PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PANEL UTUH DAN TERPISAH DAPAT MENINGKATKAN MOTIVASI HASIL BELAJAR MATA DIKLAT HIDROLIK SISWA KELAS INDUSTRI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 BLORA

Authors

  • SUPAR SUPAR SMK Negeri 1 Blora

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i3.1205

Abstract

Hasil belajar adalah hal yang selalu menjadi orientasi dari setiap pelaksanaan proses pembelajaran. Inti dari proses pembelajaran adalah penyampaian informasi melalui pemberian pengalaman oleh guru kepada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif. Fakta di lapangan menunjukkan kurang optimalnya guru dalam melaksanakan proses pembelajaran terkait dengan pemanfaatan media pembelajaran dan pemahaman terhadap motivasi atau potensi peserta didik sebagai faktor yang mempengaruhi hasil belajar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran panel terpisah, panel utuh dan  motivasi Terhadap Hasil Belajar Sistem Hidrolik  Kelas Industri Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Blora. Ada 3 hal yang dieksperimenkan, yaitu (1) perbedaan yang signifikan hasil belajar sistem hidrolik, antara kelompok peserta didik yang menggunakan  media pembelajaran panel terpisah  dan panel utuh; (2) perbedaan yang signifikan hasil belajar sistem hidrolik, antara kelompok peserta didik yang mempunyai motivasi berprestasi; (3) interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi berprestasi  yang memiliki pengaruh terhadap hasil belajar sistem hidrolik.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Data penelitian berupa hasil pengukuran terhadap variabel yang dioperasikan dengan menggunakan instrumen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes tertulis dalam bentuk tes objektif. Data yang dimaksud adalah hasil belajar sistem hidrolik. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Analisis data dilakukan dengan analisis ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar sistem sistem hidrolik, antara kelompok peserta didik  yang  menggunakan  media pembelajaran panel terpisah dan media pembelajaran panel utuh; (2) terdapat perbedaan hasil belajar sistem hidrolik, antara kelompok peserta didik  motivasi berprestasi; (3) tidak ada interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi berprestasi  yang berpengaruh terhadap hasil belajar sistem  hidrolik .  Berdasarkan hal tersebut, guru perlu mengusai penggunaan media pembelajaran sehingga dalam proses pembelajaran, dapat memaksimalkan informasi yang disampaikan kepada peserta didik, SMK hendaknya lebih inovatif dan variatif dalam pembuatan media pembelajaran, perlunya pemenuhan kebutuhan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran oleh pihak terkait. 

 

Kata Kunci:media pembelajaran, motivasi berprestasi, hasil belajar

Abstract

Hasil belajar adalah hal yang selalu menjadi orientasi dari setiap pelaksanaan proses pembelajaran. Inti dari proses pembelajaran adalah penyampaian informasi melalui pemberian pengalaman oleh guru kepada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif. Fakta di lapangan menunjukkan kurang optimalnya guru dalam melaksanakan proses pembelajaran terkait dengan pemanfaatan media pembelajaran dan pemahaman terhadap motivasi atau potensi peserta didik sebagai faktor yang mempengaruhi hasil belajar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran panel terpisah, panel utuh dan  motivasi Terhadap Hasil Belajar Sistem Hidrolik  Kelas Industri Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Blora. Ada 3 hal yang dieksperimenkan, yaitu (1) perbedaan yang signifikan hasil belajar sistem hidrolik, antara kelompok peserta didik yang menggunakan  media pembelajaran panel terpisah  dan panel utuh; (2) perbedaan yang signifikan hasil belajar sistem hidrolik, antara kelompok peserta didik yang mempunyai motivasi berprestasi; (3) interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi berprestasi  yang memiliki pengaruh terhadap hasil belajar sistem hidrolik.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Data penelitian berupa hasil pengukuran terhadap variabel yang dioperasikan dengan menggunakan instrumen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes tertulis dalam bentuk tes objektif. Data yang dimaksud adalah hasil belajar sistem hidrolik. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Analisis data dilakukan dengan analisis ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar sistem sistem hidrolik, antara kelompok peserta didik  yang  menggunakan  media pembelajaran panel terpisah dan media pembelajaran panel utuh; (2) terdapat perbedaan hasil belajar sistem hidrolik, antara kelompok peserta didik  motivasi berprestasi; (3) tidak ada interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi berprestasi  yang berpengaruh terhadap hasil belajar sistem  hidrolik .  Berdasarkan hal tersebut, guru perlu mengusai penggunaan media pembelajaran sehingga dalam proses pembelajaran, dapat memaksimalkan informasi yang disampaikan kepada peserta didik, SMK hendaknya lebih inovatif dan variatif dalam pembuatan media pembelajaran, perlunya pemenuhan kebutuhan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran oleh pihak terkait

References

Degeng, N.S.I. (1989). Ilmu Pengajaran : Taksonomi Variabel. Jakarta: Depdikbud

P2LPTK.

Hantoro. (1983). Pemilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran.

Jakarta: CV- Rajawali.

Hamalik, O. (1994). Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Karya

Hamzah, B.U. (2007). Teori Motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Penerbit

PT.Bumi Aksara.

Miarso, Y. (1986). Teknologi Komunikasi Pendidikan : Pengertian dan

Penerapannya di Indonesia.

Mukhadis, A. (2003). Pengorganisasian Isi Pembelajaran Tipe Prosedural: Kajian Empirik Pada Latar Sekolah Menengah Kejuruan Rumpun Teknologi. Malang:UM Press.

Rusmono. (2003). Pendekatan dalam proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Karya.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV.Alfabeta

Tuckman, B. W. (1999). Conducting Educational Research: Fifth Edition. New York: Harcourt Brace College Publishers.

Wilkie. (1990). Human Characteristics and School Learning. New York:

Zenzen, T. G. (2002). A Research Paper: Achievement Motivation. The Graduate College University of Wisconsin-Stout.

Published

2021-11-08