PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE) BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 4 SUBTEMA 1 UNTUK SISWA KELAS IV SDN SENDANGMULYO 03 SEMARANG

Authors

  • Fany Vidha Ahmadi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Rahmat Rais
  • Asep x Ardiyanto

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i2.1169

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi dalam pembelajaran serta hasil belajar siswa yang rendah pada pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share berbantu media audiovisual terhadap hasil belajar tema 4 subtema 1 untuk kelas IV SDN Sendangmulyo 03 Semarang. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk One-Group Pretest-posttest Design. Populasi penelitian ini adalah sebagian siswa kelas IV SDN Sendangmulyo 03 Semarangyang berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Data dalam peneliti ini diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran think pair share berbantu media audiovisual berpengaruh terhadap hasil belajar tema 4 subtema 1 siswa kelas IV SDN Sendangmulyo 03 Semarang.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Tema 4 subtema 1, Media audiovisual, Model pembelajaran Think Pair Share

References

Shoimin, A. (2014). Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz media, 210.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Setiawan, A., Putria, A., & Suryani, N. (2020). Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Prenamedia.

Zubaidah, E. (2015). Pemanfaatan media pembelajaran untuk menciptakan lingkungan kelas SD (Alternatif penciptaan laboratorium SD yang efektif). Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 46-60.

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles