ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM FILM JEMBATAN PENSIL KARYA HASTO BROTO
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i2.1171Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai karakter dalam Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Film Jembatan Pensil yang mengandung banyak nilai karakter. Sampel diambil menggunakan purposive sampling yaitu durasi film 1 jam 33 menit 51 detik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui menyimak dan catat dalam menyimpulkan data. Penguji keabsahan data dipilih dari Guru SD Negeri Sidomulyo 02 Pati dan Dosen Universitas PGRI Semarang. Data dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dan penelitian melalui pendeskripsian, sehingga ditemukan nilai karakter pada Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto. Nilai karakter ditunjukkan melalui kutipan dialog dalam setiap scene film. Dari keseluruhan scene film yang digunakan untuk sempel, muncul nilai karakter dengan presentase yaitu religius 10%, jujur 5,71%, disiplin 4,28%, toleransi 7,14%, kerja keras 4,28%, kreatif 8,57%, mandiri 2,85%, demokratis 4,28%, rasa ingin tahu 8,57%, semangat kebangsaan 4,28%, cinta tanah air 0%, menghargai prestasi 4,28%, bersahabat/komunikatif 8,57%, cinta damai 2,85%, gemar membaca 1,42%, peduli lingkungan 4,28%, peduli social 14,28%, tanggung jawab 4,28%. Saran dari peneliti yang dapat disampaikan untuk penonton agar lebih selektif dalam memilih tontonan film yang dapat mendidik anak-anak dan mengandung nilai karakter yang baik yang dapat dijadikan pembelajaran untuk meningkatkan nilai karakter anak.
Kata Kunci: Nilai, Karakter, Film, Jembatan Pensil
Â
References
Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum. Depdiknas.
Eryl, D. (2001). Buku Saku: Penemuan. Jakarta: Erlangga.
Hariyono, P. (200). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Semarang: Mutiara Wacana.
Lickona, T. (2013). Educating For Character. Jakarta: Bumi Aksara
Moloeng, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Rusdiana, A, Z. (2014). Pendidikan Nilai (Kajian Teori dan Praktik di Sekolah). Bandung: Pustaka Setia.
Sahlan, A. (2009). “Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah (Upaya Pengembangan PAI dari Teori ke Aksi)â€. Malang: UIN Maliki Press.
Soegeng, A.Y. (2017). Kapita Selekta Landasan Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Wibowo, A., & Gunawan. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)