MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PEMBULATAN BILANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN KEMIJEN KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Dewi Susilowati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Joko Sulianto Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Filia Prima A

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i2.1180

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya model pembelajaran serta siswa kurangnya antusias dalam pengikuti kegiatan pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) khususnya di lingkungan Sekolah Dasar Negeri Lahar 01. Hal ini dilatar belakangi masih rendahnya kemampuan gerak siswa,kurangnya minat siswa kelas III saat pembelajaran  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan(PJOK) yang diajarkan oleh guru dengan masih sukanya siswa bermaian sendiri Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah melihat sejauh mana model pembelajaran berbasis aktivitas jasmani untuk kelas III Sekolah Dasar yang menerpkan permainan dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dari ADDIE dengan memperoleh data melalui  cara wawancara, penyebaran angket dan dokumentasi .Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III dengan jumlah 10 siswa Sekolah Dasar dan guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Teknik yang digunakan pada saat penelitian yaitu analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. 

Kata Kunci: peningkatan hasil belajar, pembulatan bilangan, kooperatif make a match

 

References

Asril, Z. (2010). Micro Teaching. Jakarta: Rajawali Pers.

Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suhardjono & Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research ). Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib, Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hanafiah, Nanang & Suhana, C. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Isjoni. (2011). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Kurniasih, I. & Sani, B. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.

Sa’diyah, Cholis, & Sukayati. (2011). Pengelolaan Kelas dan Penerapannya dalam Pembelajaran Matematika di SD. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suhardjono. (2010). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Bumi Aksara.

Sofyan, A. (2012). Profesi dan Implementasi Guru. Surakarta: BP-FKIP UMS.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Usman, M. U. (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles