PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA KARTU DOMINO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI TAMBAKREJO 01 SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i2.1165Abstract
Pendidikan merupakan peranan penting untuk mengembangkan sumber daya manusia. Tanpaadanya pendidikan seseorang akan sulit untuk berkembang, bahkan bisa jadi orang tersebut akan terbelakang.Dalam kegiatan belajar mengajar setiap hari guru hanya mengajarkan matematika dengan cara menerangkan konsep dan operasi matematika, memberikan contoh soal beserta cara mengerjakannya, serta meminta siswa untuk mengerjakan soal yang sejenis dengan contoh soal yang sudah diterangkan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran numbered head together berbantu kartu domino terhadap hasil belajar matematika siswa ditinjau dari motivasi belajar. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian Kuantitatif. Pada hasil wawancara singkat pada guru yaitu bapak Reisa Adi Saputra, S.Pd, guru menjelaskan bahwa pada tahun pelajaran (2019/2020), dari 28 siswa banyakyang mendapatkan nilai ulangan harian matematika dibawah KKM (65).Maka dari itu peneliti melakukan cara dengan mengkolaborasikan antara model pembelajaran dengan materi bangun datar. Model yang dianggap sesuai dengan materi bangun datar adalah Numbered HeadTogether.Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah, Wawancara, Observasi, Test, dan Dokumentasi. Data hasil uji t yang diperoleh adalah hasil uji t siswa kelas IV SD Negeri Tambakrejo 01 Semarang diperoleh thitung = 17,8410 dan ttabel = 2,0484 dengan db = 28-1 pada taraf signifikan α = 0,05. maka, thitung> ttabel adalah 17,8410 >2,0484. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima dan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari 51,07143 menjadi 79,28571.Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Head Togetherberbantu media kartu Domino ada pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa ditinjau dari motivasi belajar.
Kata Kunci: numbered head together, media kartu Domino
References
Arenita, F. C., Prasetiyo, P., & Budiman, M. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 3 Dokoro Wirosari. JGK (Jurnal Guru Kita), 2(4), 76-82.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Soegeng, A.Y. (2016). Dasar-Dasar Penelitian. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabet.
Umaya, U., Budiman, M. A., & Wardhana, Y. S. (2020, September). Peningkatan Pembelajaran Matematika materi FPB melalui Media Sandal FPB dalam Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) pada siswa kelas IV Pembelajaran secara daring. In Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA) (Vol. 2, No. 1).
UU RI No. 20 Tahun 2013 bab 1 pasal 1 tentang Sistrm Pendidikan Nasional
Wibowo, P. N., Budiman, M. A., & Subekti, E. E. (2020). Keefektifan Model Learning Cycle Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Selalu Berhemat Energi. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 57-64.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)