PEMANFAATAN LABORATORIUM VIRTUAL DENGAN MODEL BELAJAR KOOPERATIF UNTUK MENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI LISTRIK STATIS SMA NEGERI 2 KENDAL TAHUN 2017/2018

Authors

  • Agus Dwi Basuki SMA Negeri 2 Kendal

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i2.1164

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan:  a). Mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan peningkatan hasil belajar materi listrik statis dengan metode belajar kooperatif, berbantuan laboratorium virtual .Penelitian ini terdiri atas dua siklus, pada setiap siklus dilakukan  kegiatan : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: 1) Pemanfaatan laboratorium virtual dengan model belajar kooperatif dapat meningkatan aktivitas belajar dari prosentase 49,58%  menjadi 70,42%. 2) Pemanfaatan laboratorium virtual dengan model belajar kooperatif dapat meningkatan hasil belajar  dari prosentase 40%  menjadi 70%.

Kata Kunci: laboratorium virtual, listrik statis, kooperatif

References

Arkundato, A, dkk. (2007). Pembaharuan dalam Pembelajaran Fisika. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Imron, M. (2012). Ayo manfaatkan laboratorium Virtual. http://mazguru.net.tc/ diakses tanggal 28 september 2017

Isjoni. (2009). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik

Konsep Landasan Teoritis-Praktik dan Implementasinya. Jakarta: PrestasiPustaka.

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles