PENGARUH MOTIVASI BELAJAR MELALUI VARIASI MODEL DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI KARANGMONCOL 05 PEMALANG
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i2.1167Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi belajar melalui variasi model dan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri Karangmoncol 05 Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian menggunakan Pre-Eksperimental Design dengan jenis penelitian One-Grup Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Karangmoncol 05 Pemalang Tahun Pelajaran 2020/2021. Sampel penelitian diambil dengan teknik Probability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan analisis hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung > ttabel yaitu 10,660 > 2,042 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar melalui variasi model dan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri Karangmoncol 05 Pemalang.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik
References
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.
Sulastri, S., Imran, I., & Firmansyah, A. (2015). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Online, 3(1).
Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada pembelajaran praktik kelistrikan otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal pendidikan vokasi, 6(1), 111-120.
Kusuma, D. C. (2013). Analisis komponen-komponen pengembangan Kurikulum 2013 pada bahan uji publik Kurikulum 2013. Jurnal Analisis Komponen Pengembangan Kurikulum, 5, 1-21.
Zubaidah, E. (2015). Pemanfaatan media pembelajaran untuk menciptakan lingkungan kelas SD (Alternatif penciptaan laboratorium SD yang efektif). Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 46-60.
https://www.jogloabang.com/pustaka/uu-20- 2003-sistem-pendidikan-nasional (diakses pada 10 Juli 2020)
https://www.kompasiana.com/wahyugandhun/55285d5af17e6103428b45a8/kurikulum- 2013-dari-sisi-pandang-uu-no-20-th-2003-tentang-sisdiknas [diakses pada 10 Juli 2020]
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)