NEED ASSESSMENT PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS JASMANI DALAM KARAKTER DISIPLIN

Authors

  • Dyah Frika Lestari Universitas PGRI Semarang
  • Asep Ardiyanto Universitas PGRI Semarang
  • Aris Tika Damayani Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i2.1179

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya model pembelajaran serta siswa kurangnya antusias dalam pengikuti kegiatan pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) khususnya di lingkungan Sekolah Dasar Negeri Lahar 01. Hal ini dilatar belakangi masih rendahnya kemampuan gerak siswa,kurangnya minat siswa kelas III saat pembelajaran  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan(PJOK) yang diajarkan oleh guru dengan masih sukanya siswa bermaian sendiri Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah melihat sejauh mana model pembelajaran berbasis aktivitas jasmani untuk kelas III Sekolah Dasar yang menerpkan permainan dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dari ADDIE dengan memperoleh data melalui  cara wawancara, penyebaran angket dan dokumentasi .Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III dengan jumlah 10 siswa Sekolah Dasar dan guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Teknik yang digunakan pada saat penelitian yaitu analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. 

Kata Kunci: Need Assesment, Model, Aktivitas Jasmani Dalam Karakter Disiplin

References

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Rosdiani, D. (2012). Perencanaan Pengembangan Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfhabeta.

Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing. Sukabumi: Haura Publishing.

Widdah. (2012). Internalisasi Karakter Disiplin Siswa. https://core.ac.uk/download/pdf/296475594.pdf. (Diakses pada tanggal 1 Juni 2020).

Wijayanto, R., & Santoso, R. H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Pendekatan Problem Solving Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika-S1, 7(3), 95-104.

Wiyani, N. 2013. Pelaksanaan Pembelajaran Karakter di SD Taman Harapan Malang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 23(1)

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles