ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SDNKEPUTRAN 06 PEKALONGAN

Authors

  • Naila Sakinah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas PGRI Semarang
  • A.Y. Soegeng Ysh. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas PGRI Semarang
  • Filia Prima Artharina Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i2.1175

Abstract

Secara formal, upaya menyiapkan kondisi, sarana/prasarana, kegiatan,pendidikan, dan kurikulum mengarah kepada pembentukan watak dan budipekerti luhur generasi muda. Namun, hal tersebut baru disadari ketikaterjadi krisis akhak yang menerpasemua lapisan masyarakat, tidakterkecuali juga pada anak-anak sekolah. salah satu pembentukan karakterpada anak yatu melalui pendidikan karakter dalam sekolah. penelitian inibertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter di SDNKeputran 06 Pekalongan dan hambatan yang dihadapi serta solusi darihambatan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di SDNKeputran 06 Pekalongan. Metode yang digunakan dalam penelitian iniadalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknikpengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dandokumentasi. Pengujan analisis data dilakukan dengan cara triangulasisumber. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, menyajikan data,dan menarik kesimpulan. Hasilpenelitian ini adalah SDN Keputran 06Pekalongan telah mengimplementasikan 18 nilai karakter melalui kegiatanpembelajaran, kegiatan-kegiatan sekolah, dan ekstrakurikuler. Nilaikarakter tersebut adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cintatanah air, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, pedulisosial, gemar membaca, dan menghargai prestasi. Kendala dariimplementasi adalah keluarga, lingkungan, dan beberapa siswa. Solusi yangdiberikan adalah komunikasi antara guru dengan orang tua, dan pendekatanantara guru dengan siswa.

KataKunci:Implementasi,karakter, pendidikankarakter

References

Hartati, W.(2017).Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin di SD Negeri 7 Tanjung Raja.JurnalManajemen, Kepemimpinan danSupervisi Pendidikan (JMKSP), 2(2), 216-228.

Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi pendidikan karakter di sekolah melaluiketeladanan dan pembiasaan.JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia),1(2), 25-29.

Kementrian Pendidikan Nasional.(2010).Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Kurniasih, I. & Sani, B.(2017).Pendidikan Karakter Internalisasi dan Metode Pembelajaran diSekolah. Jakarta: Kata Pena.

Lickona, T.(2016).Character Matters Persoalan Karakter Bagaimana Membantu AnakMengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting Lainnya.Jakarta:Bumi Aksara.

Moleong, L.J.(2012).Metodologi PenelitianKualitatif Edisi Revisi.Bandung: PT RemajaRosdakarya.

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Sudrajat, A.(2011).Mengapa Pendidikan Karakter?.Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47-58.

Sugiyono.(2010).Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).Bandung: Alfabeta.

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles