MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM KOORDINASI
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i2.1182Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem koordinasi melalui aplikasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Siswa dibagi dalam tim belajar masing-masing empat sampai lima orang yang berbeda tingkat kemampuan, jenis kelamin, dan etnisnya. Guru menyampaikan pelajaran, siswa bekerja dalam tim. Selanjutnya diadakan turnamen, di mana siswa memainkan game akademik dengan anggota tim lain untuk menyumbangkan poin bagi skor timnya. Hasil penelitian menunjukkan motivasi siswa pada Siklus I 60% motivasi tinggi, 20% sedang dan 10% rendah, pada Siklus II 80% motivasi tinggi, 15% sedang dan 5 % rendah. Hasil belajar siswa pada Siklus I ³ 70 % mencapai nilai ³ 75, dan Siklus II ³ 90 % mencapai nilai ³ 75. Terjadi kenaikan hasil belajar sebesar 20%. Demikian disimpulkan bahwa aplikasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 5 SMA N 1 Ungaran tahun ajaran 2019/2020.
Kata Kunci: Motivasi, Hasil Belajar, TGT
References
Anita, L. (2008). Cooperative learning. Jakarta: PT Grasindo Gramedia Widiasarana Indonesia.
Arends, R. I. (2008). Learning to teach: Belajar untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bunyamin, B., & Alamsyah, A. (2013). Manajemen mutu perguruan tinggi agama Islam swasta. Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati, 28(2), 203-220.
Handayani, K. D. (2010). Pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purwodadi Kabupaten Pasuruan pada materi keragaman bentuk muka bumi/Fitri Handayani KD. Pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Purwodadi Kabupaten Pasuruan pada materi keragaman bentuk muka bumi/Fitri Handayani KD.
Prameswari, N. K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Tgt Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1).Kimball John W. 2002. Biologi Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Usman, M. U., & Setiawati, L. (1993). Upaya optimalisasi kegiatan belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muflihah. (2004). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Persamaan Linier dengan Dua Peubah Kelas II SMP N II Surakarta. Skripsi: UMS.
Muslimin, I. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Unesa.
Nurhadi. (2004). Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta: Grasindo.
Osviani, R. (2012). Pembelajaran Pytagoras Menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Tranfering (REACT) Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Edumatica, 2(2),55-56
Prameswari, N. K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1).
Slavin, R.E. (2008). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Wijayanti, A. (2016). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe tgt sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep fisika dasar mahasiswa pendidikan IPA. Jurnal Pijar Mipa, 11(1). 15–21.
Yuwono, S. (2016). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Kerja Kelompok Di SD kalilembu Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Penelitian Bahasa Indonesia,2(11),34-35.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)