PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA GEOBOARD MELALUI SISTEM DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 ASEMDOYONG PEMALANG
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i2.1181Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Think Pair Share (TPS) berbantu media geoboard berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi luas dan keliling bangun datar siswa kelas IV SD Negeri 03 Asemdoyong serta apakah siswa mampu memahami konsep luas dan keliling bangun datar. Metode yang dilakukan oleh peneliti yaitu menggunakan metode kuantitatif True Experimental Design dengan jenis penelitian One- group Prestest-Posttest Design. Terdapat satu kelas yang akan diberi soal pada awal pembelajaran berupa soal pretest. Soal pretest diberikan sebelum pembelajaran. Setelah mengerjakan soal pretest kemudian siswa akan diberikan perlakuan yaitu dengan pembelajaran model Think Pair Share, setelah diberi perlakuan, pada akhir pembelajaran siswa diberi soal posttest. Penelitian ini dilakukan di kelas IV di SD Negeri 03 Asemdoyong. Model yang diterapkan dalam penelitian ini merupakan model pembelajaran Think Pair Share yang menekankan pada pembelajaran berkelompok sehingga memudahkan siswa untuk pembahasan materi luas dan keliling bangun datar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : model Think Pair Share (TPS) berbantu media geoboard berpenagruh terhadap hasil belajar matematika materi luas dan keliling bangun datar kelas IV SD Negeri 03 Asemdoyong. Terdapat peningkatan terhadap rata-rata nilai pada pretest 57 kemudian setelah perlakuan dilakukannya posttest meningkat menjadi 84.
Kata Kunci: hasil belajar matematika, model pembelajaran Think Pair Share (TPS)
References
Febriyanti, N. C. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika di SDN Candi 01 Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI.
Husnaya, A. I. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Materi Bangun Datar Berbantu Media Geoboard Terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Troso 06 Pecangaan Jepara. Jurnal Lensa Pendas, 3(2), 50-57.
Kurniasih, I. & Sani, B. (2017). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran, Jakarta : Kata Pena.
Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas pembelajaran daring terintegrasi di era pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).
Runtukahu, T., & Kandou, S. (2014). Pembelajaran matematika dasar bagi anak berkesulitan belajar. Yogyakarta: Ar-ruzz media.
Shabrina, I., Rahman, I. K., & Asmahasanah, S. (2017). Pengaruh Model Think Pair And Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 140-150.
Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasioanal. 2003: Kemendiknas.
Warsono & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)