PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA GEOBOARD MELALUI SISTEM DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 ASEMDOYONG PEMALANG

Authors

  • Rifqi Atussilmi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Diana Endah Handayani
  • Suyitno x YP

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i2.1181

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Think Pair Share (TPS) berbantu media geoboard berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi luas dan keliling bangun datar siswa kelas IV SD Negeri 03 Asemdoyong serta apakah siswa mampu memahami konsep luas dan keliling bangun datar. Metode yang dilakukan oleh peneliti yaitu menggunakan metode kuantitatif True Experimental Design dengan jenis penelitian One- group Prestest-Posttest Design. Terdapat satu kelas yang akan diberi soal pada awal pembelajaran berupa soal pretest. Soal pretest diberikan sebelum pembelajaran. Setelah mengerjakan soal pretest kemudian siswa akan diberikan perlakuan yaitu dengan pembelajaran model Think Pair Share, setelah diberi perlakuan, pada akhir pembelajaran siswa diberi soal posttest. Penelitian ini dilakukan di kelas IV di SD Negeri 03 Asemdoyong. Model yang diterapkan dalam penelitian ini merupakan model pembelajaran Think Pair Share yang menekankan pada pembelajaran berkelompok sehingga memudahkan siswa untuk pembahasan materi luas dan keliling bangun datar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : model Think Pair Share (TPS) berbantu media geoboard berpenagruh terhadap hasil belajar matematika materi luas dan keliling bangun datar kelas IV SD Negeri 03 Asemdoyong. Terdapat peningkatan terhadap rata-rata nilai pada pretest 57 kemudian setelah perlakuan dilakukannya posttest meningkat menjadi 84.

Kata Kunci: hasil belajar matematika, model pembelajaran Think Pair Share (TPS)

References

Febriyanti, N. C. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika di SDN Candi 01 Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI.

Husnaya, A. I. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Materi Bangun Datar Berbantu Media Geoboard Terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Troso 06 Pecangaan Jepara. Jurnal Lensa Pendas, 3(2), 50-57.

Kurniasih, I. & Sani, B. (2017). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran, Jakarta : Kata Pena.

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas pembelajaran daring terintegrasi di era pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).

Runtukahu, T., & Kandou, S. (2014). Pembelajaran matematika dasar bagi anak berkesulitan belajar. Yogyakarta: Ar-ruzz media.

Shabrina, I., Rahman, I. K., & Asmahasanah, S. (2017). Pengaruh Model Think Pair And Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 140-150.

Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasioanal. 2003: Kemendiknas.

Warsono & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles