NEED ASSESSMENT PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS JASMANI DALAM KARAKTER RELIGIUS
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i2.1166Abstract
Penlitian ini dilatar belakangi kurangnya model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran PJOK dan belum adanya model pembelajaran yang berbasis aktivitas jasmani untuk meningkatkan karakter religius peserta didik..Dalam pembelajaran guru menggunakan metode ceramah, dengan model pembelajaran langsung , sehingga peserta didik merasa mononton dalam pembelajaran, kurangnya sarana prasarana menjadi salah satu kendala dalam melaksanakan pembelajaran disekolah, Pendidikan karakter religius lebih banyak di mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sehingga peserta didik hanya menggunakan model pembelajaran seadanya.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu mengembangkan model pembelajaran aktivitas jasmani dengan karakter religius. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development). “Metode dan pengembangan atau dalam bahasa inggrisnya Research and development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut.â€(Sugiyono 2016: 297). Prosedur pengembangan dimodifikasi oleh peneliti sampai dengan tahap kelima yaitu Revisi Desain. Tahapan prosedur pengembangan tersebut yaitu Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain produk, Validasi desain dan revisi desain. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan pada saat penelitian yaitu analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Kata Kunci: Need Assessment, Aktivitas Jasmani, Karakter Religius,Model Pembelajaran
References
Abduljabar, B. (2014). Memperkokoh Pendidikan Karakter Melalui Mediasi Aktivitas Jasmani Berbasis Nilai. Jurnal Pendidikan Karakter. 4(1), 97-107. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/2180
Depdiknas. (2003). Undang- undang RI No.20 tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasiona.
Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter,Konsep Implementasi. Bandung : Alfabeta
Helmawati. (2017). Pendidikan Karakter Sehari-hari. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hudarta. (2011). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Marzuki. (2019). Pendidikan Karakrer Islam. Jakarta: Amzah
Rosdiani, D. (2013). Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta
Soegeng, A.Y. (2016). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. Sy. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Widodo. (2013). Strategi Peningkatan Aktivitas Jasmani Siswa Sekolah Dasar di Luar Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Pusat Penelitian Kebijakan, Balitbang, Kemendikbud.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)