ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SDNKEPUTRAN 06 PEKALONGAN
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i2.1175Abstract
Secara formal, upaya menyiapkan kondisi, sarana/prasarana, kegiatan,pendidikan, dan kurikulum mengarah kepada pembentukan watak dan budipekerti luhur generasi muda. Namun, hal tersebut baru disadari ketikaterjadi krisis akhak yang menerpasemua lapisan masyarakat, tidakterkecuali juga pada anak-anak sekolah. salah satu pembentukan karakterpada anak yatu melalui pendidikan karakter dalam sekolah. penelitian inibertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter di SDNKeputran 06 Pekalongan dan hambatan yang dihadapi serta solusi darihambatan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di SDNKeputran 06 Pekalongan. Metode yang digunakan dalam penelitian iniadalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknikpengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dandokumentasi. Pengujan analisis data dilakukan dengan cara triangulasisumber. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, menyajikan data,dan menarik kesimpulan. Hasilpenelitian ini adalah SDN Keputran 06Pekalongan telah mengimplementasikan 18 nilai karakter melalui kegiatanpembelajaran, kegiatan-kegiatan sekolah, dan ekstrakurikuler. Nilaikarakter tersebut adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cintatanah air, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, pedulisosial, gemar membaca, dan menghargai prestasi. Kendala dariimplementasi adalah keluarga, lingkungan, dan beberapa siswa. Solusi yangdiberikan adalah komunikasi antara guru dengan orang tua, dan pendekatanantara guru dengan siswa.
KataKunci:Implementasi,karakter, pendidikankarakter
References
Hartati, W.(2017).Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin di SD Negeri 7 Tanjung Raja.JurnalManajemen, Kepemimpinan danSupervisi Pendidikan (JMKSP), 2(2), 216-228.
Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi pendidikan karakter di sekolah melaluiketeladanan dan pembiasaan.JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia),1(2), 25-29.
Kementrian Pendidikan Nasional.(2010).Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Kurniasih, I. & Sani, B.(2017).Pendidikan Karakter Internalisasi dan Metode Pembelajaran diSekolah. Jakarta: Kata Pena.
Lickona, T.(2016).Character Matters Persoalan Karakter Bagaimana Membantu AnakMengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting Lainnya.Jakarta:Bumi Aksara.
Moleong, L.J.(2012).Metodologi PenelitianKualitatif Edisi Revisi.Bandung: PT RemajaRosdakarya.
Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
Sudrajat, A.(2011).Mengapa Pendidikan Karakter?.Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47-58.
Sugiyono.(2010).Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).Bandung: Alfabeta.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)