PEMANFAATAN LABORATORIUM VIRTUAL DENGAN MODEL BELAJAR KOOPERATIF UNTUK MENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI LISTRIK STATIS SMA NEGERI 2 KENDAL TAHUN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i2.1164Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan: a). Mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan peningkatan hasil belajar materi listrik statis dengan metode belajar kooperatif, berbantuan laboratorium virtual .Penelitian ini terdiri atas dua siklus, pada setiap siklus dilakukan  kegiatan : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: 1) Pemanfaatan laboratorium virtual dengan model belajar kooperatif dapat meningkatan aktivitas belajar dari prosentase 49,58% menjadi 70,42%. 2) Pemanfaatan laboratorium virtual dengan model belajar kooperatif dapat meningkatan hasil belajar dari prosentase 40% menjadi 70%.
Kata Kunci: laboratorium virtual, listrik statis, kooperatif
References
Arkundato, A, dkk. (2007). Pembaharuan dalam Pembelajaran Fisika. Jakarta:
Universitas Terbuka.
Imron, M. (2012). Ayo manfaatkan laboratorium Virtual. http://mazguru.net.tc/ diakses tanggal 28 september 2017
Isjoni. (2009). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.
Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik
Konsep Landasan Teoritis-Praktik dan Implementasinya. Jakarta: PrestasiPustaka.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)