ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM FILM JEMBATAN PENSIL KARYA HASTO BROTO

Authors

  • Indriya Mella Agustina Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Ikha Listyarini Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Sunan Baedowi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i2.1171

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai karakter dalam Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Film Jembatan Pensil yang mengandung banyak nilai karakter. Sampel diambil menggunakan purposive sampling yaitu durasi film 1 jam 33 menit 51 detik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui menyimak dan catat dalam menyimpulkan data. Penguji keabsahan data dipilih dari Guru SD Negeri Sidomulyo 02 Pati dan Dosen Universitas PGRI Semarang. Data dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dan penelitian melalui pendeskripsian, sehingga ditemukan nilai karakter pada Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto. Nilai karakter ditunjukkan melalui kutipan dialog dalam setiap scene film. Dari keseluruhan scene film yang digunakan untuk sempel, muncul nilai karakter dengan presentase yaitu religius 10%, jujur 5,71%, disiplin 4,28%, toleransi 7,14%, kerja keras 4,28%, kreatif 8,57%, mandiri 2,85%, demokratis 4,28%, rasa ingin tahu 8,57%, semangat kebangsaan 4,28%, cinta tanah air 0%, menghargai prestasi 4,28%, bersahabat/komunikatif 8,57%, cinta damai 2,85%, gemar membaca 1,42%, peduli lingkungan 4,28%, peduli social 14,28%, tanggung jawab 4,28%. Saran dari peneliti yang dapat disampaikan untuk penonton agar lebih selektif dalam memilih tontonan film yang dapat mendidik anak-anak dan mengandung nilai karakter yang baik yang dapat dijadikan pembelajaran untuk meningkatkan nilai karakter anak.

Kata Kunci: Nilai, Karakter, Film, Jembatan Pensil

 

References

Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum. Depdiknas.

Eryl, D. (2001). Buku Saku: Penemuan. Jakarta: Erlangga.

Hariyono, P. (200). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Semarang: Mutiara Wacana.

Lickona, T. (2013). Educating For Character. Jakarta: Bumi Aksara

Moloeng, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Rusdiana, A, Z. (2014). Pendidikan Nilai (Kajian Teori dan Praktik di Sekolah). Bandung: Pustaka Setia.

Sahlan, A. (2009). “Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah (Upaya Pengembangan PAI dari Teori ke Aksi)â€. Malang: UIN Maliki Press.

Soegeng, A.Y. (2017). Kapita Selekta Landasan Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Wibowo, A., & Gunawan. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles