. scirp. org/ journal/ paperinforcitation. aspx?paperid=32411 (Diakses pada tanggal 8 Mei 2023 jam 20.30).

Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan: Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis Edisi.4. Jakarta: Salemba Medika.

Pohan. (2017). Pembahasan Komprehensif Pengantar Perpajakan Teori dan Konsep Hukum Pajak. Jakarta: Mitra Wancana Media.

Purnamasari (2020). Tingkat Pengetahuan Dan Perilaku Masyarakat Kabupaten Wonosobo Tentang Covid-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan. https: //ojs. unsiq. ac.id/index.php/ jik/article/ view/1311 (Diakses pada tanggal 27 Oktober 2023 jam 20.30).

Rumengan. (2015). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Peserta BPJS Kesehatan Di Puskesmas Paniki Bawah Kecamatan Mapanget Kota Manado. Surakarta: Universitas Sam Ratulangi Manado. https: //ejournal. unsrat. ac. id/ index. php/ jikmu/ article/ view/ 7180 (Diakses pada tanggal 27 Oktober 2023 jam 20.30).

Sudra. (2010). Statistik Rumah Sakit Dari Sensus Pasien & Grafik Barber Jhonson Hingga Statistik Kematian & Otopsi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wemvi. (2017). Hubungan Penerapan Sop Penerimaan Pasien Baru Dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Jurnal Ilmiah Keperawatan, Vol 3 No 2 September 2017 ISSN: 2528-3022. https: //journal. stikespemkabjombang. ac. id/ index. php/ jikep/ article/ view/ 100. (Diakses pada tanggal 8 Mei 2023 jam 20.00).

Downloads

Published

2024-01-17

How to Cite

Ayuba, H., Dewi Mayasari Riu, S., & Alfiat Talib, N. (2024). Hubungan Penerapan SOP Penerimaan Pasien Baru dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap. Jurnal Keperawatan Berbudaya Sehat, 2(1), 32–39. https://doi.org/10.35473/jkbs.v2i1.2786