PENERAPAN NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SDN JAMBEAN 01 PATI

Authors

  • Mochamad Azis Kurniawan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • A.Y. Soegeng Ysh. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Filia Prima Artharina Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i2.1174

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan nilai-nilai religius yang dilakukan oleh kepala sekolah, tenaga pendidik, hingga dukungan orangtua siswa dalam rangka membentuk karakter religius sejak dini di SDN Jambean 01 Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diterapkan di lingkungan kelas, lingkungan sekolah, dan di luar lingkungan sekolah. Penerapan nilai-nilai religius dalam pembentukan karakter siswa diterapkan di dalam kegiatan pembelajaran dan di luar kegiatan pembelajaran. Penerapan nilai-nilai religius dalam pembentukan karakter siswa dikelas yaitu guru sebelum memberikan pelajaran mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu, pembiasaan membaca asmaul husna, mengerjakan ulangan atau ujian dengan jujur dan penuh keyakinan bahwa Allah senantiasa melihat perbuatan manusia, memperhatikan sikap dan tutur kata siswa. Sebelum istirahat, siswa melakukan pembiasaan sholat dhuha, kemudian sebelum pulang sekolah, siswa diharuskan untuk sholat dzuhur berjamaah di tempat yang telah disediakan.  Penerapan nilai-nilai religius di luar kegiatan pembelajaran yaitu kepala sekolah, guru, dan karyawan memberikan contoh tentang penerapan nilai-nilai religius seperti selalu memberikan salam ketika bertemu orang, melaksanakan sholat berjamaah tepat waktu, berbicara yang jujur dan memberikan bantuan dengan uang atau tenaga kepada orang yang kurang mampu, dan toleransi dengan tidak mengganggu teman ketika beribadah.

Kata Kunci: Nilai-nilai religius, Karakter

References

Aulia, Listya Rani. (2016). Implementasi Nilai Religius Dalam pendidikan karakter bagi peserta didik disekolah dasar juara. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 5(3), 16.

Daryanto, dan Suryatri. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Meria, Aziza. (2012). Pendidikan Islam di Era Globalisasi Dalam Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Al-Ta’lim, (1), 87-92.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rifa'i, Muh. Khoirul. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Religius Berbasis Multikultural Dalam Membentuk Insan Kamil. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4 (1), 119-133.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif). Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Utami, Ratnasari Diah. (2015). Membangun Karakter Siswa Pendidikan Dasar Muhammadiyah Melalui Identifikasi Implementasi Pendidkan Karakater di Sekolah. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 2(1), 32-40.

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles