Penggunaan Video Tentang Pencegahan Covid 19 dapat Meningkatkan Pengetahuan pada Anak Usia Sekolah

Authors

  • Natalia Devi Oktarina Universitas Ngudi Waluyo
  • Fiki Wijayanti Universitas Ngudi Waluyo
  • Eko Mardiyaningsih Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/proheallth.v6i1.2658

Abstract

Prevention of Covid 19 needs to be spread widely, especially to children. Animated video media is one of the media that can be used to provide information to children. The use of animated video media stimulates children's senses of sight and hearing, so that information is easily received by children. This research aims to increase the knowledge of school-aged children by using animated videos about preventing Covid-19. This research uses a quantitative approach, the research design used in this research is Quasy Experimental with a pretest-post test design without control group design. The population in this study were school age children in grades 4-6 with a sample size of 60 people. The sampling technique used was total sampling. The research carried out was providing education about preventing Covid-19 using animated videos with a duration of 15 minutes. The measuring instrument used to measure children's knowledge is in the form of a questionnaire which has been tested for validity and reliability before use. The statistical test used is the independent t test. The results of the research show that there is an increase in knowledge after being given health education using animated videos from 82.8 to 95, with a p value of 0.0001, so it can be concluded that there is a significant increase in knowledge about preventing Covid-19, and animated video media can be used to provide knowledge. about preventing Covid-19 in elementary school-aged children.

 

ABSTRAK

                Pencegahan covid 19 perlu disebarluaskan terutama pada anak-anak. Media video animasi merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam memberikan informasi kepada anak. Penggunaan media video animasi, merangsang indera penglihatan dan pendengaran anak, sehingga informasi mudah diterima oleh anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anak usia sekolah dengan menggunakan video animasi tentang pencegahan covid 19.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  Quasy Eksperimental dengan rancangan pretest-post test without control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia sekolah kelas 4-6 dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah dengan total sampling. Penelitian yang dilakukan yaitu memberikan edukasi tentang pencegahan covid 19 menggunakan video animasi dengan durasi waktu 15 menit. Alat ukur yang digunakan untuk melakukan pengukuran pengetahuan anak yaitu berupa kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas sebelum digunakan. Uji statistik yang digunakan adalah dengan  t test-dependent. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pengetahuan setelah diberikan  pendidikan Kesehatan menggunakan video animasi dari 82,8 menjadi 95, dengan nilai p 0,0001, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pengetahuan tentang pencegahan covid 19 yang signifikan, dan media video animasi dapat digunakan dapat memberikan pengetahuan tentang pencegahan covid 19 pada anak usia sekolah dasar.

References

Kemenkes RI. Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disesase (Covid-19). 5th ed. (dr. Listiana Aziza, Sp.KP; Adistikah Aqmarina, SKM; Maulidiah Ihsan S, ed.). Kementerian Kesehatan RI; 2020.

Antara kantor berita. IDAI: Kematian anak akibat COVID-19 didominasi usia di bawah 6 tahun. kantor berita. 2020.

Harahap SA, Dimyati D, Purwanta E. Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini. 2021;5(2):1825-1836. doi:10.31004/obsesi.v5i2.1013

Sari MK. Sosialisasi tentang Pencegahan Covid-19 di Kalangan Siswa Sekolah Dasar di SD Minggiran 2 Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. J Karya Abdi. 2020;4(1).

Ibrahim D. Bencana Virus Corona Melalui Sosialisasi Pada Anak Usia Dini Pada Desa Rempe Kecamatan Seteluk Sumbawa Barat. Selaparang J Pengabdi Masy Berkemajuan. 2020;3(2).

Utami RA, Efkelin R. Pengetahuan dan Perilaku Pelaksanaan Protokol Kesehatan pada Mahasiswa di Era Adaptasi baru. J Kesehat Holist. 2022;6(2):53-61. doi:10.33377/jkh.v6i2.132

Rahmatina LA, Erawati M. Evaluasi Program Edukasi dengan Video dan Poster Terhadap Perilaku Masyarakat dalam Menghadapi COVID-19 (Preliminary Study). Holist Nurs Heal Sci. 2020;3(1):9-16. doi:10.14710/hnhs.3.1.2020.9-16

ananta Baru Wijaya M erna dwi wahyuni. Pengaruh Video Animasi Protokol Kesehatan Terhadap Perilaku Pencegahan Penularan Covid-19 Saat Beribadah Di Ananta Baru Wijaya Mahasiswa Keperawatan , Fakultas Keperawatan , Universitas Airlangga Surabaya Makhfudli Program Studi Keperawatan , Fakultas Kep. J Ilm keagamaan dan kemasyarakatan. 2023;17(3):1738-1755.

Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan,. Rineka Cipta; 2018.

Zuliasih R, Oktarina ND. Description of Compliance with The Use of Mask on School Age Children Gambaran Kepatuhan Penggunaan Masker Pada Anak Usia Sekolah. Published online 2022:217-230.

Utami FN. Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif J Ilmu Pendidik. 2020;2(1):93-100. doi:10.31004/edukatif.v2i1.91

Yuliati Y. Peran Keluarga Dalam Pencegahan Wabah Covid-19. J Pengabdi Masy AbdiMas. 2021;7(2). doi:10.47007/abd.v7i2.3968

Mardiatun M, Sentana AD, Haqiqi I. Efektivitas Pendidikan Kesehatan Dengan Video Tentang Pencegahan Penularan Penyakit Terhadap Pengetahuan Pasien Tuberculosis Di Wilayah Kerja Puskesmas Sedau Tahun 2019. J Keperawatan Terpadu (Integrated Nurs Journal). 2019;1(2):76. doi:10.32807/jkt.v1i2.40

Fiki Wijayanti NDO. Pro Health Jurnal Ilmiah Kesehatan Gambaran Pengetahuan Tentang Pencegahan Covid-19. Pro Heal J. 2023;5(1):300-305.

Gea S, Paturusi A, Bawiling N. Hubungan Pengetahuan Tentang Covid-19 Dengan Kepatuhan Physical Distancing Pada Masyarakat Di Kelurahan Papakelan …. Epidemia J Kesehat …. 2021;02(03):35-39.

Pratiwi I, Ridwan M. Pengaruh penggunaan media video animasi terhadap motivasi. J Sport Educ. 2021;4(1):77. doi:10.31258/jope.4.1.77-86

Bender L. Pesan dan Kegiatan Utama Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Sekolah. Unicef. Published online 2020:1-14.

Rizma S, Adlia M. Pengetahuan terkait usaha pencegahan Coronavirus Disease (COVID-19) di Indonesia. HIGEIA (Journal Public Heal Res Dev. 2020;(July):333-346. doi:10.15294/higeia.v4i3.37844

Mevia DA, Triswanti N, Anggunan A, Farich A. Pengaruh Edukasi Kesehatan dengan Media Video tentang Cuci Tangan terhadap Pengetahuan Anak untuk Cegah Covid di SDN 3 Tempuran 12B Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2023. El-Mujtama J Pengabdi Masy. 2023;4(2):1250-1267. doi:10.47467/elmujtama.v4i2.5092

Ni Putu FL, Ni Made AS, I Gusti Ayu RA. Pemberian Edukasi Audio Visual Meningkatkan Pengetahuan Dalam Mencegah Penularan Covid-19. J Cent Res Publ Midwifery Nurs. 2023;7(1):1-9. doi:10.36474/caring.v7i1.262

Downloads

Published

2024-01-28