PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA KARTU DOMINO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI TAMBAKREJO 01 SEMARANG

Authors

  • Dewi Ayu Phiti Nursimah Universitas PGRI Semarang
  • Djoko Purnomo Universitas PGRI Semarang
  • M. Arief Budiman Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i2.1165

Abstract

Pendidikan merupakan peranan penting untuk mengembangkan sumber daya manusia. Tanpaadanya pendidikan seseorang akan sulit untuk berkembang, bahkan bisa jadi orang tersebut akan terbelakang.Dalam kegiatan belajar mengajar setiap hari guru hanya mengajarkan matematika dengan cara menerangkan konsep dan operasi matematika, memberikan contoh soal beserta cara mengerjakannya, serta meminta siswa untuk mengerjakan soal yang sejenis dengan contoh soal yang sudah diterangkan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran numbered head together berbantu kartu domino terhadap hasil belajar matematika siswa ditinjau dari motivasi belajar. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian Kuantitatif. Pada hasil wawancara singkat pada guru yaitu bapak Reisa Adi Saputra, S.Pd, guru menjelaskan bahwa pada tahun pelajaran (2019/2020), dari 28 siswa banyakyang mendapatkan nilai ulangan harian matematika dibawah KKM (65).Maka dari itu peneliti melakukan cara dengan mengkolaborasikan antara model pembelajaran dengan materi bangun datar. Model yang dianggap sesuai dengan materi bangun datar adalah Numbered HeadTogether.Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah, Wawancara, Observasi, Test, dan Dokumentasi. Data hasil uji t yang diperoleh adalah hasil uji t siswa kelas IV SD Negeri Tambakrejo 01 Semarang diperoleh thitung = 17,8410 dan ttabel = 2,0484 dengan db = 28-1 pada taraf signifikan α = 0,05. maka, thitung> ttabel adalah 17,8410 >2,0484. Dengan demikian  H0 ditolak dan Ha diterima dan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari 51,07143 menjadi 79,28571.Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Head Togetherberbantu media kartu Domino ada pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa ditinjau dari motivasi belajar.

Kata Kunci: numbered head together, media kartu Domino

References

Arenita, F. C., Prasetiyo, P., & Budiman, M. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 3 Dokoro Wirosari. JGK (Jurnal Guru Kita), 2(4), 76-82.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Soegeng, A.Y. (2016). Dasar-Dasar Penelitian. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabet.

Umaya, U., Budiman, M. A., & Wardhana, Y. S. (2020, September). Peningkatan Pembelajaran Matematika materi FPB melalui Media Sandal FPB dalam Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) pada siswa kelas IV Pembelajaran secara daring. In Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA) (Vol. 2, No. 1).

UU RI No. 20 Tahun 2013 bab 1 pasal 1 tentang Sistrm Pendidikan Nasional

Wibowo, P. N., Budiman, M. A., & Subekti, E. E. (2020). Keefektifan Model Learning Cycle Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Selalu Berhemat Energi. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 57-64.

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles