Studi Korelasi Pengetahuan dengan Tingkat Kecemasan Ibu Dalam Menghadapi Menopause di Desa Jetak Kecamatan Getasan

Knowledge Correlation Study with Mother's Anxiety Level in Facing Menopause in Jetak Village, Getasan District

Authors

  • Nurul Cindi Rahmawati Universitas Ngudi Waluyo
  • Sigit Ambar Widyawati Universitas Ngudi Waluyo
  • Heri Sugiarto Universitas Ngudi Waluyo
  • Sri Wahyuni Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/proheallth.v5i2.2494

Keywords:

Menopause, Tingkat Kecemasan, Pengetahuan

Abstract

The anxiety they experience occurs because of feeling pressure related to worry that has never happened before. Not all women experience this, but even if women do not experience long-term complaints, decreased estrogen can cause several chronic diseases. Lack of information received will affect a person's level of knowledge, if someone is equipped with good knowledge then it will be more useful than someone who is not equipped with good knowledge. This study used the standard HRS-A questionnaire and used questionnaires from previous researchers who had been tested for validity and reliability tests. The research design uses a quantitative research type with a correlative analytic design and an observational approach with a cross sectional technique. The sample in this study were 54 premenopause women. This sampling technique uses snowball sampling. This study was tested using Spearman's rank correlation. Based on the results of the Spearman rank correlation test, the p-value ˃ α (0.870 ˃ 0,05), the test results show that there is no relationship between knowledge and the level of maternal anxiety in facing menopause. Because the p-value ˃ α, it can be stated that there is no correlation between knowledge and the level of anxiety of mothers in facing menopause in Jetak Village, Getasan District.

 

ABSTRAK

                Kecemasan yang mereka alami terjadi karena adanya tekanan perasaan yang berhubungan rasa khawatir yeng belum pernah terjadi sebelumnya. Tidak semua wanita mengalami hal ini akan tetapi meski wanita tidak mengalami keluhan dalam jangka panjang dari penurunan esterogen dapat menyebabkan beberapa penyakit kronis. Kurangnya informasi yang diterima akan mempengaruhi tingkat pengetahuan seseorang, apabila seseorang tersebut dibekali oleh pengetahuan yang baik maka akan lebih bermanfaat daripada seseorang yang tidak dibekali oleh pengetahuan yang baik. Penelitian ini menggunakan kuesioner baku HRS-A dan menggunakan kuesioner dari peneliti sebelumnya yang telah di uji validitas dan uji reliabilitas. Desain penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain analitik korelatif dan pendekatan observasional dengan teknik cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 54 ibu premenopause. Teknik sampling ini menggunakan snowball sampling. Penelitian ini diuji menggunakan korelasi rank spearman. Uji korelasi rank spearman menunjukkan hasil p-value ˃ α (0,870 ˃ 0,05), maka dapat disimpiulkan bahwa tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan tingkat kecemasan ibu dalam menghadapi menopause di Desa Jetak Kecmatan Getasan.

References

Wardani DA. Sumiati. Hubungan Dukungan Suami dengan Kualitas Hidup Perempuan Menopause. J Med Karya Ilmu Kesehatan. Published online 2019.

Kementerian Kesehatan RI. Profil Kesehatan Indonesia. Vol 51.; 2015.

Wibowo DA, Nadhilah S. Hubungan Pengetahuan tentang Menopause dengan Kecemasan pada Wanita Premenopause di Kelurahan Kertasari Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. J Keperawatan Galuh . 2020;2.

Damayanti M, Iskandar. Asuhan Keperawatan Jiwa. Bandung . Refika Aditama

Meilaningtyas G. Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Menopause Dengan Kecemasan Wanita Menjelang Menopause Di Desa Bowan Delanggu Klaten. Published online 2015.

Notoatmodjo S. Metode Penelitian Kesehatan. PT. Rineka Cipta; 2010.

Sopiyudin Dahlan M. Besar Sampel Dan Cara Pengambilan Sampel Dalam Penelitian Kedokteran Dan Kesehatan. Salemba Medika; 2009.

Arikunto S. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi). Revisi. Rineka Cipta; 2006.

Notoatmodjo S. Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta; 2014.

Darmojo RB, Hadi M. Geriatri: Ilmu Kesehatan Usia Lanjut. Balai Penerbit FKUI; 2006.

Hawari D. Manajemen Stres, Cemas, Dan Depresi. Fakultas Kedokteran UI; 2013.

Smart A. Bahagia Di Usia Menopause. Aplus Books; 2010.

Dini K. Kiat Sehat Dan Bahagia Di Usia Menopause. Puspa Swara; 2002.

M S, Muslihati C. Faktor-faktor yang Memengaruhi Kecemasan dalam Menghadapi Menopause di Desa Meunasah Dayah Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. J Healthc Technol Med Univ Ubudiyah Indones. 2019;5(2).

Rostiana A. Hubungan Pengetahuan dengan Tingkat Kecemasan Ibu Perimenopause dalam Menghadapi Menopause di Kelurahan Bunga Tanjung Kota Tanjungbalai. Elisabeth Heal J J Kesehat. 2022;7(1).

Suhaidah D. Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Tingkat Kecemasan Perempuan Dalam Menghadapi Menopause Di Wilayah Kerja Puskesmas Kelrahan Pulo Gebang Jakarta Timur. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Published online 2013.

Ahsan. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Preoperasi Pada Pasien Section Caesarea. Univ Brawijaya. 2017;8(1).

Downloads

Published

2023-07-30