NEED ASSESSMENT PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS JASMANI DALAM KARAKTER RELIGIUS

Authors

  • Ahmad Nahrowi Universitas PGRI Semarang
  • Asep Ardiyanto Universitas PGRI Semarang
  • Prasena Arisyanto Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i2.1166

Abstract

Penlitian ini dilatar belakangi kurangnya model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran PJOK dan belum adanya model pembelajaran yang berbasis aktivitas jasmani untuk meningkatkan karakter religius peserta didik..Dalam pembelajaran guru menggunakan metode ceramah, dengan model pembelajaran langsung , sehingga peserta didik merasa mononton dalam pembelajaran, kurangnya sarana prasarana menjadi salah satu kendala dalam melaksanakan pembelajaran disekolah, Pendidikan karakter religius lebih banyak di mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sehingga peserta didik hanya menggunakan model pembelajaran seadanya.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu mengembangkan model pembelajaran aktivitas jasmani dengan karakter religius. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan  pengembangan (research and development). “Metode dan pengembangan atau dalam bahasa inggrisnya Research and development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut.â€(Sugiyono 2016: 297). Prosedur pengembangan dimodifikasi oleh peneliti sampai dengan tahap kelima yaitu Revisi Desain. Tahapan prosedur pengembangan tersebut yaitu Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain produk, Validasi desain dan revisi desain. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan pada saat penelitian yaitu analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.

Kata Kunci: Need Assessment, Aktivitas Jasmani, Karakter Religius,Model Pembelajaran

References

Abduljabar, B. (2014). Memperkokoh Pendidikan Karakter Melalui Mediasi Aktivitas Jasmani Berbasis Nilai. Jurnal Pendidikan Karakter. 4(1), 97-107. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/2180

Depdiknas. (2003). Undang- undang RI No.20 tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasiona.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter,Konsep Implementasi. Bandung : Alfabeta

Helmawati. (2017). Pendidikan Karakter Sehari-hari. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hudarta. (2011). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Marzuki. (2019). Pendidikan Karakrer Islam. Jakarta: Amzah

Rosdiani, D. (2013). Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta

Soegeng, A.Y. (2016). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. Sy. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Widodo. (2013). Strategi Peningkatan Aktivitas Jasmani Siswa Sekolah Dasar di Luar Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Pusat Penelitian Kebijakan, Balitbang, Kemendikbud.

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles