KEEFEKTIFAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA JENIS-JENIS PEKERJAAN KELAS IV SD N 02 JINGKANG

Authors

  • Devi Novianti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Qoriati Mushafanah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Kiswoyo Kiswoyo Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i2.1168

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media monopoli terhadap hasil belajar siswa subtema jenis-jenis pekerjaan kelas IV SD N 02 Jingkang. Penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Eksperimental Design dengan desain One-Group Pretest-Postest Design.. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 02 Jingkang. Objek penelitian ini adalah keefektifan media monopoli terhadap hasil belajar siswa subtema jenis-jenis pekerjaan. Penelitian ini menggunakan teknik nonprobality sampling pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji-t dimana thitung > ttabel (7,067 > 2,120). Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang diperoleh antara nilai pretest sebelum menggunakan media monopoli dan nilai postest setelah menggunakan media monopoli. Kesimpulannya bahwa media monopoli efektif terhadap hasil belajar siswa pada subtema jenis-jenis pekerjaan kelas IV SD N 02 Jingkang.

Kata Kunci: media monopoli, hasil belajar, subtema jenis

References

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Purwanto, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung. Remaja Rosda Karya.

Kustandi, C. & Bambang, S. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles