PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PANEL UTUH DAN TERPISAH DAPAT MENINGKATKAN MOTIVASI HASIL BELAJAR MATA DIKLAT HIDROLIK SISWA KELAS INDUSTRI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 BLORA
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i3.1205Abstract
Hasil belajar adalah hal yang selalu menjadi orientasi dari setiap pelaksanaan proses pembelajaran. Inti dari proses pembelajaran adalah penyampaian informasi melalui pemberian pengalaman oleh guru kepada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif. Fakta di lapangan menunjukkan kurang optimalnya guru dalam melaksanakan proses pembelajaran terkait dengan pemanfaatan media pembelajaran dan pemahaman terhadap motivasi atau potensi peserta didik sebagai faktor yang mempengaruhi hasil belajar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran panel terpisah, panel utuh dan motivasi Terhadap Hasil Belajar Sistem Hidrolik Kelas Industri Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Blora. Ada 3 hal yang dieksperimenkan, yaitu (1) perbedaan yang signifikan hasil belajar sistem hidrolik, antara kelompok peserta didik yang menggunakan media pembelajaran panel terpisah dan panel utuh; (2) perbedaan yang signifikan hasil belajar sistem hidrolik, antara kelompok peserta didik yang mempunyai motivasi berprestasi; (3) interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi berprestasi yang memiliki pengaruh terhadap hasil belajar sistem hidrolik.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Data penelitian berupa hasil pengukuran terhadap variabel yang dioperasikan dengan menggunakan instrumen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes tertulis dalam bentuk tes objektif. Data yang dimaksud adalah hasil belajar sistem hidrolik. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Analisis data dilakukan dengan analisis ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar sistem sistem hidrolik, antara kelompok peserta didik yang menggunakan media pembelajaran panel terpisah dan media pembelajaran panel utuh; (2) terdapat perbedaan hasil belajar sistem hidrolik, antara kelompok peserta didik motivasi berprestasi; (3) tidak ada interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi berprestasi yang berpengaruh terhadap hasil belajar sistem hidrolik . Berdasarkan hal tersebut, guru perlu mengusai penggunaan media pembelajaran sehingga dalam proses pembelajaran, dapat memaksimalkan informasi yang disampaikan kepada peserta didik, SMK hendaknya lebih inovatif dan variatif dalam pembuatan media pembelajaran, perlunya pemenuhan kebutuhan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran oleh pihak terkait.Â
Â
Kata Kunci:media pembelajaran, motivasi berprestasi, hasil belajar
Abstract
Hasil belajar adalah hal yang selalu menjadi orientasi dari setiap pelaksanaan proses pembelajaran. Inti dari proses pembelajaran adalah penyampaian informasi melalui pemberian pengalaman oleh guru kepada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif. Fakta di lapangan menunjukkan kurang optimalnya guru dalam melaksanakan proses pembelajaran terkait dengan pemanfaatan media pembelajaran dan pemahaman terhadap motivasi atau potensi peserta didik sebagai faktor yang mempengaruhi hasil belajar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran panel terpisah, panel utuh dan motivasi Terhadap Hasil Belajar Sistem Hidrolik Kelas Industri Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Blora. Ada 3 hal yang dieksperimenkan, yaitu (1) perbedaan yang signifikan hasil belajar sistem hidrolik, antara kelompok peserta didik yang menggunakan media pembelajaran panel terpisah dan panel utuh; (2) perbedaan yang signifikan hasil belajar sistem hidrolik, antara kelompok peserta didik yang mempunyai motivasi berprestasi; (3) interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi berprestasi yang memiliki pengaruh terhadap hasil belajar sistem hidrolik.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Data penelitian berupa hasil pengukuran terhadap variabel yang dioperasikan dengan menggunakan instrumen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes tertulis dalam bentuk tes objektif. Data yang dimaksud adalah hasil belajar sistem hidrolik. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Analisis data dilakukan dengan analisis ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar sistem sistem hidrolik, antara kelompok peserta didik yang menggunakan media pembelajaran panel terpisah dan media pembelajaran panel utuh; (2) terdapat perbedaan hasil belajar sistem hidrolik, antara kelompok peserta didik motivasi berprestasi; (3) tidak ada interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi berprestasi yang berpengaruh terhadap hasil belajar sistem hidrolik . Berdasarkan hal tersebut, guru perlu mengusai penggunaan media pembelajaran sehingga dalam proses pembelajaran, dapat memaksimalkan informasi yang disampaikan kepada peserta didik, SMK hendaknya lebih inovatif dan variatif dalam pembuatan media pembelajaran, perlunya pemenuhan kebutuhan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran oleh pihak terkait
References
Degeng, N.S.I. (1989). Ilmu Pengajaran : Taksonomi Variabel. Jakarta: Depdikbud
P2LPTK.
Hantoro. (1983). Pemilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran.
Jakarta: CV- Rajawali.
Hamalik, O. (1994). Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Karya
Hamzah, B.U. (2007). Teori Motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Penerbit
PT.Bumi Aksara.
Miarso, Y. (1986). Teknologi Komunikasi Pendidikan : Pengertian dan
Penerapannya di Indonesia.
Mukhadis, A. (2003). Pengorganisasian Isi Pembelajaran Tipe Prosedural: Kajian Empirik Pada Latar Sekolah Menengah Kejuruan Rumpun Teknologi. Malang:UM Press.
Rusmono. (2003). Pendekatan dalam proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Karya.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV.Alfabeta
Tuckman, B. W. (1999). Conducting Educational Research: Fifth Edition. New York: Harcourt Brace College Publishers.
Wilkie. (1990). Human Characteristics and School Learning. New York:
Zenzen, T. G. (2002). A Research Paper: Achievement Motivation. The Graduate College University of Wisconsin-Stout.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)