Rancangan Media Flash Card Tentang Pentingnya Minum Air Putih Pada Siswa MI Hidayatul Athfal Gedang Anak

Authors

  • Titania Ayu Patricia Universitas Ngudi Waluyo
  • Heri Sugiarto Universitas Ngudi Waluyo
  • Sigit Ambar Widyawati Universitas Ngudi Waluyo
  • Sri Wahyuni Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/proheallth.v6i1.2977

Keywords:

Flash Card, Pentingnya Minum Air Putih, Anak Sekolah Dasar

Abstract

Currently, 1 in 4 children in Indonesia still don't drink enough. Based on research, more than 30 percent of the drinks consumed by children are not water. In this era, many sweet and colored drinks have emerged and are sold in school environments. Providing education or knowledge about the importance of drinking water is very important to change water drinking behavior. Therefore, researchers are interested in designing health education media, namely flash card media about the importance of drinking water for the body. The aim of this research is to produce a flash card media draft about the importance of drinking water for elementary school students at MI Hidayatul Athfal Gedang Anak. This research uses a qualitative method with a health promotion media development model in the form of P-Process. The informants in the research were 12 class V students of Mi Hidayatul Athfal Gedang Anak as well as material experts and media experts who were taken using purposive sampling. Data collection was carried out using interviews and Focus Group Discussions (FGD) in January-February 2023 with validation tests by material experts and media experts. Based on the results of qualitative data analysis of the need to design flash card media as well as assessments by material experts and media experts, the resulting design is in the very good category in every aspect of its assessment, so that flash cards are suitable for use as health promotion media in order to increase water drinking behavior in children.

 

ABSTRAK

                Saat ini 1 dari 4 anak di Indonesia masih kurang minum. Berdasarkan penelitian minuman yang dikonsumsi anak-anak lebih dari 30 persen bukan air putih. Di era sekarang       banyak bermunculan minuman manis dan berwarna dan dijual di lingkungan       s sekolah. Pemberian edukasi atau pengetahuan pentingnya minum air putih sangat penting untuk merubah perilaku minum air putih. Maka dari itu peneliti tertarik untuk merancang media pendidikan kesehatan yaitu media flash card tentang pentignya minum air putih bagi tubuh. Tujuan dari penelitian ini yaitu            menghasilkan draft media flash card tentang pentingnya minum air putih pada siswa                                 sekolah dasar di MI Hidayatul Athfal Gedang Anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model pengembangan media promosi kesehatan berupa P-Process, Populasi penelitian ini adalah Siswa MI Hidayatul Athfal.  Sampel yang menjadi informan pada penelitian yaitu 12 siswa kelas V Mi Hidayatul Athfal Gedang Anak serta ahli materi dan ahli media yang diambil secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara dan Focus Group Discussion (FGD) pada bulan Januari-Februari 2023 dengan  uji validasi oleh ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil analisis data kualitatif kebutuhan untuk  merancang media flash card serta penilaian oleh ahli materi dan ahli media, rancangan yang dihasilkan masuk    dalam kategori sangat baik pada setiap aspek penilaiannya, sehingga flash card layak digunakan sebagai media promosi kesehatan dalam rangka meningkatkan perilaku minum air putih pada anak-anak.

Author Biography

Heri Sugiarto, Universitas Ngudi Waluyo

Public Health

References

Putri NP, Z AF. Manfaat Air Minum bagi Kesehatan Peserta Didik pada Tingkat MI/SD. AAPGMI [Internet]. 2020Jun.9 [cited 2024Jan.22];10(1):33-42. Available from: https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/adzka/article/view/3622

P2PTM Kemenkes RI. (2018). Infographic [Gambar]. Retrieved from http://p2ptm.kemkes.go.id/preview/infografhic/berapa-takaran-normal-air- agar-tidak-kekurangan-cairan-dalam-tubuh diakses pada 27 September 2022.

P2PTM Kemenkes RI.(2018). Infographic [Gambar].Retrieved fromhttp://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung- dan-pembuluh-darah/page/36/sobat-sehat-jangan-lupa-minum-air-putih-8- gelas-sehari diakses pada 27 September 2022.

Siska K & Ajeng L. 2020. Analisis Konsumsi Air Putih Terhadap Konsentrasi Siswa. Jurnal Ilmiah PGSD. 4 (2), 91-95.

Kemenkes RI (2014) Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Didit D., Pritasari., & Nugraheni T L. (2017). Bahan Ajar Gizi Dalam Daur Kehidupan. Jakarta : BPPSDMK Kemenkes RI.

Sari, IPTP (2014), Tingkat Pengetahuan tentang Pentingnya Mengkonsumsi Air Mineral pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Keputran A Yogyakarta, https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/5701

Salim R & Tuty T. 2021. Edukasi Manfaat Air Mineral Pada Tubuh Bagi Anak Sekolah Dasar Secara Online. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 27(2).

BriawanD., RachmaP., & AnnisaK. (2011). Kebiasaan Konsumsi Minuman Dan Asupan Cairan Pada Anak Usia Sekolah Di Perkotaan. Jurnal Gizi Dan Pangan, 6(3), 186-191. https://doi.org/10.25182/jgp.2011.6.3.186-191

Mantarisa, R. G. (2011). Analisis Pola Konsumsi Dan Kecukupan Air Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Empang 1 Bogor. Institut Pertanian Bogor. Retrieved from http://repository.ipb. ac.id/jspui/bitstream/123456789/53499/10/ I11rgm.pdf.

Hotimah, E. (2010). Penggunaan Media Flashcard Dalam dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI AR-Rochman Semarang Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 04(01), 10–19.

Maghfiroh, L. (2013). Penggunaan Media Flascard Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. JPGSD, 1(2), 0– 216.

Elen P.M & Dhimas H. 2022. Pengaruh Pemberian Media Flashcard Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Konsumsi Gizi Seimbang Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Siliwangi. 3(1), 19-25. DOI:10.34011/jks.v3i1.1039

Nisaul M & Zulia S. 2017. Pengaruh Pendidikan Media Flashcard Terhadap Pengetahuan Anak Tentang Pedoman Umum Gizi Seimbang Di Sd Muhammadiyah 21 Baluwarti Surakarta. Jurnal Kesehatan. 10(1), 9-16.

Angreany F & Syukur Saud. (2017). Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1 (2).

Makrifah S N. (2014). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. JPGSD, 2 (3).

Salawati T & Nuke D I. (2016). Analisis Kebutuhan Untuk Merancang Komik Anak “Asetaro” (Aku Akan Tetap Sehat Tanpa Asap Rokok. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(2), ISSN 1858-1196

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Briawan D, et al. 2011. Kebiasaan Konsumsi Minuman Dan Asupan Cairan Pada Anak Usia Sekolah Di Perkotaan. Jurnal Gizi dan Pangan, 6(3),186-191.

Pratitis,A. (2020) Analisis Kebutuhan Rancangan Komik Cuci Tangan Pakai

Sabun pada Siswa Sekolah Dasa rhttp://repository2.unw.ac.id/580/21/S1_020116A006_ARTIKEL.pdf

Leung, M.M., Melanie, C., Jianwen,C., Gaba, A., Deborah,T., & Alice,A. 2015.Fight for Your Right to Fruit: Development of Manga Comic Promoting Fruit Consumtion in Youth. The Open Nutrition Journal. Vol 9 No 83.

Krueger, Richard A. 1988. Focus Groups: A Practical Guide for AppliedResearch. SAGE Publications. California

Downloads

Published

2024-01-28