NEED ASSESSMENT PENGEMBANGAN MODELPEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITASJASMANI DALAMKARAKTERSEMANGAT KEBANGSAAN

Authors

  • Nur Eva Try Agustina Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas PGRI Semarang
  • Asep Ardiyanto Universitas PGRI Semarang
  • Prasena Arisyanto

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i2.1176

Abstract


Penlitian ini dilatar belakangi kurangnya model pembelajaran yangdigunakan dalam pembelajaran PJOK dan belum adanya modelpembelajaran yang berbasis aktivitas jasmani untuk meningkatkan karakterSemangat Kebangsaan peserta didik. Dalam pembelajaran gurumenggunakan metode ceramah, dengan model pembelajaran langsung ,sehingga peserta didik merasa mononton dalam pembelajaran, kurangnyasarana prasarana menjadi salah satu kendala dalam melaksanakanpembelajaran disekolah, Pendidikan karakter semangat kebangsaan lebihbanyak di mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sehingga pesertadidik hanya menggunakan model pembelajaran seadanya.Tujuan yang ingindicapai dalam penelitian ini yaitu mengembangkan model pembelajaranaktivitas jasmani dengan karakter Semangat Kebangsaan. Jenis penelitianini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development(R&D) yang dikemukakan oleh Sugiyono dengan prosedur pengembangandimodifikasi sampai dengan tahap kelima yaitu Revisi Desain. Tahapanprosedur pengembangan tersebut yaitu Potensi dan Masalah, PengumpulanData, Desain produk, Validasi desain dan revisi desain. Pengumpulan datadilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknikyang digunakan pada saat penelitianyaitu analisis deskriptif kualitatif dandeskriptif kuantitatif.

KataKunci:NeedAssessment, AktivitasJasmani, KarakterSemangatkebangsaan,ModelPembelajaran

Author Biography

Nur Eva Try Agustina, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas PGRI Semarang

References

Aqib,Z.&Sujak.(2014).Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter.Bandung: Penerbit VramaWidya

Hanafi, M.(2014).Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera PendidikanHusdarta.(2009).Menejemen Pendidikan Jasmani. Bandung: AlfabetaPermendiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional

Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standard Isi Untuk satuan Pendidikan Dasar danMenengah.

Sugiyono.(2016).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (MixedMethods).Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S.(2016).Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Widodo.(2013).Strategi Peningkatan Aktivitas Jasmani Siswa Sekolah Dasar di Luar PembelajaranPendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Pusat Penelitian Kebijakan, Balitbang,Kemendikbud.

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles