NEED ASSESSMENT PENGEMBANGAN MODELPEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITASJASMANI DALAMKARAKTERSEMANGAT KEBANGSAAN
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i2.1176Abstract
Penlitian ini dilatar belakangi kurangnya model pembelajaran yangdigunakan dalam pembelajaran PJOK dan belum adanya modelpembelajaran yang berbasis aktivitas jasmani untuk meningkatkan karakterSemangat Kebangsaan peserta didik. Dalam pembelajaran gurumenggunakan metode ceramah, dengan model pembelajaran langsung ,sehingga peserta didik merasa mononton dalam pembelajaran, kurangnyasarana prasarana menjadi salah satu kendala dalam melaksanakanpembelajaran disekolah, Pendidikan karakter semangat kebangsaan lebihbanyak di mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sehingga pesertadidik hanya menggunakan model pembelajaran seadanya.Tujuan yang ingindicapai dalam penelitian ini yaitu mengembangkan model pembelajaranaktivitas jasmani dengan karakter Semangat Kebangsaan. Jenis penelitianini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development(R&D) yang dikemukakan oleh Sugiyono dengan prosedur pengembangandimodifikasi sampai dengan tahap kelima yaitu Revisi Desain. Tahapanprosedur pengembangan tersebut yaitu Potensi dan Masalah, PengumpulanData, Desain produk, Validasi desain dan revisi desain. Pengumpulan datadilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknikyang digunakan pada saat penelitianyaitu analisis deskriptif kualitatif dandeskriptif kuantitatif.
KataKunci:NeedAssessment, AktivitasJasmani, KarakterSemangatkebangsaan,ModelPembelajaran
References
Aqib,Z.&Sujak.(2014).Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter.Bandung: Penerbit VramaWidya
Hanafi, M.(2014).Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera PendidikanHusdarta.(2009).Menejemen Pendidikan Jasmani. Bandung: AlfabetaPermendiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standard Isi Untuk satuan Pendidikan Dasar danMenengah.
Sugiyono.(2016).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (MixedMethods).Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N.S.(2016).Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Widodo.(2013).Strategi Peningkatan Aktivitas Jasmani Siswa Sekolah Dasar di Luar PembelajaranPendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Pusat Penelitian Kebijakan, Balitbang,Kemendikbud.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)