MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM KOORDINASI

Authors

  • Tuti Sugiarti SMA Negeri 1 Ungaran

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i2.1182

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem koordinasi melalui aplikasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Siswa dibagi dalam tim belajar masing-masing empat sampai lima orang yang berbeda tingkat kemampuan, jenis kelamin, dan etnisnya. Guru menyampaikan pelajaran, siswa bekerja dalam tim. Selanjutnya diadakan turnamen, di mana siswa memainkan game akademik dengan anggota tim lain untuk menyumbangkan poin bagi skor timnya. Hasil penelitian menunjukkan motivasi siswa pada Siklus I 60% motivasi tinggi, 20% sedang dan 10% rendah, pada Siklus II 80% motivasi tinggi, 15% sedang dan 5 % rendah. Hasil belajar siswa pada Siklus I ³ 70 % mencapai nilai ³ 75, dan Siklus II ³ 90 % mencapai nilai ³ 75. Terjadi kenaikan hasil belajar sebesar 20%. Demikian disimpulkan bahwa aplikasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT  dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 5 SMA N 1 Ungaran tahun ajaran 2019/2020.

Kata Kunci: Motivasi, Hasil Belajar, TGT

References

Anita, L. (2008). Cooperative learning. Jakarta: PT Grasindo Gramedia Widiasarana Indonesia.

Arends, R. I. (2008). Learning to teach: Belajar untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bunyamin, B., & Alamsyah, A. (2013). Manajemen mutu perguruan tinggi agama Islam swasta. Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati, 28(2), 203-220.

Handayani, K. D. (2010). Pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purwodadi Kabupaten Pasuruan pada materi keragaman bentuk muka bumi/Fitri Handayani KD. Pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purwodadi Kabupaten Pasuruan pada materi keragaman bentuk muka bumi/Fitri Handayani KD.

Prameswari, N. K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Tgt Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1).Kimball John W. 2002. Biologi Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Usman, M. U., & Setiawati, L. (1993). Upaya optimalisasi kegiatan belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muflihah. (2004). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Persamaan Linier dengan Dua Peubah Kelas II SMP N II Surakarta. Skripsi: UMS.

Muslimin, I. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Unesa.

Nurhadi. (2004). Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta: Grasindo.

Osviani, R. (2012). Pembelajaran Pytagoras Menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Tranfering (REACT) Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Edumatica, 2(2),55-56

Prameswari, N. K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1).

Slavin, R.E. (2008). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Wijayanti, A. (2016). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe tgt sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep fisika dasar mahasiswa pendidikan IPA. Jurnal Pijar Mipa, 11(1). 15–21.

Yuwono, S. (2016). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Kerja Kelompok Di SD kalilembu Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Penelitian Bahasa Indonesia,2(11),34-35.

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles