Hubungan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Ibu Rumah Tangga Dengan Angka Kejadian Diare di Kelurahan Bulakrejo Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo

Authors

  • Nisa Nur Kusuma
  • Sunardi Sunardi
  • Nine Elissa Maharani

DOI:

https://doi.org/10.35473/proheallth.v4i2.1615

Keywords:

PHBS, The Incidence of Diarrhea, Housewives

Abstract

Diare adalah suatu kondisi dimana seseorang buang air besar dengan konsistensi lembek atau cair, biasanya tiga kali atau lebih sehari dalam kurun waktu tiga bulan terakir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) perilaku penggunaan air yang bersih, perilaku jamban yang sehat, dan perilaku cuci tangan dengan sabun dan air yang bersih dengan angka kejadian diare ibu rumah tangga di Kelurahan Bulakrejo Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo. Jenis Penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional.Populasi ibu rumah tangga Kelurahan Bulakrejo Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo sebanyak 194. Sampel Penelitian 107 responden.Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kejadian diare. Analisis data univariat dan bivariat Chi Square dengan tingkat kepercayaan 95% atau α= 5% = 0.05. Hasil Penelitian perilaku menggunakan air yang bersih kategori baik 51.4%; Perilaku menggunakan jamban yang sehat kategori baik 55,1%; Perilaku cuci tangan menggunakan sabun dan air yang bersih kategori baik 60,7%; Kejadian diare ibu rumah tangga sebanyak 44,9%; Ada hubungan perilaku menggunakan air yang bersih dengan kejadian diare (p value 0,000); Ada hubungan perilaku jamban yang sehat dengan kejadian diare (p value 0,000); Ada hubungan cuci tangan dengan sabun dan air yang bersih dengan kejadian diare (p value 0,000). Disarankan kepada pihak instansi kesehatan untuk lebih sering memberikan penyuluhan-penyuluhan kesehatan mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan metode yang mudah dipahami oleh masyarakat khususnya ibu rumah tangga sehingga dapat berperilaku sehat untuk pencegahan penyakit diare.

References

Riska. 2018. Hubungan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Di Tatanan Rumah Tangga Dengan Kejadian Diare Di Desa Kacangan Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali. Skripsi. Sukoharjo: Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo.

WHO. 2011. Diarrhoeal Disease. diakses dari<http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs330/en/> Diakses 24 April 2020.

Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo. 2018. Profil Kesehatan Kabupaten Sukoharjo 2018. Sukoharjo: Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo.

Dinas Kesehatan Provinsi Jateng. 2018. Profil Kesehatan Propinsi Jawa Tengah Tahun 2018. Jawa Tengah: Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Downloads

Published

2022-08-01