PENGARUH MOTIVASI BELAJAR MELALUI VARIASI MODEL DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI KARANGMONCOL 05 PEMALANG

Authors

  • Belia Ayu Saputri
  • Rahmat Rais Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Eka Sari Setianingsih Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i2.1167

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi belajar melalui variasi model dan media pembelajaran  terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri Karangmoncol 05 Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian menggunakan Pre-Eksperimental Design dengan jenis penelitian One-Grup Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Karangmoncol 05 Pemalang Tahun Pelajaran 2020/2021. Sampel penelitian diambil dengan teknik Probability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan analisis hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung > ttabel  yaitu 10,660 > 2,042 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar melalui variasi model dan media pembelajaran  terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri Karangmoncol 05 Pemalang.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik

References

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.

Sulastri, S., Imran, I., & Firmansyah, A. (2015). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Online, 3(1).

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada pembelajaran praktik kelistrikan otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal pendidikan vokasi, 6(1), 111-120.

Kusuma, D. C. (2013). Analisis komponen-komponen pengembangan Kurikulum 2013 pada bahan uji publik Kurikulum 2013. Jurnal Analisis Komponen Pengembangan Kurikulum, 5, 1-21.

Zubaidah, E. (2015). Pemanfaatan media pembelajaran untuk menciptakan lingkungan kelas SD (Alternatif penciptaan laboratorium SD yang efektif). Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 46-60.

https://www.jogloabang.com/pustaka/uu-20- 2003-sistem-pendidikan-nasional (diakses pada 10 Juli 2020)

https://www.kompasiana.com/wahyugandhun/55285d5af17e6103428b45a8/kurikulum- 2013-dari-sisi-pandang-uu-no-20-th-2003-tentang-sisdiknas [diakses pada 10 Juli 2020]

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles