KEEFEKTIFAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA JENIS-JENIS PEKERJAAN KELAS IV SD N 02 JINGKANG
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i2.1168Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media monopoli terhadap hasil belajar siswa subtema jenis-jenis pekerjaan kelas IV SD N 02 Jingkang. Penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Eksperimental Design dengan desain One-Group Pretest-Postest Design.. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 02 Jingkang. Objek penelitian ini adalah keefektifan media monopoli terhadap hasil belajar siswa subtema jenis-jenis pekerjaan. Penelitian ini menggunakan teknik nonprobality sampling pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji-t dimana thitung > ttabel (7,067 > 2,120). Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang diperoleh antara nilai pretest sebelum menggunakan media monopoli dan nilai postest setelah menggunakan media monopoli. Kesimpulannya bahwa media monopoli efektif terhadap hasil belajar siswa pada subtema jenis-jenis pekerjaan kelas IV SD N 02 Jingkang.
Kata Kunci: media monopoli, hasil belajar, subtema jenis
References
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Purwanto, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung. Remaja Rosda Karya.
Kustandi, C. & Bambang, S. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)